Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan daging saat demam? 3 Makanan Terbaik Untuk Demam

Bolehkah makan daging saat demam? Demam adalah kondisi di mana tubuh mengalami demam tinggi yang disebabkan karena penyakit atau infeksi.

Ada beberapa makanan yang perlu diperhatikan agar demam bisa lekas sembuh. Di antara yang banyak ditanyakan oleh pembaca adalah apakah aman makan daging saat demam? Bolehkah makan daging saat demam?

Bolehkah makan daging saat demam?

Bolehkah makan daging saat demam?
Bolehkah makan daging saat demam?

Bolehkah makan daging saat demam? Jawaban dari pertanyaan ini adalah boleh-boleh saja makan daging saat demam. Makanan dari daging pada umumnya tidak memberi pengaruh signifikan terhadap bertambahnya demam.

Hanya saja mungkin perlu diperhatikan jenis penyajian masakan daging tersebut karena menurut beberapa ahli, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari agar demam lekas sembuh.

Menurut beberapa ahli, gula adalah hal yang harus dihindari untuk dikonsumsi bagi penderita demam karena gula bisa mengurangi imunitas. Dengan demikian, memasak daging dengan tidak memberi bumbu gula adalah pilihan yang terbaik.

Pasalnya masakan daging terkadang ada yang diberi bumbu gula semisal daging yang dimasak dengan bumbu manis.

Makanan Terbaik Untuk Demam

Mungkin sulit untuk makan ketika Anda sedang tidak mood, tetapi Anda akan menjadi lebih kuat dengan makan makanan yang tepat dan kaya nutrisi. Ini termasuk:

Sup ayam

Ada alasan mengapa sup ayam adalah makanan pokok yang sakit. Kaldu membantu asupan cairan Anda, yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan membuang racun, dan natrium dapat mengisi kembali elektrolit. Plus, sup ayam penuh dengan vitamin, mineral, kalori, dan protein—asalkan benar-benar mengandung ayam.

Unggas & Ikan

Berbicara tentang protein, tubuh Anda membutuhkan sebanyak yang bisa didapat dengan demam. Namun, protein sehat yang tepat adalah kuncinya. Unggas dan ikan adalah sumber protein yang sangat baik dan mudah dicerna, jadi Anda tidak perlu khawatir tubuh Anda akan membakar kalori yang tidak perlu. Sebagai bonus, ikan berminyak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah & Sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat penting untuk dimasukkan ke dalam diet Anda—dan terlebih lagi saat Anda sakit. Buah-buahan kaya akan banyak vitamin, terutama vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dan tentu saja banyak sayuran yang penuh dengan nutrisi seperti potasium, serat makanan, asam folat, dan vitamin A.

Berikut ini adalah makanan yang bagus untuk demam yang patut anda coba agar lekas sembuh dari demam: 20+ Makanan yang baik untuk demam

Makanan yang Harus Dihindari Saat Demam

Anda tidak ingin membuang waktu dan energi untuk makan makanan yang tidak akan membantu Anda merasa lebih baik. Karena itu, sebaiknya hindari makanan berikut saat demam:

Minuman Berkafein & Beralkohol

Demam dapat menyebabkan Anda berkeringat dan kehilangan cairan. Karena kafein dan alkohol dapat membuat Anda dehidrasi, yang terbaik adalah menghindarinya dan terus meminum air dan minuman elektrolit.

Makanan manis

Meskipun Anda mungkin menginginkan makanan yang menenangkan saat sakit, makanan yang mengandung gula seperti donat, kue, dan makanan manis lainnya tidak memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat—jika ada sama sekali. Terlalu banyak gula juga dapat mengobarkan perut Anda dan menyebabkan sistem kekebalan Anda bekerja lebih keras .

Sumber:

  • Foods to Eat (and Avoid) When You Have a Fever link.
  • Foods To Eat When You Have A Fever link.