Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi 7 Imam Qiraat Sab'ah

Biografi 7 Imam Qiraat Sab’ah, Dalam Islam dikenal tujuh bacaan qiraat yang dikenal dengan qiraah sab’ah. Qiraah sab’ah berarti tujuh bacaan yang maksudnya adalah 7 bacaan al-Quran yang didasarkan pada imam dari masing-masing bacaan itu.

Sejak zaman nabi, al-Quran telah dibaca dengan cara baca yang berbeda-beda. Perbedaan ini disebut dengan perbedaan qiraat dan semuanya benar asalkan memang diajarkan oleh Nabi.

Dari nabi ini pun bacaan al-Quran itu diriwayatkan dan diajarkan turun temurun hingga muncullah 7 imam bacaan yang meriwayatkan masing-masing bacaan al-Quran tersebut.

Perlu diingat bahwa perbedaan bacaan ini tidak kemudian al-Quran berbeda secara total. Perbedaan bacaan ini ada pada beberapa kata dan cara baca kata tersebut.

Jadi meskipun qiraat atau bacaannya berbeda namun qiraat yang sahih semuanya diterima dan itu semua termasuk variasi bacaan al-Quran. Dalam artikel ini kita akan mempelajari tentang Biografi 7 Imam Qiraat Sab’ah.

Siapa Saja 7 Imam Qiraah Sab’ah atau Tujuh Imam Qiraat?

Berikut ini adalah tujuh Imam Qiraah Sab’ah (Qiraah tujuh) Biografi 7 Imam Qiraat Sab’ah:

1. Abdullah bin Kathir al-Dari al-Makki
2. Abdullah bin Amir Al-Hasabi Al-Shami
3. Asim bin Abi An-Najd Al-Asadi Al-Kufi
4. Abu Amr ibn Al-Alaa Al-Basri
5. Hamza bin Habib Al-Zayat Al-Kufi
6. Nafi’ bin Abdul Rahman bin Abi Naim Al Madani
7. Abu Al-Hassan Ali bin Hamzah Al-Kisai al-Kufi

Biografi 7 Imam Qiraat Sab’ah

Berikut ini adalah biografi dari tujuh imam Qiraat sab’ah:

1. Ibn Katsir

Beliau memiliki nama ‘Abdullah ibn Katsir Al Makkiy. Beliau merupakan seorang tabi’in yang meninggal dunia di Makkah pada tahun 120 H.

Dua orang murid beliau yang meriwayatkan Bacaan Qiraat Quran darinya dan masyhur sebagai periwayat utama Ibnu Katsir adalah Al-Bazziyy dan Qunbul.

Adapun Al-Bazziyy, beliau memiliki nama lengkap Ahmad ibn Muhammad ibn ‘Abdillah ibn Abi Bazzah Al Muadzin Al Makiyy, dan memiliki nama kunyah Abu al-Hasan. Dirinya meninggal dunia di Makkah pada tahun 250 H.

Sedangkan Qunbul, beliau memiliki nama lengkap Muhammad ibn ‘Abdirrohman ibn Muhammad ibn Khalid ibn Sa’id al-Makki al-Makhzumi.

Qunbul memiliki nama kunyah Abu ‘Amr dan sering dijuluki Qunbul sehingga nama inilah yang menjadi nama masyhur dirinya.

Ada yang mengatakan bahwa Qunbul merupakan anggota dari Ahlul Bait di Makkah yang dikenal dengan sebutan Qanabilah. Qunbul meninggal dunia di kota Makkah pada tahun 291 H.

BACA JUGA: Qiroah sab’ah itu apa? Pengertian Qiroah sab’ah

2. Ibnu ‘Amir asy-Syami

Beliau memiliki nama lengkap ‘Abdullah ibn ‘Amir al-Yashubiy. Selain dikenal sebagai seorang ulama, beliau juga menjabat sebagai seorang hakim di Damaskus pada masa kekhalifahan Walid ibn ‘Abdil Malik. Beliau diberi nama kunyah Abu ‘Imraan dan beliau termasuk salah seorang Tabi’in.

Ibnu Amir meninggal dunia di Damaskus pada tahun 118 H. Dua orang murid paling masyhur yang meriwayatkan bacaan Qiraat Quran darinya adalah Hisyam dan Ibnu Dzakwan.

Adapun Hisyam Beliau memiliki nama lengkap Hisyam ibn ‘Ammar ibn Nashir al-Qaadhi ad-Damasyqi. Ia memiliki nama kunyah Abd al-Walid. Ia meninggal dunia di pada tahun 240 H.

Sedangkan Ibnu Dzakwan Beliau bernama lengkap ‘Abdullah ibn Ahmad ibn Basyir ibn Dzakwan al-Qurasi ad-Damasyqi dan diberi nama kunyah Abu ‘Amr. Ia meninggal dunia di Damskus pada tahun 242 H.

3. ’Ashim al-Kuufi.

Ashim memiliki nama lengkap ‘Ashim ibn Abi an-Najuud. Selain itu, menurut satu informasi, ada juga yang menamainya dengan nama Ibnu Bahdalah Abu Bakar. Amir al-Kufi merupakan salah seorang tabi’in, meninggal dunia di kufah pada tahun 128 H.

