Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan jeruk saat diare?

Bolehkah makan jeruk saat diare? Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin c tinggi beserta beragam vitami lainnya.

Jeruk dianjurkan untuk sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Namun apakah jeruk boleh dimakan saat diare? Bolehkah makan jeruk saat diare?

Bolehkah makan jeruk saat diare?

Bolehkah makan jeruk saat diare?
Bolehkah makan jeruk saat diare?

Bolehkah makan jeruk saat diare? Jawabannya adalah boleh saja makan jeruk saat diare. Bahkan jeruk termasuk makanan tinggi kalium yang bagus dikonsumsi untuk diare.

Makanlah makanan yang tinggi kalium dan natrium untuk menggantikan mineral yang hilang akibat diare . Makanan tinggi kalium termasuk aprikot, alpukat, pisang, tomat kalengan, jeruk, pir, kentang dan ubi jalar (terutama yang dipanggang), dan jus tomat.

BACA JUGA: Bolehkah makan jeruk malam hari?

Makanan Terbaik untuk penderita diare

Untuk mengatasi diare, pertama-tama, jumlah air yang hilang dari dalam tubuh harus diganti dengan asupan air garam mineral yang dicampur dengan gula atau oralit.

Selain air putih yang dicampur dengan garam mineral oralit, untuk mengatasi diare silahkan mengonsumsi beragam makanan seperti makanan ringan, makanan yang hambar (tidak berbumbu), dan beragam makanan yang mudah dicerna seperti bubur, bubur, kaldu

Makanlah makanan yang rendah lemak seperti ayam tanpa kulit, daging ikan, udang cincang rebus dan beragam makanan yang tak berminyak lainnya.

Saat diare mulai membaik Jadi mulailah mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur (hindari buah jeruk). untuk menghindari makanan garing) nasi merah, aneka biji-bijian, tapi tetap pantang makan makanan pedas minimal 1 minggu.

Makanan yang harus dihindari saat diare

Makanan susu murni, susu segar, susu sapi, susu asam, yogurt

Makanan pedas seperti salad pepaya, tom yum, dll.

Makanan yang sulit dicerna, seperti daging berlemak Tepung yang mengandung mentega Makanan laut seperti kerang, cumi-cumi, dll.

Namun, jika Anda termasuk orang yang sering mengalami diare. mungkin orang yang lembut Makan makanan tinggi serat, seperti beras merah dan berbagai biji-bijian. termasuk buah dan sayur (rasanya tidak asam) bisa membuat ekskresi kembali normal.

Dan bagi siapa saja yang mengalami diare karena terlalu banyak mengonsumsi antibiotik. Itu berarti pil dapat membunuh semua bakteri baik di usus, jadi Anda perlu menambahkan beberapa bakteri baik ke usus Anda, seperti minum susu kental. atau makan yogurt dengan mikroorganisme hidup Perlu diperhatikan dengan seksama pada sisi produk apakah terdapat mikroorganisme hidup atau tidak.

BACA JUGA: Bolehkah makan jeruk setelah minum obat?

Cara menghindari diare

Kurangi makan makanan pedas seperti sangat asin dan asam untuk mengurangi sakit perut.

Kurangi makanan fermentasi Karena ada risiko bakteri ditemukan dalam proses fermentasi yang tidak efisien.

Pilih untuk makan dari restoran Atau pilihlah bahan mentah untuk makan makanan yang bersih, dapat diandalkan, dan dapat dicuci. dan dimasak hingga 100% sebelum dimakan setiap saat

Jangan makan makanan yang dimasak selama sehari. dan disimpan pada suhu yang tidak cukup dingin karena dapat menyebabkan jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan diare

Jangan makan terlalu banyak, seperti makan prasmanan. atau puasa satu kali makan Kemudian datang dan makan satu kali lagi.

Karena makan sekali makan dalam jumlah banyak Hal ini akan menyebabkan dinding perut semakin membesar. dan mempengaruhi sistem pencernaan Harus beralih ke makan makanan kecil pada suatu waktu.

Tapi lebih sering lebih baik. Dan sebaiknya mengunyah makanan secara menyeluruh setiap kali sebelum ditelan, jangan terburu-buru makan, buru-buru menelan terlalu banyak. Karena bisa membuat perut sulit mencerna makanan. gas di perut menyebabkan perut kembung gangguan pencernaan

Sumber:

  • What Is Good to Eat and Drink When You Have Diarrhea? link