Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa arti dan fungsi masjid?

Apa arti dan fungsi masjid? Di Indonesia kita bisa dengan mudah menemukan masjid di mana-mana. Bentuk bangunannya pun variasi dan berbeda, ada yang besar megah ada yang kecil.

Juga fasilitasnya pun berbeda-beda, ada yang terlihat mewah dan lengkap namun ada juga yang seadanya. Jumlah jamaahnya pun juga beda-beda, di satu tempat kita bisa menemukan masjid yang ramai namun di tempat lain terlihat masjid sepi.

Namun tahukah kita arti dari masjid itu? Apa sebenarnya fungsi dari masjid itu? Pada kesempatan kali ini dalamislam.info akan mengulasnya.

Arti Masjid

Masjid secara bahasa berasal dari akar kata sajada yang artinya adalah sujud. Sedangkan masjid itu sendiri secara bahasa berarti tempat sujud.

Ada yang mendefinisikan bahwa masjid adalah bangunan tempat umat Islam berdoa bersama, tempat berkumpul menyembah Tuhan, tempat untuk mengerjakan shalat lima kali sehari, dan segala kegiatan keagamaan yang tujuannya adalah untuk beribadah.

Masjid merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan peringatan dan pendidikan serta latihan kepada Allah SWT.

Mereka adalah tempat ibadah di mana kedamaian dan ketenangan berlaku.

Tuhan kita berfirman dalam ayat: “Sesungguhnya masjid adalah milik Allah. Maka janganlah kamu mengabdi kepada siapapun selain Allah. Wahai anak Adam, kenakan pakaianmu yang indah setiap kali pergi ke masjid.

Masjid, yang dikenal sebagai rumah Allah, telah diterima sebagai tanda Islam. Rasulullah bersabda bahwa tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid. Untuk itu, pakaian yang paling indah harus dikenakan ketika pergi ke masjid, dan perilaku yang akan mencemari masjid harus dihindari.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah, Allah akan memberinya sebuah rumah di surga sebagai balasannya.”

Apa Fungsi Masjid?

Masjid memiliki banyak sekali fungsi. Pada zaman Nabi masjid merupakan tempat ibadah sekaligus dakwah dan tempat para ashabussuffah untuk tinggal. Masjid tidak hanya tempat beribadah mahdhah seperti shalat saja, tetapi juga membangun sosial dalam masyarakat.

Berikut ini adalah fungsi dari masjid secara rinci:

1. Masjid adalah kesempatan untuk pendidikan umat

2. Masjid adalah tempat orang merasa lebih dekat dengan Allah atau beribadah dengan nyaman.

3. Masjid adalah tempat di mana semangat cinta, hormat dan persaudaraan ditumbuhkan. Dalam shalat jamaah umat Islam diajarkan tentang kesetaraan dan persatuan.

4. Masjid adalah tempat terpeliharanya pelayanan dan hubungan sosial di lingkungannya.

5. Masjid menjadi pemberdaya ekonomi umat. Kas masjid misalnya bisa difungsikan untuk membantu ekonomi masyarakat sekitar.

Masjid Tempat Pendidikan Bagi Anak-anak

* Anak menemukan kesempatan untuk menghirup semangat kebersamaan di masjid

* Mendapatkan kesadaran doa

* Anak memiliki kesempatan untuk menginternalisasi konsep haram dan halal

* Anak merasa lebih dekat dengan Allah

* Bawa anak Anda untuk berdoa dan dorong dia untuk berdoa

* Suruh anak ikut jemaah

* Memberikan informasi tentang doa

* Dorong anak untuk berdoa

* Berikan jawaban yang masuk akal atas pertanyaan anak tentang doa

* Jangan memarahi anak dengan mengatakan bahwa dia membuat keributan di masjid.

* Ajari anak tata krama masuk masjid

* Ucapkan selamat kepada anak atas perilaku ini setelah sholat

* Buat anak sadar akan poin Islam

*Jangan menakut-nakuti anak saat menjelaskan agama

Jangan menggunakan kekerasan terhadap anak untuk tidak menjalankan kewajiban agamanya, melainkan menjelaskan dan menyemangati