Halloween party ideas 2015


Buku ini berisi renungan tentang pesan-pesan Nabi Muhammad Saw. perihal rezeki. Dasar pemikiran yang memotivasi saya untuk mengarang buku ini adalah,  di zaman serba susah seperti sekarang ini, banyak pihak mengambil jalan yang salah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seringkali jalan menjadi “kaya” secara singkat semakin marak diminati oleh masyarakat. Kondisi ini semakin lama semakin akut sehingga muncullah ketimpangan sosial-ekonomi yang semakin merata. Berdasarkan hal ini, penulis menawarkan solusi bagaimana memenuhi kebutuhan hidup dengan pola sehat sebagaimana dinasehatkah oleh Nabi Muhammad Saw.
Hadis-hadis yang saya sajikan diambil berdasarkan tema-tema yang relevan dengan kajian seputar masalah rezeki, meliputi
  • Rahasia membuat rezeki melimpah
  • Resep penambah rezeki
  • Faktor-faktor penyebab terhambatnya rezeki
  • Nasehat Nabi Saw. dalam mengelola keuangan
  • Doa-doa, dan beragam topik lain yang mendukung sesuai tema seputar rezeki.
Penyajian materi dalam buku ini tidak menggunakan pendekatan membahas hadis secara rumit dan njlimet sebagaimana tradisi keilmuan hadis murni. Tetapi saya menggunakan bahasa “renungan”, yang artinya saya lebih menekankan materi pada sisi “motivasi hadis” agar lebih memberi energi positif terhadap pembaca. Disamping itu, buku ini akan lebih mudah diterima oleh masyarakat luas, tidak terbatasi oleh masyarakat maupun kelompok keagaman tertentu. Entah itu golongan intelektual, masyarakat awam, remaja, dan kaum dewasa, desain gaya bahasa yang sederhana dari buku ini insyaallah mudah untuk diterima oleh elemen masyarakat luas.
Adapun sistematika buku ini adalah (1) kata pengantar: untuk menjelaskan kepada pembaca tentang garis besar arah buku ini. (2) pendahulu (muqaddimah): berisi pendahuluan pembahasan dalam buku meliputi penguatan-penguatan tentang manfaat dan pentingnya ulasan dalam buku. (3) pembahasan inti dalam tema-tema terkait dalam buku. (4) penutup yang berisi kesimpulan agar pembaca menangkap konklusi global dari buku ini.
Kelebihan Buku:
1.    Ulasan tentang isi buku dibahas secara sederhana dengan menghindari pembahasan-pembahasan rumit seperti dalam kajian hadis murni pada umumnya. Hal ini agar pembaca dapat dengan mudah mencerna tulisan tanpa kehilangan urgensi dari tema pembahasan itu sendiri.
2.    Tema yang dibahas disesuaikan dengan problem-problem yang kian marak menjangkiti masyarakat. Secara global bagian awal akan menyajikan seputar motivasi untuk menjadi pribadi pekerja keras dan menghindari pribadi peminta-minta. Lalu bagian berikutnya diuraikan tentang resep-resep yang memudahkan datangnya rezeki. Bagian berikutnya dipaparkan tentang bagaimaan cara mengalokasikan rezeki, dan bagian akhir adalah doa-doa untuk memudahkan datangnya rezeki.
3.    Penulis selalu berusaha menghindari kesan “mendakwahi” pembaca. Akan tetapi penulis lebih menekankan aspek “rasionalisasi” dan “penyadaran” agar hati dan pikiran pembaca mampu terangsang sehingga pembaca pun dengan sendirinya menyadari nilai positif dari pesan-pesan Nabi Muhammad Saw. yang disampaikan.
Segmen Pembaca:
Buku ini membidik kalangan pembaca umum, baik masyarakat intelektual maupun masyarakat awam,  kaum remaja maupun dewasa.



Powered by Blogger.