Halloween party ideas 2015


Tulisan berikut ini adalah sinopsis dari karya buku saya yang keempat yang berjudul Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Saw. Buku ini secara garis besar berisi tentang bagaimana konsep hidup sehat sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw.
Sampul depan Buku Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Saw
Sesuai judul di atas, buku ini berisi tentang hadis-hadis pilihan dari sabda-sabda Rasulullah Saw. yang berhubungan dengan kesehatan, baik kiat-kiat hidup sehat atau pun cara untuk menyembuhkan penyakit. Melalui buku ini penulis berusaha untuk mengangkat sisi medis berdasarkan petunjuk Rasulullah Saw. dimana sosok beliau sangat berpengaruh terutama bagi kalangan umat muslim.

Penyajian materi dalam buku ini tidak menggunakan pendekatan pembahasan hadis secara rumit dan njlimet sebagaimana tradisi keilmuan hadis murni. Tiap-tiap bab disesuaikan dengan hadis-hadis yang menyangkut tema relevan dengan kesehatan.

Hal ini akan menjadikan buku lebih mudah diterima oleh masyarakat luas, tidak terbatasi oleh kelompok masyarakat maupun kelompok keagaman tertentu. Entah itu golongan intelektual, masyarakat awam, remaja, dan kaum dewasa, desain gaya bahasa yang sederhana dari buku ini insyaallah mudah untuk diterima oleh beragam elemen masyarakat luas.

Adapun sistematika buku ini secara global adalah (1) kata pengantar untuk menjelaskan kepada pembaca tentang garis besar arah buku ini. (2) pembahasan inti atau sajian materi buku. Dan (3) penutup.

Kelebihan Buku:
1.    Ulasan tentang isi buku dibahas secara sederhana dengan menghindari pembahasan-pembahasan rumit seperti dalam kajian hadis murni pada umumnya. Hal ini agar pembaca dapat dengan mudah mencerna tulisan tanpa kehilangan urgensi dari tema pembahasan itu sendiri.

2.    Penyajian tema disusun berdasarkan beberapa bab, diantaranya:
-    Bab I berisi pembahasan sabda-sabda Rasulullah Saw. perihal “Rahasia Penyakit & Anugerah Kesehatan”.

-    Bab II berisi tentang “Kiat Menggapai Hidup Sehat Ala Nabi”.
-    Bab III berisi tentang “Obat-obatan Ala Nabi”.
-    Bab IV membahas tentang “Kebersihan Pangkal Kesehatan; Hadis-Hadis Tentang Kebersihan”. 
-    Bab V membahas tentang “Pola Makan, Minum & Pengaruhnya Terhadap Kesehatan”, dan
-    Bab VI berisi tentang “Mukjizat Ibadah & Akhlak Dalam Konteks Kesehatan”.   

Sitematika semacam ini tidak lain bertujuan untuk menyajikan bacaan yang runtut dan mudah dicerna. Pembahasan dimulai dengan pandangan Rasulullah Saw. tentang hakikat penyakit, dilanjutkan dengan kiat-kiat hidup sehat, kemudian cara penanggulangan penyakit, anjuran untuk selalu menjaga kebersihan, pengaruh pola makan terhadap kesehatan, dan misteri mukjizat ibadah dan akhlak dalam tinajuan medis.

3.    Penulis selalu berusaha menghindari kesan “mendakwahi” pembaca. Akan tetapi penulis lebih menekankan aspek “rasionalisasi” agar pembaca mampu terangsang sehingga pembaca pun dengan sendirinya menyadari nilai positif dari pesan-pesan Nabi Muhammad Saw.
Segmen Pembaca:

buku ini membidik kalangan pembaca umum, baik masyarakat intelektual maupun masyarakat awam,  kaum remaja maupun dewasa.


Powered by Blogger.