Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu VGA?

Apa itu VGA?

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array, dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan dengan Susunan Grafik Video. VGA ini adalah teknologi tampilan pada perangkat komputer yang pertama kali dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987.

Dengan input dan kabel VGA dari komputer, makan akan dimungkinkan untuk melakukan proyeksi gambar pada kartu grafis komputer ke sebuah layar.

Meskipun dikenal sebagai teknologi lama, VGA dapat mencapai resolusi yang relatif tinggi dengan frekuensi tinggi yang digunakannya. Namun tentunya kualitas video akan berbeda-beda sesuai dengan kualitas kabelnya.

Teknologi VGA dapat menawarkan resolusi 640 x 480 dengan kecepatan refresh 60 Hz dan warna 16 bit. Namun, jika resolusi gambar lebih rendah dari 320 x 200, gambar diproyeksikan ke layar dalam 256 warna. Konektor VGA berisi 15 pin yang dibagi menjadi 3 baris dan berbentuk trapesium. Umumnya, warna yang disukai untuk konektor VGA adalah biru.

Apa itu input VGA?

Baik perangkat komputer desktop atau laptop, input VGA biasanya berwarna biru. Jadi jika Anda melihat output berwarna biru di komputer Anda, Anda harus tahu bahwa itu mungkin input VGA .

Sebenarnya teknologi yang digunakan sekarang adalah teknologi SVGA sebagai pengganti VGA, namun semua input tersebut masih mumpuni dengan nama VGA. Saat ini, perangkat yang diproduksi dengan teknologi canggih umumnya lebih memilih input DVI dan HDMI daripada input VGA.

Apa itu kabel VGA?

Pada kabel ini, yang memiliki kabel sambungan dua sisi dengan 15 pin yang dibagi menjadi 3 baris, masing- masing pin memiliki fungsi yang berbeda dan semua ini harus mulus untuk mendapatkan tampilan yang bagus.

Salah satu ujung kabel terhubung ke output grafis komputer dan ujung lainnya ke monitor tampilan. Sekrup yang terletak di sebelah ujung ini membantu memperbaiki kabel dan dengan cara ini dimungkinkan untuk mencegah kabel diputar atau pin gagal.

Perbedaan antara VGA, DVI dan HDMI

Penerus VGA, yaitu teknologi penggantinya, adalah teknologi DVI dan HDMI.

Teknologi DVI memang tidak setenar VGA, namun penggunaannya semakin hari semakin meningkat. Konektor DVI dapat membawa sinyal analog dan digital secara bersamaan. Konektor ini dibagi menjadi dua sebagai Single-link dan Dual-link. Terutama berkat pin tambahan pada konektor Dual-link, resolusi yang jauh lebih tinggi dapat dicapai.

DVI menggantikan VGA dan HDMI menggantikan teknologi DVI. Teknologi HDMI, yang sering ditemui saat ini, sering ditemui di televisi definisi tinggi dan dengan demikian meningkatkan popularitasnya. Baru-baru ini, teknologi ini telah menyebar luas di komputer, karena juga dapat digunakan di televisi berukuran kecil. Ini juga sangat berguna karena dirancang untuk mentransfer data yang tidak terkompresi secara digital.

Dengan demikian, teknologi VGA dikembangkan jauh lebih awal daripada teknologi DVI dan HDMI, tetapi dengan pengaruh teknologi dari waktu ke waktu, VGA berkembang dan berkembang menuju teknologi DVI dan HDMI. Dengan kata lain, tujuan masing-masing adalah sama, tetapi tingkat kegunaannya berbeda. Hal ini tentu saja tercermin dalam kualitas suara dan gambar juga.