Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Antivirus?

Apa itu Antivirus? Anda mungkin pernah mendengar virus yang bisa menginfeksi komputer? Ya, virus bisa menginfeksi komputer sebagaimana virus bisa menginfeksi makhluk hidup.

Jika virus makhluk ada obat antivirusnya, maka komputer pun juga memiliki program antivirus untuk menangani virus komputer. Lalu apa itu antivirus? Bagaimana cara kerjanya?

Apa itu antivirus?

Antivirus atau program antivirus adalah perangkat lunak yang membantu melindungi komputer Anda dari potensi ancaman virus komputer.

Perangkat lunak antivirus adalah cara termudah untuk membuat komputer Anda lebih terlindungi baik dari virus yang mungkin berasal dari internet maupun dari virus di dalam komputer Anda.

Bagaimana Cara Kerja Antivirus?

Program antivirus adalah perangkat lunak yang menawarkan perlindungan jaringan, perisai, dan waktu nyata ke komputer Anda. Beberapa perangkat lunak mungkin menawarkan opsi perlindungan yang disesuaikan.

Perangkat lunak ini akan mengirimi Anda pesan peringatan saat komputer Anda menghadapi potensi ancaman dan secara otomatis memindahkan malware yang ditemukan ke karantina.

Dengan demikian, Anda tidak terpengaruh oleh phishing atau perangkat lunak yang dirancang untuk merusak sistem Anda, dan Anda dapat menggunakan komputer Anda secara rahasia.

Apalagi jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows , disarankan agar Anda memiliki program antivirus di komputer Anda yang akan selalu melindungi Anda. Program antivirus dapat diperiksa dalam dua kategori berbeda, versi berbayar atau gratis.

Ini mencakup lebih banyak fungsi dalam perangkat lunak antivirus berbayar dan dapat melindungi Anda lebih aktif. Untuk itu software berbayar lebih direkomendasikan untuk komputer di dunia bisnis dan digunakan sebagai komputer kantor.

Dikembangkan oleh perusahaan keamanan, perangkat lunak ini terus berkembang, dan virus paling umum dan terbaru secara otomatis ditambahkan ke database. Hasilnya, komputer Anda dapat tetap waspada setiap saat.

Mengapa Program Anti-virus Harus Diupdate?

Bagaimanapun juga, program anti-virus, seperti program lainnya, adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak dan diproduksi untuk memberikan keamanan.

Karena setiap perangkat lunak dapat berisi berbagai kesalahan pengkodean, maka perangkat itu pun mungkin sekali mengalami kerentanan keamanan dari waktu ke waktu.

Untuk alasan ini, program anti-virus perlu untuk menerima tambalan baru dan diperbarui secara berkala.

Selain kerentanan keamanan, program anti-virus juga diperbarui untuk meningkatkan kemampuannya. Perangkat lunak anti-virus diperbarui setiap kali teknik pencegahan intrusi baru dikembangkan, jenis virus baru dipertanyakan, atau peningkatan visual murni diinginkan.

Apa itu Antivirus Berbasis Cloud?

Perangkat lunak antivirus berbasis cloud adalah solusi anti-virus yang bekerja dengan sistem cloud dan hanya memiliki satu klien di desktop.

Antivirus Ini memperbarui daftar hitam dan putih suatu program atau website dengan bekerja dalam integrasi dengan layanan keamanan yang disediakan oleh perusahaan di web.

Ketika pengguna melakukan pemindaian keamanan pada sistem, ia terhubung ke layanan web anti-virus berbasis cloud dan menerima informasi terkini dan memastikan bahwa tindakan yang diperlukan telah dilakukan.

Antivirus berbasis cloud bisa memberikan kemanan yang lebih baik karena ia bekerja dengan sistem yang terbarukan secara realtime.

Antivirus berbasis cloud tidak menyebabkan terlalu banyak beban pada sistem, karena mereka melakukan proses seperti menganalisis dan memproses data yang diperoleh sebagai hasil pemindaian pada layanan cloud.

Selain itu, karena mereka bekerja dalam integrasi dengan layanan cloud, mereka terus diperbarui dan diinformasikan tentang peristiwa keamanan terbaru.

Selain semua keuntungan ini, kelemahan terbesar dari anti-virus berbasis cloud adalah bahwa mereka sama sekali tidak berguna jika terjadi crash layanan cloud.

Dalam kasus seperti itu, bahkan jika pengguna melakukan pemindaian, dia tidak akan dapat memperoleh hasil yang benar.

Apakah Windows Defender Ampuh Melindungi Komputer Dari Virus?

Windows Defender adalah antivirus gratis yang disematkan ke dalam sistem operasi Windows.” Jadi windows memiliki program bawaan antivirus dengan nama windows defender.

Namun Apakah Windows Defender ampuh mencegah virus? Apakah program itu ampuh dalam melindungi dari virus?

Windows Defender adalah program windows yang hadir dengan keamanan yang diberikannya sebagian besar untuk pengguna perusahaan.

Menurut penelitian, Microsoft adalah salah satu perusahaan yang menawarkan solusi keamanan terbaik untuk pengguna korporat atau perusahaan.

