Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan daging ayam sakit?

Bolehkah makan daging ayam sakit? Daging ayam merupakan daging yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia.

Di antara yang banyak ditanyakan oleh pembaca tentang daging ayam ini adalah apakah kita bisa makan daging ayam yang sakit? Bolehkah makan daging ayam sakit?

Bolehkah makan daging ayam sakit?

Bolehkah makan daging ayam sakit?
Bolehkah makan daging ayam sakit?

Bolehkah makan daging ayam sakit? Jawabannya adalah disarankan untuk tidak memakan daging ayam yang sakit karena bisa jadi ayam itu mengandung bakteri yang beracun jika dikonsumsi.

Meskipun dimungkinkan untuk menghancurkan bakteri dalam proses memasak, beberapa bentuk bakteri meninggalkan racun yang tidak dapat dihancurkan oleh panas. Contoh utama adalah botulisme dan toksin botulinum.

Dibutuhkan derajat panas yang tinggi dalam waktu yang lama untuk bisa menghancurkan racun jenis ini.

Menurut wikipedia : “Ini adalah zat beracun paling akut yang diketahui, dengan perkiraan dosis mematikan manusia rata-rata 1,3–2,1 ng/kg secara intravena atau intramuskuler dan 10–13 ng/kg saat dihirup.”

Memang bisa jadi tidak semua penyakit yang menyerang ayam juga akan menyerang manusia, tetapi masalahnya adalah kita tidak dapat secara akurat menentukan penyakit apa yang diderita oleh ayam tersebut.

Selain itu, ayam yang sakit bisa sakit berhari-hari sebelum mati. Banyak perubahan fisiologis yang bisa terjadi, membuat daging tidak bagus untuk dimakan.

Cara Aman Makan Daging ayam

Masyarakat di dunia ini makan lebih banyak ayam daripada daging lainnya. Daging ayam bisa menjadi pilihan yang bergizi, namun daging ayam mentah seringkali terkontaminasi dengan bakteri Campylobacter dan terkadang dengan bakteri Salmonella dan Clostridium perfringens .

Jika Anda makan ayam yang kurang matang, Anda bisa terkena penyakit bawaan makanan, disebut juga keracunan makanan. Anda juga bisa sakit jika makan makanan atau minuman lain yang terkontaminasi ayam mentah atau sarinya.

CDC memperkirakan bahwa setiap tahun di Amerika Serikat sekitar 1 juta orang sakit karena memakan unggas yang terkontaminasi.

Cara Mencegah Keracunan Konsumsi Ayam

Jika ayam ada di menu Anda, ikuti tip berikut saat berbelanja, memasak, dan makan di luar untuk membantu mencegah keracunan makanan:

Masukkan ayam ke dalam kantong sekali pakai sebelum memasukkannya ke keranjang belanja atau lemari es agar jus mentah tidak masuk ke makanan lain.

Cuci tangan dengan sabun dan air setidaknya 20 detik sebelum dan sesudah menangani ayam.
Ayam mentah siap dimasak. Tidak perlu dicuci dulu. Menurut sebuah studi USDA, 1 dari 7 orang yang membersihkan

wastafel setelah mencuci ayam masih terdapat kuman di wastafel.

Jika Anda memilih untuk mencuci ayam, lakukan seaman mungkin:

Jalankan air dengan lembut di atas ayam untuk mengurangi percikan.

Kemudian segera bersihkan wastafel dan area di sekitar wastafel dengan air sabun panas dan sanitasi secara menyeluruh.

Cuci tangan Anda selama 20 detik.

Gunakan talenan terpisah untuk ayam mentah.

Jangan pernah meletakkan makanan matang atau produk segar di atas piring, talenan, atau permukaan lain yang sebelumnya berisi ayam mentah.

Cuci talenan, perkakas, piring, dan meja dapur dengan air sabun panas setelah menyiapkan ayam dan sebelum Anda menyiapkan bahan berikutnya.

Gunakan termometer makanan untuk memastikan ayam dimasak dengan suhu internal yang aman 165°F.
Jika memasak makanan microwaveable yang termasuk ayam mentah beku, tangani seperti ayam mentah segar. Ikuti petunjuk memasak dengan hati-hati untuk mencegah keracunan makanan.

Jika menurut Anda ayam yang Anda sajikan di restoran atau di tempat lain belum sepenuhnya matang, kirimkan kembali untuk dimasak lagi.

Dinginkan atau bekukan ayam sisa dalam waktu 2 jam (atau dalam 1 jam jika makanan terkena suhu di atas 90°F, seperti mobil panas atau piknik).

Sumber:

https://permies.com/t/27680/eat-chickens-died-diseases