Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan daging ayam setelah operasi caesar? 5 Makanan terbaik Pasca operasi caesar

Bolehkah makan daging ayam setelah operasi caesar? Setelah operasi caesar, seorang ibu disarankan untuk memperhatikan pola makan serta makanan yang dikonsumsi agar segera sembuh dari operasi caesar.

Di antara hal yang banyak ditanyakan oleh pembaca tentang makanan setelah operasi caesar adalah apakah boleh makan daging ayam setelah operasi caesar?

Bolehkah makan daging ayam setelah operasi caesar?

Bolehkah makan daging ayam setelah operasi caesar? 5 Makanan terbaik Pasca operasi caesar
Bolehkah makan daging ayam setelah operasi caesar? 5 Makanan terbaik Pasca operasi caesar

Bolehkah makan daging ayam setelah operasi caesar? Jawabannya adalah boleh saja makan daging ayam setelah operasi caesar, bahkan daging ayam bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk mempercepat pemulihan dari oeprasi caesar.

Asalkan anda bisa memastikan bahwa anda tidak memiliki alergi terhadap daging ayam karena sebagian orang memiliki alergi daging ayam sehigga tidak bisa mengonsumsi daging ayam.

Apakah habis operasi caesar boleh makan daging ayam?

Daging jeroan, ayam, dan telur adalah beberapa makanan yang bisa membantu pemulihan pasca operasi caesar. Dengan demikian, anda bisa mengonsumsi daging ayam jika memang tidak memiliki alergi terhadap daging ayam.

Makanan Apa Yang Harus Dikonsumsi Pasca operasi caesar?

Apa yang harus Anda makan segera atau selama beberapa hari setelah operasi caesar? Untuk hari-hari awal (setelah operasi), seorang ibu biasanya menjalani diet cair, diikuti dengan semi-cair setelah waktu yang ditentukan.

Ada makanan tertentu yang harus dihindari setelah operasi caesar – seperti makanan padat tidak boleh segera dimulai karena dapat menyebabkan sembelit dan masalah gas.

Namun, Anda harus memasukkan serat, protein, dan makanan kaya nutrisi ke dalam rencana diet pasca melahirkan. Ini akan membantu jika Anda memasukkan biji-bijian utuh, sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan, air hangat, atau bahkan semangkuk sup / per hari dalam rencana makanan Anda untuk meredakan sembelit.

5 Makanan terbaik untuk dimakan setelah operasi caesar

Rencana diet untuk pemulihan operasi caesar paling baik dilakukan dengan makanan rumahan, buah-buahan, sayuran segar, dan kacang-kacangan.

Bagan makanan pascakelahiran Anda harus direncanakan secara khusus untuk mempertahankan jadwal makan dan proses pengambilan Anda dari operasi.

Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih baik dan pendekatan medis tentang rencana diet operasi caesar Anda, karena mereka adalah orang terbaik untuk membimbing dengan keahlian medis.

1. Makanan kaya kalsium, protein, dan mineral

Protein adalah sumber nutrisi terbaik yang membantu penyembuhan jaringan dan mempercepat proses pemulihan. Pada catatan yang sama, kalsium memperkuat tulang dan melemaskan otot, yang merupakan kebutuhan seorang ibu. Menggabungkan biji wijen, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan polong-polongan dapat membantu ibu cepat sembuh.

2 . Makanan gandum utuh

Pemulihan setelah melahirkan dan menyusui berjalan beriringan. Anda merasa lesu, lelah, dan terkuras sepanjang waktu.

Untuk alasan ini, Anda membutuhkan biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, dll., Untuk disertakan untuk energi sepanjang hari. Anda dapat memasukkan sarapan Anda dengan semangkuk sereal sehat dan bergizi yang dicampur dengan susu.

3. Makanan berorientasi serat

C-section datang dengan luka dan sayatan, dimana sembelit dapat memperburuknya. Makanan kaya serat adalah yang terbaik karena menghasilkan gerakan usus yang lancar.

Daun hijau, mentimun, buah-buahan, gandum, dll., Menambah serat pada makanan, menyebabkan buang air besar tanpa gangguan. Ibu dapat mengonsumsi semangkuk sayuran/salad dalam menu makanannya.

4. Air Putih

Proses pemulihan pasca operasi membutuhkan kelancaran buang air besar, yang membutuhkan hidrasi yang cukup dalam tubuh agar Anda terbebas dari masalah dehidrasi dan sembelit.

Buttermilk, air kelapa, susu rendah lemak, sup, dll., Memiliki nutrisi penting yang mempercepat penyembuhan dan mengisi hidrasi yang cukup. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.

5. Buah dan Sayuran

Sayuran dan buah-buahan, seperti brokoli, jamur, mentimun, dll setelah operasi caesar bermanfaat bagi ibu. Mereka dikemas dengan nutrisi penting, serat, antioksidan, dan kandungan air yang cukup yang dibutuhkan. Buah kaya vitamin C atau buah jeruk dapat membantu Anda mencerna makanan dengan mudah.

Sumber:

  • Makanan pasca operasi caesar link.