Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan kacang saat batuk?

Bolehkah makan kacang saat batuk? Banyak orang mempercayai bahwa orang yang batuk tidak boleh makan kacang karena bisa memperparah batuk.

Namun apakah anggapan tersebut benar? Apakah benar seseorang tidak boleh makan kacang saat batuk?

Bolehkah makan kacang saat batuk?

Bolehkah makan kacang saat batuk?
Bolehkah makan kacang saat batuk?

Bolehkah makan kacang saat batuk? Menurut beberapa ahli, seseorang yang batuk tidak diperkenankan untuk makan kacang. Hal ini dikarenakan kacang sendiri bisa memicu munculnya batuk. Jadi jika batuk makan kacang maka bisa memperparah batuk.

Menurut pengalaman beberapa orang, makan kacang saat batuk terutama makan kacang tanah yang digoreng atau disangrai kering bisa memicu batuk menjadi lebih parah. Oleh karenanya hendaknya anda meninggalkan konsumsi kacang saat batuk agar batuk cepat reda.

Apakah Kacang Menyebabkan Batuk?

Kacang dapat membuat orang-orang tertentu menjadı batuk, terutama bagı mereka yang menderita asma, bronkitis, refluks asam, atau alergi kacang.

Kacang juga dapat menyebabkan batuk karena tersedak, terutama kacang yang disajikan kering seperti kacang goreng dan kacang sangrai.

Potongan kacang kecil yang tersangkut di tenggorokan seringkali bisa menyebabkan batuk sehingga mungkin anda harus minum air lebih banyak ketika mengonsumsi kacang.

Kondisi Medis yang Meningkatkan Risiko Batuk Karena Kacang

Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin bisa lebih menyebabkan seseorang terkena batuk karena makan kacang:

Memiliki Penyakit Asma

Kacang kaya akan vitamin E dan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan iritasi di saluran udara Anda, yang sangat baik jika Anda menderita asma.

Beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki alergi atau intoleransi kacang karena mereka mengalami gejala yang sangat ringan atau tanpa gejala.

Namun, ketika orang yang hidup dengan asma (dengan kepekaan atau alergi kacang yang hidup berdampingan) makan kacang, jaringan lunak di saluran pernapasan dapat teriritasi dan menyebabkan mereka meradang, menyebabkan batuk.

Sakit Tenggorokan atau Bronkitis

Menurut National Library of Medicine , sekitar 1,1% dari populasi AS memiliki alergi kacang.

Jika Anda sensitif terhadap kacang tetapi biasanya tidak mengalami gejala saat memakannya, sakit tenggorokan atau bronkitis dapat memperkuat gejala alergi.

Jika Anda menderita sakit tenggorokan atau bronkitis, dan makan kacang biasanya membuat tenggorokan Anda kering atau teriritasi, gejala Anda mungkin lebih terlihat, dan Anda mungkin batuk.

Refluks asam

Kacang mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal dan ganda, tetapi mereka juga memiliki lemak jenuh. Jika Anda mengalami refluks asam atau mulas, gejala Anda bisa memburuk setelah makan kacang.

Gejala asam lambung adalah batuk. Jika Anda batuk setelah makan kacang, Anda mungkin mengalami gejala asam lambung, terutama jika Anda biasanya makan dalam porsi besar.

Alergi atau Sensitivitas Kacang

Salah satu penyebab paling umum batuk selama atau setelah makan kacang adalah alergi atau sensitivitas kacang.

Alergi dan sensitivitas kacang biasanya muncul sebagai berikut:

tenggorokan gatal
Pilek
Batuk
Mulut dan bibir kesemutan
Bibir dan mata bengkak
Sesak napas
Penyempitan saluran udara
Gatal-gatal dan kulit kemerahan
Anafilaksis
Jika Anda merasa mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, penting untuk mencari perawatan medis sesegera mungkin karena dapat mengancam jiwa.

Kacang Berpotensi Bahaya Tersedak

Kacang itu kecil, dan jika Anda memakannya terlalu cepat atau tidak mengunyahnya dengan benar, terkadang bisa tersangkut di tenggorokan dan membuat Anda tersedak.

Ketika seseorang tersedak, salah satu reaksi pertama mereka adalah batuk untuk mencoba mengeluarkan partikel makanan.

Namun, cara terbaik untuk mengeluarkan makanan saat tersedak adalah dengan menggunakan Manuver Heimlich .

Apa yang Harus Dilakukan Saat Kacang Membuat Batuk?

Jika ternyata kacang membuat Anda batuk, berikut beberapa pertimbangan untuk membantu mencegahnya di kemudian hari:

Makan kacang dengan banyak air. Apakah Anda merasa alergi ringan terhadap kacang atau apakah Anda sedang mengalami infeksi tenggorokan atau bronkitis? Minum air sambil makan kacang dapat membantu meredakan batuk.
Ambil antasida. Jika Anda menderita refluks asam dan menemukan bahwa kacang memperburuk kondisi, minumlah antasid sebelum makan kacang untuk mencegah batuk.

Hindari kacang dan lihat labelnya. Mereka yang mengalami gejala alergi sedang hingga parah saat makan kacang lebih baik menghindari kacang dan produk yang mengandungnya.
Gunakan Manuver Heimlich. Jika Anda melihat seseorang batuk saat makan kacang dan mereka tampak tersedak, gunakan Manuver Heimlich untuk membantu mereka.
Berapa Lama Gejala Alergi Kacang Biasanya Berlangsung?
Apakah Anda memiliki alergi kacang, dan apakah Anda baru saja makan kacang? Jika demikian, Anda akan ingin tahu berapa lama gejala biasanya berlangsung.

Gejala alergi kacang berlangsung antara satu dan dua jam setelah konsumsi kacang. Gejala pertama bisa muncul dalam waktu lima menit setelah makan kacang. Terkadang, gelombang gejala kedua dapat terjadi, tetapi ini biasanya lebih ringan.

Bisakah Kacang Membuat tenggorokan sakit?

Kacang tanah adalah kacang kecil, dan sulit membayangkannya berbahaya. Tapi bisakah mereka melukai tenggorokan Anda?

Kacang tanah bisa melukai tenggorokan Anda jika Anda menggigitnya sampai bagian ujung yang tajam. Jika Anda memiliki Pollen Food Allergy Syndrome (PFAS), tenggorokan Anda bisa menjadi iritasi setelah makan makanan tertentu, seperti kacang.

Menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology, jika Anda memiliki PFAS , tubuh mengenali protein makanan tertentu sebagai alergen. Bereaksi dengan menciptakan gejala seperti demam, seperti tenggorokan gatal.

Kesimpulan

Kacang dapat membuat Anda batuk, terutama jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut:

Asma
Infeksi tenggorokan
Refluks asam
Alergi atau sensitivitas kacang
Jika Anda menderita asma atau infeksi tenggorokan dan batuk setelah makan kacang, Anda mungkin mengalami alergi kacang ringan yang hanya terlihat karena tenggorokan Anda teriritasi.

Reaksi alergi terhadap kacang adalah keadaan darurat medis, dan Anda harus pergi ke dokter sesegera mungkin.