Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu minuman probiotik? 6 Manfaat Minuman Probiotik

Apa itu minuman probiotik? Minuman probiotik adalah salah satu minuman yang sekarang ini banyak dibahas oleh mereka yang ingin membiasakan diri dengan minuman sehat.

Lalu apa itu minuman probiotik? Dari apa minuman probiotik dibuat? Apa saja manfaat minuman probiotik? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Apa itu minuman probiotik

Apa itu minuman probiotik?
Apa itu minuman probiotik?

Minuman probiotik adalah jenis minuman yang bisa menambah probiotik atau bakteri bagus dalam tubuh untuk memberikan manfaat yang positif pada tubuh.

Probiotik adalah kombinasi dari bakteri dan/atau ragi hidup yang menguntungkan yang secara alami hidup di dalam tubuh manusia.

Bakteri biasanya dianggap sebagai sesuatu yang negatif atau sesuatu yang bisa membuat manusia sakit. Namun sebenarnya manusia memiliki dua jenis bakteri yang selalu ada di dalam tubuhnya.

Kedua bakteri ini adalah bakteri baik dan bakteri jahat.

Probiotik terdiri dari bakteri baik yang membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan bisa bekerja dengan baik.

Bakteri baik ini membantu tubuh dalam banyak hal, termasuk melawan bakteri jahat agar terhindar dari sakit.

Di dalam tubuh kita, bakteri menguntungkan terletak di sistem pencernaan kita. Ada sekitar 100 triliun bakteri menguntungkan dalam tubuh kita, dengan berat total sekitar 1,5 kg.

Artinya manusia hampir tidak hidup tanpa peran bakteri dalam tubuh.

Apa Manfaat Minuman Probiotik Bagi Tubuh?

Minuman atau makanan probiotik memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Konsumsi probiotik mencegah pembentukan dan perkembangbiakan zat berbahaya seperti racun dan karsinogen dalam tubuh kita.

Probiotik dalam tubuh kita bisa memberikan manfaat antara lain mencegah beberapa gangguan berikut:

  • Diare dan sembelit,
  • Kembung, gas dan gangguan pencernaan
  • Infeksi dan pembentukan masalah pada organ seperti lambung dan usus,
  • Ketidakseimbangan kolesterol dan gula darah,
  • Infeksi jamur dan reaksi alergi,
  • Infeksi saluran kemih,
  • kanker kandung kemih,
  • Eksim

Apa manfaat Minum Probiotik Secara Rutin?

Menambahkan minuman probiotik ke dalam rutinitas harian Anda akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang.

Probiotik tidak membantu mengatur bakteri usus Anda, tetapi mereka juga datang dengan banyak manfaat lainnya.

1. Membantu Menyehatkan Kulit

Jerawat dan komedo bisa mengganggu. Tidak peduli produk apa yang kita gunakan, akan sulit untuk mengatasi jerawat.

Jika Anda menambahkan minuman probiotik ke dalam rutinitas harian Anda, ini dapat membantu menangkal beberapa bakteri penyebab jerawat. Produk kami akan mengatasi jerawat, menghasilkan kulit yang lebih bersih.

2. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh

Kesehatan usus merupakan komponen penting dalam memiliki sistem kekebalan yang kuat. Ketika Anda memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah, Anda lebih mudah terkena penyakit daripada mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat.

Anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda melalui minuman probiotik. Mereka akan membantu mengatur bakteri usus Anda dan meningkatkan sistem kekebalan Anda untuk melawan virus berbahaya.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan yang kita makan menyimpan kandungan lemak dalam tubuh kita, yang memberi kita energi untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Namun, terkadang lemak bisa tinggal di tubuh kita, sehingga menambah berat badan kita .

Minuman probiotik membantu mengurangi lemak yang tersimpan di usus Anda. Sebaliknya, lemak akan dikeluarkan melalui feses, yang dapat menurunkan lemak tubuh Anda.

Suplemen ini juga dapat membantu Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Ini akan mengurangi jumlah makanan yang Anda pikir perlu Anda makan, yang juga dapat membantu penurunan berat badan

4. Obat Diare

Diare adalah kondisi buang air besar yang tidak nyaman, yang terkadang bisa disebabkan oleh konsumsi antibiotik. Antibiotik mengganggu keseimbangan bakteri di usus Anda, membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan kondisi tersebut.

Ingat, probiotik penuh dengan bakteri sehat. Jadi mereka akan dapat membantu bakteri usus Anda tetap seimbang, bahkan jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik. Minuman probiotik juga bermanfaat bagi mereka yang menderita diare yang tidak disebabkan oleh penggunaan antibiotik.

5. Menyehatkan jantung

Tiga belas persen orang Amerika setiap tahun didiagnosis dengan penyakit jantung. Berbagai kondisi seperti serangan jantung dan stroke dapat mengancam jiwa.

Dengan penambahan probiotik ke dalam rejimen Anda, kesehatan jantung Anda akan meningkat, menambahkan perlindungan ekstra terhadap penyakit jantung

6. Menjaga kesehatan mental.

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita, dan kita harus memperlakukannya seperti itu. Tapi terkadang, kondisi seperti depresi dan kecemasan bisa membuat kita kewalahan, mencegah kita menjaga kesehatan mental kita secara memadai.

Jika Anda menderita kondisi kesehatan mental, tambahkan minuman probiotik ke dalam rutinitas harian Anda . Minuman probiotik membantu tubuh kita secara keseluruhan, artinya mereka dapat membantu memerangi gejala yang berhubungan dengan kecemasan dan depresi.

Untuk hasil terbaik, kombinasikan minuman probiotik dengan metode perawatan lain yang menurut Anda bermanfaat.

Apa saja Minuman Yang Mengandung Probiotik?

Ada banyak sekali minuman yang termasuk dalam minuman yang mengandung prebiotik. Di antarnya adalah:

  • Campuran Yogurt
  • Jus acar
  • Susu kambing
  • Kefir
  • Susu probiotik
  • Minuman Suplemen Probiotik

BACA JUGA: Apa itu susu skim milk?

Perhatian Sebelum Mengonsumsi Probiotik

Meskipun konsumsi minuman probiotik itu bagus tapi penting sekali bagi kita untuk memperhatikan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya:

1. Jika seseorang sedang hamil atau menyusui, hendaknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen probiotik.

2. Tidak ada jaminan bahwa jenis bakteri yang tercantum pada label sebuah produk minuman probiotik itu efektif untuk kondisi di mana bakteri tersebut harusnya dikonsumsi.

3. Orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa mungkin lebih suka menggunakan probiotik bebas susu untuk menghindari sakit perut.

4. Jika Anda sedang mengonsumsi obat resep yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh atau mengonsumsi antibiotik; Jika pankreatitis, infeksi jamur sedang dirawat, perlu berkonsultasi dengan dokter.

5. Mungkin tidak disarankan untuk mengonsumsi suplemen probiotik bagi orang yang sering mengalami infeksi, sistem kekebalan yang lemah, kepekaan terhadap produk susu, atau kondisi alergi.

Sumber:

  • Minuman Probiotik, link.
  • Apa Saja Minuman Probiotik? Link.