Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Manfaat Menjalankan Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan– Sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci ramadhan, dimana kita sebagai umat muslim di wajibkan untuk berpuasa dibulankan ramadhan.

Namun perlu diketahi bahwa selain karna kewajiban, ternyata berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, pada pembahasan ini akan dijelaskan mengenai manfaat dari berpuasa. Berikut ini merupakan manfaat dalam menjalankan puasa ramadhan bagi kesehatan kita :

Apa Saja Manfaat yang Bisa Diperoleh untuk Kesehatan Saat Menjalankan Puasa di Bulan Ramadhan?

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat pertama yang bisa diperoleh untuk kesehatan adalah meningkatkan fungsi otak secara signifikan. Seorang imuwan dalam penelitiannya mengatakan bahwa puasa selama Ramadhan dapat meningkatkan faktor neurotropik di otak.

Hal tersebut membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel yang dibutuhkan oleh otak. Sehingga fungsi otak bisa lebih ditingkatkan.

Selain itu, jumlah kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal berkurang sehingga dapat mengurangi stres.

2. Menurunkan Kolesterol

Selama berpuasa, tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak saja. Tapi manfaat lainnya yang diperoleh adalah menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu ahli jantung menjelaskan, ketika berpuasa kolesterol yang ada pada darah akan menurun dan dapat menyehatkan jantung.

Hal ini disebabkan karena kadar kolesterol yang rendah akan membuat jantung Anda lebih sehat.

Dampaknya bisa sangat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke.

3. Detoksifikasi

Ketika sedang berpuasa di bulan ramadhan, tubuh kita dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan. Ketika makanan masuk ke tubuh maka akan jadi lemak yang bisa menghasilkan energi dan dapat membakar racun yang tertimbun di lemak.

4. Menyerap lebih banyak nutrisi

Ketika berpuasa di bulan ramadhan tentunya disiang hari kita tidak makan dan minum selama satu bulan lamanya. Ini bisa membuat metabolisme tubuh lebih efisien dalam menyerap nutrisi dari makanan.

Mengapaa begitu? Ini terjadi akibat terjadinya peningkatan hormon adiponektin, yang membuat otot bisa menyerap banyak nutrisi. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.