Halloween party ideas 2015


Masjid merupakan pusat beribadah bagi umat Islam. Banyak sekali ibadah yang harus dilaksanakan di masjid, seperti shalat Jumat dan shalat wajib lima waktu. 

Selain itu masjid pun berfungsi sebagai pusat bagi kegiatan masyarakat, seperti mengaji, membaca al-Quran, belajar anak-anak, silaturahim, melaksanakan akad nikah, bakti sosial dan banyak sekali kegiatan lainnya. 

Beberapa Tips dan Cara untuk Membuat Orang, masyarakat atau Jamaah Merasa Betah Di Dalam Masjid

Dekatlah Dengan Masyarakat

Dari pengamatan kami selama bertahun-tahun, masyarakat atau orang yang betah di masjid itu adalah orang-orang yang suka dengan pengurus masjid. Masjid yang dihuni oleh banyak jamaah itu kebanyakan disebabkan karena pengurus masjid yang ramah dan dekat dengan masyarakat.


Jadi cara jitu untuk membuat orang agar betah dan datang ke masjid adalah pengurus masjid harus dekat dengan masyarakat. Bisa dilakukan dengan cara sering mengunjungi masyarakat dan menanyakan kabar mereka. Juga bisa dengan cara bertutur kata yang halus serta peduli dengan mereka. 

Mengoreksi apakah ada yang kurang dari Masjid yang Ada

Ada beberapa masjid yang mana orang atau jamaahnya tidak betah di masjid. Setelah diselidiki ternyata karpet masjid bau karena jarang dicuci sehingga menjadikan bau dan rasa gatal.

Sebagai pengurus masjid, anda bisa mencoba untuk mengoreksi kekurangan masjid atau bertanya secara kepada masyarakat kira-kira masjid ini kurang apa.

Meningkatkan Kenyamanan Masjid

Agar masyarakat dan jamaah bisa betah di masjid caranya adalah dengan menjaga kenyamanan masjid. Pastikan tidak ada bau yang mengganggu di masjid atau ruangan masjid yang lembab. 

Kalau perlu renovasilah masjid dengan mengecatnya sehingga terlihat lebih indah dan terang. Tak hanya fasilitas fisik tentunya, pengurus masjid pun harus bisa ramah agar jamaah menjadi betah.

Memperbaiki dan Memperlengkap Fasilitas Masjid

Periksalah apakah ada fasilitas yang kurang dari masjid tersebut. Biasanya yang menjadi pengaruh betah atau tidaknya jamaah pada masjid adalah toilet yang bersih dan tidak berbau. Karena banyak jamaah yang tak betah sebab kalau mau ke toilet jijik dan memilih untuk wudhu di rumah.

Tips Ampuh Buat Jamaah Agar Betah di Masjid, Dengan Memberikan Minuman Gratis Dan Makanan Ringan Gratis Bagi Jamaah

Makanan dan minuman yang disediakan pun tak harus mahal. Bisa dari sumbangan warga sekitar atau tanaman dari halaman masjid seperti ubi-ubian.

Minuman pun bisa berupa air putih dalam galon yang disediakan di dekat pintu masuk masjid. Dengan adanya minuman itu, warga yang kehausan pun tak perlu pulang ke rumah untuk minum sehingga mereka tetap bisa betah di masjid.

Sering Mengadakan Kegiatan Masyarakat dan Keagamaan

Keaktifan masjid dalam hal kegiatan masyarakat pun banyak berpengaruh pada betah atau tidak betahnya jamaah untuk berada di masjid. 

Jadi bekerjasamalah dengan pihak yang berwenang setempat untuk mengadakan beberapa acara masyarakat di masjid. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi masyrakat sendiri.

Juga adakan kajian-kajian yang ringan yang bisa membantu masyarakat dalam memperdalam ajaran Islam seperti kajian fikih yang sangat penting untuk memperbaiki kualitas ibadah.

Itulah informasi tentang Cara untuk Membuat Orang atau Jamaah Betah Di Masjid untuk Beribadah dan Berjamaah. Semoga bermanfaat.


Powered by Blogger.