Meskipun windows defender cukup aman, anda mungkin perlu menambahkan antivirus agar komputer anda memiliki keamanan ekstra.

Singkatnya, Defender, Kaspersky, Avast, Avira… setiap perangkat lunak anti-virus, apa pun mereknya itu mampu melindungi sistem Anda dari virus.

Yang perlu diperhatikan disini adalah membuat pilihan yang tepat untuk keamanan penggunaan komputer rumah dan keamanan komputer perusahaan.

Apa saja Program Antivirus?

Anda perlu memiliki program antivirus aktif untuk melindungi komputer Anda dari ancaman online dan offline .

Perangkat lunak antivirus dalam daftar di bawah ini adalah program antivirus paling populer yang tersedia dengan lisensi gratis yang kami pilih untuk bisa Anda download:

Avast Antivirus

Avast Free Antivirus adalah salah satu perangkat lunak antivirus paling mumpuni yang tersedia secara gratis. Selain mekanisme kontrolnya yang canggih, Avast selangkah lebih maju dari perangkat lunak antivirus lain dengan kemampuannya dalam antiphishing.

Selain itu, dengan versi terbaru, fitur-fitur canggih seperti Router , pemindaian, dan pengelola kata sandi kini ditawarkan kepada pengguna secara gratis.

Klik untuk Mengunduh Avast Antivirus Gratis

AVG AntiVirus

Menurut hasil pengujian, AVG AntiVirus menempati urutan teratas sebagai salah satu perangkat lunak dengan skor perlindungan tertinggi.

Jika Anda ingin menggunakan perangkat lunak AntiVirus yang gratis dan berkapasitas tinggi, AVG bisa menjadi pilihan Anda.

Klik untuk Mengunduh AVG AntiVirus Gratis

Antivirus Panda

Panda adalah perangkat lunak antivirus yang menawarkan kinerja setidaknya setinggi program antivirus berbayar dan telah menjadi salah satu preferensi teratas pengguna pribadi selama bertahun-tahun.

Jika Anda mengharapkan visualitas dan banyak fitur perlindungan yang luar biasa dari perangkat lunak antivirus, Anda harus mencoba Panda.

Klik untuk Mengunduh Panda Free Antivirus

Bitdefender Antivirus

Bitdefender adalah perangkat lunak antivirus canggih yang sebagian besar dikenal dengan versi berbayarnya. Perangkat lunak gratis dengan cap Edisi Gratis, masih tersedia dan dapat disebut sebagai perisai perlindungan terhadap perangkat lunak terkini.

Klik untuk Mengunduh Bitdefender Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

ZoneAlarm Free Antivirus dan Firewall menawarkan pengalaman perlindungan tingkat lanjut Kaspersky.

Satu-satunya kelemahan Check Point ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall, yang dapat dianggap ideal terutama untuk penggunaan pribadi, adalah mungkin tidak mendukung bahasa yang anda inginkan.

Klik untuk Download Check Point ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall 

Lavasoft Ad-Aware Antivirus

Software Ad-Aware Free Antivirus yang ditawarkan oleh Lavasoft kebanyakan adalah malware , salah satu software yang dianggap ahli di bidangnya.

Perangkat lunak , yang menurut kami dapat menawarkan kinerja yang cukup untuk banyak pengguna pribadi , sayangnya tidak menawarkan kinerja yang luar biasa dalam semua fiturnya dibandingkan dengan versi berbayarnya.

Klik untuk Mengunduh Lavasoft Ad-Aware Free Antivirus

Malwarebytes

Malwarebytes Anti-Exploit Free melindungi browser internet Anda dari eksploitasi dan memberi Anda kinerja yang memadai. Dapat dikatakan bahwa ini adalah salah satu perangkat lunak antivirus paling memadai yang dapat dicoba secara gratis.

Klik untuk mengunduh Malwarebytes.

Apa Perbedaan Antara Firewall dan Anti-virus?

Perangkat firewall memberikan solusi keamanan di seluruh jaringan, sementara program anti-virus memberikan solusi di seluruh sistem
Firewall dapat mendeteksi paket berbahaya yang ditransmisikan di jaringan dengan menganalisis lalu lintas jaringan, sementara perangkat lunak anti-virus hanya dapat mendeteksi paket berbahaya yang masuk ke sistem tempat ia diinstal.

Karena firewall tidak dapat membaca lalu lintas terenkripsi yang berisi tautan berbahaya, firewall tidak dapat mendeteksi ancaman, sementara perangkat lunak anti-virus dapat mendeteksi tautan berbahaya yang masuk ke sistem dengan melakukan analisis perilaku.

Singkatnya, firewall adalah produk keamanan yang menganalisis lalu lintas masuk dan keluar ke sistem, sedangkan perangkat lunak anti-virus adalah produk keamanan yang mendeteksi anomali di seluruh sistem.

Misalnya, meskipun Anda tidak dapat mendeteksi malware yang menginfeksi sistem Anda melalui USB dengan firewall, Anda dapat mendeteksinya dengan perangkat lunak anti-virus. Oleh karena itu, firewall dan perangkat lunak anti-virus adalah dua solusi keamanan berbeda yang saling melengkapi.