Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lezatnya Rasa Kopi Lampung

Kali ini aku ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman pembaca tentang pengalaman nyeruput kopi lampung dan bagaimana rasa sensai kopi lampung.

Singkat cerita aku punya kawan satu sekolah yang rumahnya Jambi. Dia merantau buat sekolah di Jawa Timur. Karena ternyata kakek dan keluarga-keluarganya asalnya memang dari Jawa.

Jadi temanku itu disekolahkan di Jawa Timur ya karena di sana ada keluarganya juga.

Nah waktu itu lagi liburan sekolah dan dia pun pulang ke rumahnya. di Jambi Saat kembali ke Jawa Timur dia membawa kopi lampung.

Jujur aku sendiri belum pernah mencicipi rasa kopi lampung. Tapi memang kopi ini sudah banyak penggemarnya karena kopi lampung konon punya rasa khas yang kuat.

Kawanku itu pun menawari untuk mencicipi kopi yang ia bawa. “Ni ada kopi lampung dari rumah, ayo kita ngopi ke warung.”

Kami punya langganan warung, sebut saja pemilik warung namanya Bude. Temanku itu pun mulai membuat kopi lampung itu dengan menyeduhnya dengan air panas.

Secangkir kopi kecil pun sampai di depanku. Saat mencium aromanya, hem, lumayan berasa sekali aroma kopi lampung.

Seperti ada sensasi bau masam, yang mungkin rasanya juga bakalan agak masam menurut lidahku meskipun belum menciumnya.

Bagiku memang kopi yang enak itu ada sedikit sensasi rasa masam yang bercampur gurih.

Saat melihat tekstur kopi lampung pertamakali, warnanya itu kurang pekat. Agak cokelat dan cenderung bening. Apalagi kalau sudah agak lama dari adukan.

Tapi saat aku menyeruput kopinya, ternyata rasa kopi lampung tak seperti tampilannya yang bening. Rasanya sangat kuat dan lebih maknyus.

Rasa kopi lampung seperti dua tiga kali lebih kuat daripada kopi biasanya yang sering aku nikmati di warung Bude.

Rasa kopi lampung bisa dibilang lebih gurih dan masam serta rasanya seperti lebih nendang buat mengusir kantuk.

Mungkin saja kopi lampung yang dibawa oleh temanku itu kandungan kafeinnya lebih besar. Jadi bisa bikin tubuh lebih bergairah dan hilang rasa kantuknya.

Ternyata Indonesia punya banyak sekali kekayaan yang melimpah seperti kopi misalnya. Ada banyak sekali rasa varian kopi yang mantap jiwa yang bisa dinikmati terutama oleh pecinta kopi.

Mungkin itu saja review tentang rasa dari kopi lampung. Kalau pembaca punya pengalaman tentang kopi lampung ini silahkan berbagi di komentar ya.