Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu komputer gaming?

Apa itu komputer gaming?

Komputer game adalah jenis komputer yang dirancang khusus untuk memainkan game komputer dan video game yang membutuhkan daya komputasi dalam jumlah besar.

PC game modern dapat dibandingkan dengan PC umum dengan penambahan komponen berorientasi kinerja seperti kartu grafis berkinerja tinggi dan unit pemrosesan pusat inti tinggi.

Komputer gaming atau laptop gaming adalah model komputer yang dirancang untuk pengguna yang ingin bermain game dengan performa terbaik.

Komputer gaming memiliki bagian perangkat keras yang jauh lebih canggih daripada komputer standar dalam hal resolusi layar, kecepatan, dan teknologi pendinginan digunakan di komputer game.

Model komputer gaming ini hadir dalam model laptop dan desktop yang mencakup banyak peralatan kelas atas sehingga harganya pun lebih mahal daripada komputer biasa.

Komputer game adalah produk berbiaya tinggi karena fitur perangkat keras dan perangkat lunaknya. Untuk alasan ini, komputer ini lebih disukai oleh orang-orang yang ahli di bidang e-sports, dan orang-orang yang ingin merasakan permainan komputer dengan gambar, suara, dan gerakan yang sempurna.

PC gaming dari segi jenisnya dapat dibagi menjadi pasar low-end, mid-range dan high-end. Berbagai konsol, kamera, dan aksesori lainnya juga dirancang untuk bermain game dengan komputer game.

Komputer game biasanya adalah game multipemain ,Ini juga cocok untuk tugas intensif lainnya seperti game simulasi , game browser, game online , game jejaring sosial , game konsol , pengeditan video.

Komputer game mencakup semua komputer dengan perangkat keras khusus, yang dirancang khusus untuk pengguna yang mengikuti dunia game secara dekat dan ingin memainkan game terbaru dengan cara yang paling stabil.

Tidak mungkin bagi seseorang untuk memainkan program game dalam resolusi tertinggi dan lancar menggunakan komputer biasa karena game dalam program komputer secara umum membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi.

Komputer game yang dilengkapi dengan fitur khusus inilah yang dirancang untuk bisa menjalankan program gaming tersebut.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Komputer Gaming?

Saat membeli komputer ini, terutama kartu video, prosesor, Hal ini diperlukan untuk melihat fitur perangkat keras seperti memori. Penting apakah fitur komputer yang ditawarkan untuk dijual memenuhi harapan Anda.

Selain itu, fitur seperti kompatibilitas bagian-bagian komputer satu sama lain dan apakah fitur yang dibawanya cocok untuk game generasi baru juga sangat penting.

Perbedaan Antara Komputer Laptop dan Desktop Untuk Gaming

Pengguna yang ingin bermain game di tingkat profesional lebih memilih model desktop karena alasan seperti layar yang lebih besar, menempatkan lebih banyak bagian perangkat keras teknis dalam kasus besar, menawarkan ruang penyimpanan yang lebih besar dan dapat diperluas.

Dengan berkembangnya inovasi teknologi, banyak model komputer laptop kini membantu Anda mencapai performa gaming yang tinggi. Kecepatan lancar yang Anda inginkan dari permainan, resolusi tinggi dan pengalaman suara yang imersif juga ditemukan pada model laptop (sumber).

Apa perbedaan antara komputer gaming dan Komputer biasa?

Berikut ini adalah penjelasan tentang perbedaan antara komputer gaming dan Komputer biasa:

1. Prosesor (CPU)

Bagi pengguna komputer biasa, tentunya prosesor dari komputer yang digunakan merupakan hal yang penting.

Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa prosesor adalah jantungnya komputer. Semua operasi yang dilakukan pada komputer melewati bagian ini. Kecepatan, kinerja, dll. Itu semua tergantung pada CPU yang tinggi.

Fitur ini juga dianggap penting di laptop yang dirancang sebagai komputer game. Namun, untuk komputer biasa, tidak perlu menggunakan prosesor terbaru. Untuk saat ini, prosesor terbaik dilihat sebagai model prosesor Core i9 Generasi ke-9.

2. Kartu video (GPU)

Salah satu fitur terbesar dari komputer gaming adalah kinerja kartu grafis yang digunakan. Apalagi di game generasi baru, ini sangat dibutuhkan. Kartu video (GPU) adalah elemen yang mempengaruhi resolusi saat melakukan tugas.

Kartu grafis yang digunakan untuk komputer game biasanya berdiri sendiri, tetapi alih-alih menggunakan ini di komputer game laptop, kartu video seperti NVIDIA, yang memiliki kinerja tinggi dan tidak menyertakan masalah resolusi apa pun dalam prosesnya, digunakan. Kartu grafis yang direkomendasikan untuk komputer game

NVIDIA RTX , GTX/8GB/6GB/4GB kapasiteli bisa jadi. Kartu grafis ini telah digunakan di komputer game generasi baru baru-baru ini.

3. Baterai

Karena laptop dikenal, mereka adalah komputer yang muncul dengan fitur portabelnya. Jika laptop akan digunakan untuk bermain game, detail terpenting yang harus diperhatikan adalah baterai yang digunakan.

Baterai umumnya tidak bertahan lama di laptop dan waktu penggunaan maksimum dibatasi hingga 3 jam dalam penggunaan sehari-hari. Tetapi baterai yang digunakan untuk komputer game juga harus memiliki masa pakai yang sangat lama, dan baterai tersebut akan bertahan lebih lama dalam penggunaan sehari-hari.

4. Penyimpanan

Meskipun penyimpanan tidak terlalu penting untuk game online, ini penting untuk sebagian besar game yang diinstal di komputer, dan meskipun berfungsi online, sebagian besar game tidak dapat dimainkan tanpa diinstal di komputer.

Untuk ini, tentu saja, Anda harus memiliki hard disk yang solid, yaitu ruang penyimpanan. Hard drive yang digunakan di komputer lama tidak cukup untuk kinerja, sangat tidak etis untuk menggunakannya di komputer game karena menyebabkan komputer berkontraksi. Sebaliknya, SSD dan PCIe SSD lebih ideal untuk bermain game.

5. Layar

Tentu saja, salah satu aksesoris komputer yang paling penting adalah layar. Layar sebenarnya penting bagi pengguna komputer biasa, tetapi harus dikatakan bahwa itu lebih penting bagi para gamer. Agar performa layarnya bagus saat bermain game, perlu diperhatikan fakta bahwa layarnya cukup untuk bermain game. Dengan cara ini, Anda pasti dapat memainkan game yang jauh lebih baik dengan komputer.

Kecepatan layar sangat penting untuk komputer Layar dengan 144hz sudah cukup untuk streaming game.