Dua orang yang meriwayatkan Bacaan Qiraat Quran darinya Beliau merupakan Syu’bah dan Hafs. Syu’bah Beliau merupakan Abu Bakr ibn Syu’bah ibn ‘Abbas ibn Salim Al Kuufi, meninggal dunia di Kufah pada tahun 193 H.

Sedangkan Hafs Beliau merupakan Hafs Sulaiman ibn al-Mughiroh al-Bazzaz al-Kuufiy, diberi nama kunyah Abu ‘Amr dan Beliau merupakan orang yang tsiqah. Ibnu Ma’in berkata: “….Dia lebih menguasai bacaan Qiraat Quran dibandingkan Abu bakr…”. Ia meninggal dunia 180 H.120.

4. Abu ‘Amr ibn Al ’Alaa’

Dia merupakan Ziyad ibn Al ’Alla’ ibn ‘Ammar Al Mazani Al Bashri. Beliau meninggal dunia di Kufah pada tahun 154 H. Dan dua orang yang meriwayatkan Bacaan Qiraat Quran darinya merupakan ad-Duuriyy dan As-Suusiyy.

Adapun ad-Duuriyy Beliau merupakan Abu ‘Umar Hafsh ibn ‘Umar ibn ‘Abd al-‘Aziz ad-Duuriyy an-Nahwi. Ad-Duur merupakan nama sebuah tempat di Baghdad.

Beliau meninggal dunia pada tahun 246 H. Sedangkan As-Suuusiyy merupakan Abu Syu’aib Shalih ibn Ziyad ibn ‘Abdullah As-Suusiyy meninggal dunia pada tahun 261 H.

5. Hamzah al-Kuufi

Dia addalah Hamzah ibn Habib ibn ‘Imarah az-Zayyat al-Faradhi at-Taimy, diberi nama kunyah Abu ‘Imarah. Ia meninggal dunia di Bahlawan pada masa kekhalifahan Abu Ja’far al-Manshur pada tahun 156 H. Dua orang yang meriwayatkan Bacaan Qiraat Quran darinya merupakan Khalaf dan Khalad.

Adapun Khalaf Beliau merupakan Khalaf ibn Hisyam al-Bazzaz, diberi nama kunyah Abu Muhammad, meninggal dunia di Baghdad pada tahun 229 H.

Sedangkan Khallad Beliau merupakan Khallad ash-Shairafi al-Kuufi, diberi nama kunyah Abu ‘Isa, dan meninggal dunia disana pada tahun 220 H.

BACA JUGA: Berapa tahun Al-Qur’an diturunkan? Mengapa Al-Qur’an diturunkan sebagian? Kapan dan dimana Al-Qur’an diturunkan ?

6. Nafi’ al-Madani

Dia merupakan Abu Ruwain Nafi’ ibn ‘Abdirrahman ibn Abi Nu’aim al-Laitsiy, berasal dari Ashfahan dan meninggal dunia di Madinah pada tahun 169 H.

Dua orang yang meriwayatkan Bacaan Qiraat Quran darinya merupakan Qaaluun dan Warasy. Qaaluun Beliau merupakan ‘Isaa ibn Mainaa al-Madani seorang pengajar bahasa arab, memiliki nama kunyah Abu Musa, dan nama Qaaluun merupakan julukannya.

Dan diriwayatkan bahwa Nafi’ menjulukinya dengan julukan tersebut sebab bagusnya bacaannya, kata Qaaluun dalam bahasa romawi berarti bagus. Ia meninggal dunia di Madinah pada tahun 220 H.

Sedangkan Warasy Beliau merupakan ‘Utsman ibn Sa’id ibn al-Mishri memiliki nama kunyah Abu Sa’id dan Warasy merupakan nama julukannya.

Beliau dijuluki dengan julukan tersebut ada yang mengatakan sebab kulitnya yang sangat putih. Beliau meninggal dunia di Mesir pada tahun 197 H.

BACA JUGA: Bagaimana Nabi Menerima Wahyu?

7. Al Kisaa’I Al Kuufi

Ia merupakan ‘Ali ibn Hamzah, Imam ahli Nahwu kalangan Kufah, diberi nama kunyah Abd al-Hasan, dinamakan al-Kisaa’i sebab Beliau ihram memakai Kisaa’ (kain penutup Ka’bah).

Ia meninggal dunia di Ranbawaih salah satu daerah di perkampungan Ar-Ray, ketika hendak menuju ke Khurasan bersama ar-Rasyid pada tahun 189 H. Dua orang yang meriwayatkan Bacaan Qiraat Quran darinya merupakan Abu Harist dan Hafs ad-Duuriy.

Adapun Abdul Harist Beliau merupakan al-Laits ibn Khalid al-Baghdadi, meninggal dunia pada tahun 240 H. Sedangkan Hafs ad-Duuriy merupakan perawi yang meriwayatkan Bacaan Qiraat Quran dari Abi ‘Amr.

Itulah informasi tentang Biografi 7 Imam Qiraat Sab’ah. Semoga bermanfaat.