Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu makanan jeroan?

Apa itu makanan jeroan?

Jeroan adalah nama makanan yang diberikan untuk bagian yang dapat dimakan dari hewan yang disembelih selain ototnya, seperti jantung, hati, ginjal, rumen, otak, dll. organ dalam dan kepala dan kaki.

Di berbagai belahan dunia, biasanya terdapat makanan khas yang dibuat dari makanan jeroan hewan ini.

Bisa dibilang makanan jeoran termasuk makanan yang tak biasa karena bagi sebagian orang jeroan bisa menjadi makanan yang tak disukai karena bau amis ataupun tampilannya yang tak biasa.

Meskipun demikian, para pecinta makanan jeroan ini pun juga banyak sekali karena memang bagi sebagian orang, jeroan merupakan makanan yang sensasi nikmatnya tak tergantikan.

Apa Saja Makanan Jeroan Itu?

Ada banyak bagian dari hewan yang disembelih yang dimakan sebagai makanan jeroan. Di antaranya adalah bagian tubuh hewan berikut:

1. Babat

Babat adalah bagian lambung hewan dengan tekstur berbintik menonjol seperti handuk. Babat bisa dimasak dengan cara dijadikan tumisan atau pun sup seperti soto babat dan rawon babat.

2. Ginjal

Ginjal adalah bagian tubuh hewan yang sepintas berbentuk seperti kacang merah besar. Ginjal bisa dimasak dengan berbagai cara seperti digoreng, dipanggang, dijadikan sate dan di ditumis.

3. Usus

Usus termasuk usus halus dan usus besar hewan merupakan jerohan yang bisa dibuat berbagai masakan, seperti ditumis, digoreng ataupun digulung dan dibakar.

4. Otak

Bagian otak hewan bisa dimasak dengan cara rebus, goreng, dilapisi tepung roti, dijadikan salad dan juga dimasak dengan telur dadar.

5. Lidah

Lidah bisa dimasak dengan beragam masakan seperti dijadikan irisan soto, dimasak dengan dilapisi tepung roti, dipanggang, maupun dijadikan isi sandwich.

6. Hati

Hati merupakan salah satu jeroan favorit yang banyak dikonsumsi di berbagai daerah termasuk di Indonesia. Hati bisa dimasak dengan cara digoreng, ditumis maupun dibakar.

7. Paru-paru

Paru-paru merupakan bagian jeroan hewan yang bertekstur lembut namun alot dan mirip seperti gabus. Paru-paru jeroan hewan biasanya dimasak dengan cara digoreng dan dijadikan campuran soto.

8. Testis

Testis hewan merupakan termasuk makanan eksotik yang banyak dicari oleh kaum pria. Konon jeroan jenis ini bagus untuk stamina pria.

Testis bisa digoreng maupun dibakar seperti sate dengan diberi bumbu-bumbu agar tak terlalu amis.

9. Jantung

Jantung merupakan bagian jeroan hewan yang biasanya bertekstur lebih keras dan alot dibandingkan dengan bagian jeroan yang lain.

Jantung biasanya dinikmati dengan cara digoreng dan dibakar.

Apa saja Contoh Makanan Jeroan?

1. Kokorec Turki

/ sosyola.com
/ sosyola.com

Kokoreç adalah makanan lezat yang terbuat bahan usus halus, dan usus besar domba dengan cara dipanggang dan diberi bumbu.

Setelah semua bahan jeroan dibersihkan dan dibilas, usus itu pun digulung dengan tusuk sate besi dan kemudian dimasak di atas panggangan arang.

Setelah dimasak di atas api arang, makanan jeroan ini pun kemudian disajikan di dalam roti atau di piring dengan berbagai bumbu rempah.

Kokore banyak dikonsumsi di Turki, Azerbaijan, dan beberapa negara Turki lainnya. Tidak ada bukti spesifik kapan pertama kali ditemukan dan bagaimana kokorec kemudian masuk dalam masakan Turki.

Namun kokorec termasuk salah satu makanan khas Turki yang berasal dari jeroan hewan yang nikmatnya melegenda.

2. Steak dan kue ginjal

fridaymagazine.ae
fridaymagazine.ae

Steak dan kue ginjal adalah hidangan tradisional Inggris yang terdiri dari steak, ginjal, sayuran, bumbu, dan saus yang dipanggang dalam kulit.

Makanan jeroan ini juga disebut “Kate and Sidney,” “Snake and Kiddy” atau “Snake and Pygmy” pie dalam bahasa gaul Inggris. Steak dan kue ginjal berasal dari awal 1900-an.

Meskipun koki individu dapat menambahkan variasi pribadi mereka sendiri saat membuat hidangan, resep dasarnya tetap sangat mirip selama satu abad setelah konsepsi.

3. Haggis Skotlandia

Image thermapenblog.com
Image thermapenblog.com

Haggis adalah makanan khas Skotlandia yang dibuat dari beragam campuran jeroan hewan dengan campuran bumbu dan rempah-rempah.

Dalam sejarahnya, ketika pemburu berhasil menangkap buruannya, mereka akan memakan jeroan, yang keluar lebih dulu dan menggunakan perut hewan yang sudah dibersihkan sebagai kantong masak.

Jantung, hati, dan paru-paru yang dicincang dicampur dengan oatmeal, bawang, lemak, bumbu dan rempah-rempah kemudian dimasak menjadi masakan khas Skotlandia ini.