Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah saffron aman dikonsumsi? Manfaat dan Bahaya Saffron

Apakah saffron aman dikonsumsi? Manfaat dan Bahaya Saffron, Saffron merupakan bahan bumbu yang juga digunakan sebagai obat.

Saffron banyak dikenal di daerah Timur tengah dan biasa dijadikan bumbu masakan atau sebagai konsumsi untuk minuman obat.

Lalu apakah saffron benar-benar aman untuk dikonsumsi? Apa saja manfaat dan bahaya saffron?

Apa itu Saffron?

Apakah saffron aman dikonsumsi? Manfaat dan Bahaya Saffron
Apakah saffron aman dikonsumsi? Manfaat dan Bahaya Saffron Gambar Saffron / wikimedia

Saffron (Crocus sativus) adalah kultivar bulat dari genus crocus (Crocus), tinggi 20-30 cm, mekar di musim gugur, dari keluarga iris (Iridaceae), dan rempah-rempah yang diekstraksi dari tanaman ini. Daun tanaman saffron berbentuk belang, dan bunganya berwarna ungu terdiri dari tiga kepala putik.

Bentuk kunyit yang dapat digunakan Organ jantan, termasuk tangkai daun yang menempel pada bunga dan kepala putik pada tanaman, dikeringkan.

Ini sering digunakan sebagai pewarna dan penyedap makanan. Hal ini sebagian besar tumbuh di Spanyol, Perancis, Italia dan Iran di dunia.

Di Turki, ditanam di Safranbolu dengan nama saffron.

Kunyit berbentuk bubuk yang dijual per gram merupakan rempah yang paling mahal. Harganya sekitar $8 per gram. Diperlukan 8 ribu bunga saffron untuk mendapatkan 100 gram bubuk saffron. Menariknya, 1 gram safron dapat mewarnai 100 ribu liter air menjadi kuning.

Saffron , yang memberi warna kuning keemasan pada makanan , memiliki campuran jerami dan yodium.

Pewarna karotenoid yang disebut crocin dalam safron, yang digunakan dalam pengobatan, memberi warna emas pada makanan.

BACA JUGA: Apa itu Saffron? Apa Manfaat Saffron? Berapa Harga Saffron? 7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Saffron

Apakah saffron aman dikonsumsi?

Manfaat Konsumsi Saffron

Penggunaan sehari-hari 0,5 – 1 gr. seharusnya tidak pernah lewat.

Ini meningkatkan nafsu makan, meningkatkan keinginan untuk makan.
Itu bisa memperkuat daya ingat.

Ini melindungi sistem saraf dan memberi kekuatan dan kekuatan pada tubuh dengan efek stimulasinya pada saraf.

Aroma saffron menenangkan dan menenangkan dan dapat meredakan gatal dan jerawat pada kulit.

Direkomendasikan bagi mereka yang menderita nyeri haid. Ini merangsang otot-otot rahim dan dapat bermanfaat untuk penundaan menstruasi.

Meningkatkan gerakan rahim, juga efektif mengurangi nyeri haid, bermanfaat untuk menunda menstruasi, dengan merangsang otot rahim, kunyit yang memiliki efek ekspektoran menstruasi, tidak boleh digunakan oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan aborsi dengan fitur ini.
Mungkin membangkitkan gairah seksual.

Ini memperkuat gusi dan dapat membantu mengurangi nyeri gusi.
Ini dapat berguna dalam detoksifikasi hati.

Hal ini berguna dalam penyakit saluran pernapasan atas, batuk, bronkitis dan asma.
Ini mengurangi demam dan meredakan batuk. Dengan fitur ini, sangat berguna dalam asma dan bronkitis.

Dapat menyembuhkan bila dioleskan pada bisul dengan kuning telur.
Jika dicampur dengan madu, baik untuk menuangkan pasir.

Bahaya Konsumsi Saffron

Saffron beracun dan mematikan jika digunakan secara berlebihan. Itu bisa merusak ginjal. Hal ini dapat meningkatkan perdarahan.

Penggunaan kunyit secara berlebihan, terutama oleh ibu hamil, dapat menyebabkan keguguran.

Bagaimana Saffron digunakan dan di mana Saja Saffron dikonsumsi?

Safran Pharmaceuticals, bahan obat, digunakan sebagai bahan baku pewarna dan rempah-rempah.

Ini adalah bau dan pewarna yang sangat kuat. Warna safron menambah warna kuning cerah pada makanan. Permen dan minuman juga sering mengandung kunyit. Beberapa ikan dan makanan laut digunakan dalam semur, pilaf, dan makanan penutup nasi susu.

Kunyit kadang-kadang digunakan sebagai gantinya, karena harganya sangat mahal. Konsumsi hariannya pasti kurang dari 1 gram.

Ini banyak digunakan dalam masakan Arab, Asia Tengah, Eropa, India, Iran, Italia, Cina, Jepang, Maroko, dan Spanyol karena rasanya yang berbeda.

Saffron yang memiliki sejarah yang sangat tua sebagai metode pengobatan tradisional mulai digunakan oleh pengobatan modern karena memiliki sifat antikarsinogenik (penekan kanker), antimutagenik (pencegahan mutasi), imunomodulasi dan seperti antioksidan.

Saffron digunakan sebagai pewarna kain dan wewangian, terutama di Cina dan India.

Sebagian besar safron diproduksi di sabuk yang membentang dari Laut Mediterania di barat hingga Kashmir di timur. Produksi saffron di seluruh dunia sekitar 300 ton per tahun. Iran, Spanyol, India, Yunani, Azerbaijan, Maroko, dan Italia masing-masing adalah negara penghasil safron utama.

Dimana Saffron Tumbuh?

Saffron adalah tanaman yang menyukai sinar matahari . Tempat yang paling cocok adalah lereng dengan musim hangat dan sinar matahari, tanah favoritnya adalah gembur, gembur, kepadatan rendah, berair dan berdrainase baik, tanah liat dan kapur dengan kandungan organik tinggi.

Periode berbunga kunyit hingga 2 minggu. 150 gram bunga hanya memberikan 1 gram serat kering. Dibutuhkan 1 kg bunga untuk menghasilkan 12 gram safron kering atau 72 gram safron yang baru dipetik. Rata-rata, bunga saffron yang baru dipetik menghasilkan 0,03 gram saffron segar atau 0,007 gram saffron kering.

Saffron segar dapat dikenali dari warnanya yang merah cerah dan sedikit lembab tanpa potongan batang.

Bagaimana Cara menyimpan Saffron?

Saffron mengandung lebih dari 150 senyawa volatil dan aromatik. Sebagian besar adalah karotenoid, termasuk zeaxanthin, likopen, dan berbagai – dan -karoten. Warna emas atau oranye saffron disebabkan oleh -crocin.

Daun dan bubuk safron kering sangat sensitif terhadap perubahan pH. Ini secara kimia terurai segera oleh efek sinar matahari dan faktor pengoksidasi. Itu harus disimpan dalam wadah kedap udara untuk mencegah kontak dengan udara. Saffron sedikit lebih tahan terhadap panas.

Itulah informasi tentang Apakah saffron aman dikonsumsi? Manfaat dan Bahaya Saffron. Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • Apakah saffron aman dikonsumsi? link.