Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah habis makan Langsung tidur?

Bolehkah habis makan Langsung tidur? Makan merupakan kebutuhan pokok manusia dan bisa memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan dengan tepat.

Namun apakah boleh habis makan kita langsung tidur? Bolehkah habis makan Langsung tidur?

Bolehkah habis makan Langsung tidur?

Bolehkah habis makan Langsung tidur? Jawabannya adalah hendaknya setelah makan jangan langsung tidur. Berilah jeda sebentar dan tidak langsung beranjak tidur setelah makan.

Menurut dr. Yigit Turk, seorang pakar kesehatan dari Turki disebutkan bahwa hendaknya seseorang menunggu paling tidak 2 jam setelah makan jika hendak ingin tidur.

Usus kita biasanya bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu, ketika tidak ada gangguan atau gangguan elektrolit yang menghalangi pergerakannya. Ini namanya peristaltik, kadang cepat atau kadang lambat, banyak faktor yang mempengaruhinya.

Tidur segera setelah makan dapat menyebabkan makanan di perut keluar ke kerongkongan, yang merupakan situasi yang sangat tidak nyaman. Ini disebut Refluks. Secara umum, jika Anda akan tidur setelah makan, Anda harus menunggu setidaknya 2 jam.

Bahaya Langsung tidur setelah makan

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat langsung tidur setelah makan:

1- Sakit Perut

Tidur tepat setelah makan dapat menyebabkan mulas. Asam lambung, yang memungkinkan makanan dicerna, bergerak ke atas saat berbaring dan dapat bersentuhan dengan bagian perut yang sensitif. Ini menyebabkan mulas, terbakar di dada dan tenggorokan.

2- Tidur Terganggu

Saat Anda tertidur setelah makan besar, proses pencernaan Anda berlanjut. Dengan metabolisme Anda bekerja begitu intens, akan sulit bagi Anda untuk tidur. Gejala mulas juga memengaruhi tidur Anda. Tentu saja, jenis makanan apa yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan juga penting.

3- Bisa jadi sering mimpi

Saat metabolisme bekerja, otak menjadi lebih aktif. Hal ini dapat menyebabkan Anda memiliki mimpi yang jelas dan mimpi buruk.

4- Bisa mudah terbangun dan ke toilet

Tidur tepat setelah makan dapat menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak di malam hari. Jumlah kafein dalam makanan yang Anda makan juga mempengaruhi situasi ini. Kafein dapat ditemukan di banyak makanan panggang, tidak hanya kopi dan cokelat.

5- Bertambah berat badan

Jika Anda langsung tidur setelah makan, Anda tidak memberikan cukup waktu bagi tubuh Anda untuk membakar apa yang telah Anda makan. Karena itu, tidak peduli seberapa mengantuknya Anda setelah makan, Anda harus berusaha untuk tidak tidur. Jika tidak, Anda dapat menambah berat badan tanpa menyadarinya.

Berapa Jam Setelah Makan Seharusnya kita tidur?

Untuk mencegah masalah seperti mulas, penambahan berat badan atau malam tanpa tidur, makanan yang Anda makan harus turun dari lambung ke usus.

Menurut ahli gizi, waktu yang dibutuhkan makanan untuk turun dari lambung ke usus adalah 3 jam. Jadi setelah makan kita harus menunggu 3 jam dan kemudian tidur. Atau kita harus berhenti makan sampai 3 jam sebelum tidur.