Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolehkah makan daging aqiqah anak sendiri?

Bolehkah makan daging aqiqah anak sendiri? Aqiqah adalah kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh kelahiran bayi dalam rangka mensyukuri nikmat kepada Allah.

Ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan bagi para pembaca tentang aqiqah ini, di antaranya adalah bolehkah makan daging aqiqah anak sendiri ketika kita beraqiqah? Apa hukum makan aqiqah dari aqiqah anak kita sendiri?

Bolehkah makan daging aqiqah anak sendiri?

Bolehkah makan daging aqiqah anak sendiri?
Bolehkah makan daging aqiqah anak sendiri?

Lalu bolehkah kita makan daging aqiqah anak sendiri? Jawabannya adalah boleh saja kita makan daging aqiqah dari anak kita sendiri.

Sebagaimana daging kurban yang boleh dimakan sendiri, daging aqiqah juga boleh dimakan sendiri, disedekahkan, namun daging aqiqah tidak boleh diperjualbelikan.

Disunnahkan untuk memasak daging aqiqah, lalu anggota keluarga yang ada ikut makan daging tersebut.

BACA JUGA: Apakah boleh aqiqah dengan kambing betina?

Bolehkah makan daging aqiqah sendiri?

Sebagaimana hukum makan daging aqiqah anak sendiri yang diperbolehkan, makan daging aqiqah sendiri juga diperbolehkan. Namun jangan lupa untuk menyedekahkan sebagian daging aqiqah itu kepada orang lain.

Apa hukum aqiqah dalam Islam?

Hukum aqiqah dalam islam sendiri termasuk sunnah muakkad dan dapat dilakukan bagi muslim yang mampu.

Tujuan dilaksanakan aqiqah ini yaitu berbagi kebahagiaan kepada orang sekitar sehingga muncul doa terbaik agar Si Kecil tumbuh dengan baik dari fisik maupun akhlaknya.