Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan daging ayam saat gatal?

Bolehkah makan daging ayam saat gatal? Daging ayam merupakan daging yang banyak dikonsumsi di masyarakat.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi dan makan daging ayam. Namun bolehkah makan daging ayam saat gatal? Apakah ada bahaya makan daging ayam saat gatal?

Bolehkah makan daging ayam saat gatal?

Bolehkah makan daging ayam saat gatal?
Bolehkah makan daging ayam saat gatal?

Bolehkah makan daging ayam saat gatal? Jawabannya adalah boleh-boleh saja makan daging ayam saat gatal jika memang anda bukan termasuk orang yang alergi terhadap daging ayam.

Gatal pada kulit bisa jadi lebih parah jika seseorang makan daging ayam karena ayam memiliki protein tinggi yang bisa membuat orang alergi pada daging ayam.

Pada beberapa kasus, orang yang memiliki penyakit gatal pada kulit dan bernanah, maka bias jadi makan daging ayam akan membuat luka gatal itu semakin parah.

Untuk kasus ini jika anda mengalaminya maka anda bisa menghindari makan daging ayam dan menggantinya dengan daging merah yang biasanya tidak membuat gatal yang lebih parah.

Kulit Gatal Karena Alergi

Jika kulit anda gatal-gatal karena mengonsumsi sesuatu bisa jadi anda mengalami alergi makanan. Oleh karenanya, anda perlu mengetahui makanan alergen atau penyebab alergi pada tubuh anda sehingga anda bisa menghindarinya.

Berikut ini adalah beberapa makanan paling umum yang menyebabkan kulit gatal dan gejala alergi lainnya.

1. Susu

Alergi susu adalah salah satu alergi makanan yang paling umum terjadi pada anak-anak, yang dapat alergi terhadap ASI, susu sapi, atau susu dari mamalia lain seperti kambing, kerbau, dan domba. Gejala alergi susu meliputi gatal-gatal, mengi , dan masalah pencernaan. Gejala yang membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang termasuk mencret, kram perut , dan kolik pada bayi. Banyak anak mengatasi alergi susu, tetapi tidak semua anak melakukannya.

Alergi susu berbeda dengan intoleransi laktosa , meski keduanya bisa menyebabkan masalah pencernaan. Alergi susu memicu respons sistem kekebalan , dan intoleransi susu tidak. Juga, intoleransi laktosa membutuhkan perawatan yang berbeda.

2. Telur

Alergi telur juga merupakan salah satu jenis alergi makanan yang paling umum pada anak-anak, dan 70% anak akan sembuh darinya. Alergi telur terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein yang terdapat dalam kuning telur dan putih telur. Gejalanya meliputi gatal-gatal, gangguan pencernaan , mengi , bengkak, dan sesak napas. Beberapa orang dengan eksim menemukan bahwa makan telur memperburuk kondisi kulit yang gatal. Jika Anda alergi telur ayam, Anda mungkin juga alergi telur jenis lain, seperti angsa, bebek, kalkun, atau burung puyuh.

3. Ikan

Tidak seperti susu dan telur, alergi ikan adalah alergi yang bisa berkembang di masa dewasa. Hingga 40% orang yang melaporkan alergi ikan mengatakan hal itu tidak menjadi masalah sampai mereka dewasa. Alergi terhadap ikan bersirip, seperti tuna atau salmon , berbeda dengan alergi terhadap kerang, seperti lobster (lebih lanjut nanti). Gejalanya meliputi ruam kulit, mual , diare , sakit kepala , dan hidung tersumbat.

4. Kerang

Alergi kerang dipicu oleh makanan seperti udang, kepiting, lobster, cumi-cumi, tiram, dan kerang. Beberapa orang alergi terhadap semua jenis kerang, dan orang lain alergi terhadap jenis tertentu. Gejalanya mirip dengan gejala alergi ikan, seperti gatal-gatal, wajah bengkak, mengi, dan mual.

5. Gandum

Gandum adalah bahan umum dalam roti , tetapi juga dalam makanan yang mungkin tidak Anda duga, seperti hot dog dan kecap. Alergi gandum berbeda dengan alergi gluten . Alergi gandum terjadi ketika tubuh Anda bereaksi terhadap protein yang ditemukan dalam gandum, yaitu albumin, globulin, gliadin, dan gluten . Dengan penyakit celiac , protein gluten khususnya menyebabkan reaksi sistem kekebalan yang tidak normal.

6. Kedelai

Kedelai, legum yang sering digunakan dalam susu formula bayi dan makanan olahan, merupakan alergen makanan yang umum pada anak di bawah usia 3 tahun. Seperti alergi susu dan telur, banyak anak mengatasi alergi ini saat dewasa. Gejalanya meliputi kulit gatal, terutama pada wajah dan mulut .

7. Kacang kacangan

Alergi kacang adalah penyebab paling umum dari anafilaksis terkait makanan , reaksi yang mengancam jiwa yang memerlukan perawatan medis darurat. Selain karena memakan kacang, reaksi juga bisa terjadi akibat kontaminasi silang dari makanan lain dan menghirup debu kacang atau semprotan minyak kacang. Gejalanya mirip dengan gejala alergi makanan lainnya: gatal-gatal, gatal-gatal, bengkak, masalah pencernaan, pilek , dan kesulitan bernapas .

8. Kacang pohon

Seperti kacang tanah, kacang pohon adalah penyebab umum anafilaksis dari makanan. Ada banyak kacang pohon, termasuk kacang mete, almond, kenari, dan kacang pinus. Reaksi alergi bisa berasal dari kacang itu sendiri atau minyak berbahan dasar kacang, mentega, tepung, atau susu. Antara 25% dan 40% orang yang memiliki alergi kacang juga alergi terhadap setidaknya satu jenis kacang pohon.

9. Wijen

Alergi wijen adalah penyebab paling umum kesembilan dari alergi makanan. Kebanyakan orang yang alergi wijen akan memiliki alergi makanan lain. Gejala berkisar dari ruam kulit ringan hingga anafilaksis.

Wijen digunakan sebagai biji, minyak, atau pasta di banyak produk termasuk makanan, obat-obatan, kosmetik , dan makanan hewan peliharaan. Tetapi wijen tidak harus dicantumkan pada produk makanan sebagai alergen. Baca label makanan dan daftar bahan dengan cermat untuk mencari wijen.

Itulah informasi tentang Bolehkah makan daging ayam saat gatal? Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • Konsumsi daging ayam pada penderita skabies link.