Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rukun dan Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Rukun Dan Syarat Wajib Puasa Ramadhan – Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat dan harus dipatuhi oleh setiap Muslim.

Ibadah ini dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, perbuatan buruk, dan hal lain yang dapat membatalkan puasa.

Dalam menjalankan puasa terdapat rukun dan syarat wajib yang harus dipenuhi. Ini harus dipahami dengan baik oleh setiap Muslim agar puasanya sah. Berikut ini merupakan rukun dan syarat wajib puasa yang harus anda ketahui.

Rukun Puasa Ramadhan

1. Niat

Niat adalah pilar utama puasa. Tanpa adanya niat, puasa tidak akan sah. Niat harus diucapkan pada malam hari sebelum menjalankan puasa keesokan harinya. Bisa juga diucapkan sebelum sahur atau setelah shalat tarawih.

2. Menahan Diri dari Hal yang Membatalkan Puasa

Kita harus menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa, yaitu sejak terbitnya fajar (subuh) hingga matahari terbenam (maghrib) dengan niat karena Allah SWT.

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah makan dan minum, hubungan suami-istri di siang hari, muntah yang disengaja, keluar air mani yang disengaja, keluarnya dari dari vagina (haid), nifas, dan murtad atau meninggalkan Islam.

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Lalu, Apa Saja Syarat Wajib Puasa Ramadhan?

Selain mengetahui rukun puasa ramadhan, anda juga harus paham apa saja syarat wajib puasa. Karena syarat – syarat ini merupakan hal yang wajib anda ketahui sebelum anda menjalankan puasa di bulan ramadhan.

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai syarat wajib puasa Ramadhan yang perlu anda ketahui :

• Islam
• Baligh
• Berakal
• Sehat jasmani
• Bukan musafir
• Suci dari haid dan nifas
• Mampu melakukannya

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai rukun dan syarat wajib puasa di bulan ramadhan.

Setelah mengetahui keduanya, semoga puasa yang kita jalankan selama bulan ramadhan berjalan dengan lancar, dan semoga Anda bisa mengamalkan apa yang sudah kami sampaikan di artikel ini.

Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami, semoga artikel yang kami jelaskan berguna dan bermanfaat.