Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan kulit udang?

Bolehkah makan kulit udang? Udang merupakan makanan gurih yang mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagian orang mengonsumsi udang bersama kulitnya, namun sebagian lain mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Sebenarnya makan udang beserta kulitnya apakah termasuk hal yang baik untuk kesehatan? Bolehkah makan kulit udang?

Bolehkah makan kulit udang?

Bolehkah makan kulit udang?
Bolehkah makan kulit udang?

Bolehkah makan kulit udang? Jawabannya adalah boleh-boleh saja makan kulit udang, bahkan hal itu bisa mejadi pilihan bagus karena kulit udang mengandung kalsium tinggi.

Ya, kulit udang aman untuk dimakan sehingga anda bisa memakan udang beserta kulitnya. Kulit udang tidak mengandung senyawa beracun atau zat buruk yang bisa membuat Anda sakit.

Makan kulit udang yang dimasak tidak berbahaya . Meskipun kebanyakan orang mengupas dan membuangnya saat makan hidangan seafood favorit mereka, mereka bisa dimakan. Kebanyakan pecinta makanan laut hanya melakukannya untuk kenyamanan mendapatkan langsung daging udang. Mungkin satu-satunya rasa sakit yang Anda alami saat makan kulit udang adalah tekstur tidak enak yang bisa Anda kendalikan dengan menerapkan metode memasak yang tepat.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan gangguan pencernaan saat makan kulit udang. Meskipun sulit dicerna, mereka dapat dengan mudah melewati sistem Anda saat Anda mendapat manfaat dari beberapa nutrisi yang ditawarkan cangkang. Kami membahas manfaat nutrisi ini nanti.

Nilai Gizi Kulit Udang

Pertimbangkan makan kulit udang untuk menuai manfaat kesehatannya. Eksoskeleton krustasea, termasuk kulit udang, dilaporkan kaya akan kitosan. Kitosan adalah senyawa berserat dan biodegradable yang digunakan produsen untuk kemasan makanan. Studi saat ini juga mengeksplorasi potensi penggunaan kitosan dalam pengobatan.

Wiley-Blackwell menerbitkan sebuah studi tahun 2007 di jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology. Peneliti yang melakukan penelitian ini memanfaatkan kitosan pada kulit udang untuk dijadikan suplemen makanan. Menggunakan model hewan, mereka menemukan bahwa kitosan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan mengatur penambahan berat badan.

Pada tahun 2018, peneliti melakukan penelitian yang mendukung faktor penurunan berat badan kitosan. Mereka menyimpulkan bahwa kitosan menawarkan sedikit efek jangka pendek dan menengah pada penurunan berat badan. Hasil penelitian ini juga menyarankan bahwa hal itu dapat meningkatkan profil lipid subjek, yang dinilai para ahli untuk risiko kardiovaskular.

Sementara itu, kulit udang kaya akan kalsium . Mineral ini sangat penting dalam membentuk dan memperkuat gigi dan tulang Anda. Mengkonsumsi bagian udang yang kaya mineral ini akan memungkinkan Anda memaksimalkan manfaat kesehatan dari hidangan makanan laut favorit Anda.

Kesimpulan: Bisakah Anda Makan Kulit Udang?

Anda bisa makan kulit udang yang sudah dimasak tanpa khawatir sakit. Mereka adalah bagian yang dapat dimakan meskipun cukup tidak menggugah selera karena kekerasan dan teksturnya.

Anda dapat dengan mudah memakannya jika Anda menyiapkan udang dengan menggorengnya. Metode ini melibatkan memasak udang pada suhu yang cukup tinggi untuk membuat cangkangnya tipis dan rapuh. Udang yang dihasilkan akan terasa sedikit renyah, seperti sarden dengan tulangnya.

Makan kulit udang memiliki beberapa nutrisi. Bagian udang ini kaya akan kitosan dan kalsium, yang menawarkan manfaat kesehatan yang unik.

Studi ilmiah mendukung efek kitosan pada penurunan berat badan dan kesehatan jantung, sementara banyak yang memahami secara luas efek kalsium pada kesehatan tulang. Pertimbangkan untuk memanfaatkan kulit udang untuk nutrisi ini sebelum mengupas dan membuangnya.

Sumber:

  1. Why You Should Eat Those Shrimp Shells link.
  2. Is It Safe To Eat The Shells From Shrimp Or Prawn? link.