Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Surat Keterangan Sehat (Health Report) Dalam Bahasa Inggris

Halo semuanya, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Gimana kabar saudara saudari kawan sekalian, semoga sehat selalu. Kali ini saya hendak berbagi pengalaman mengenai Membuat Surat Keterangan Sehat (Health Report) Dalam Bahasa Inggris.

Surat keterangan sehat yang ini aku perlukan untuk persyaratan dalam beasiswa Turki tahun 2016-2017. Menurut pengalaman para penerima beasiswa ini, untuk health report tidaklah ribet. Tidak perlu cek laborat yang membutuhkan biaya banyak. Jadi aku memilih untuk membuat keterangan sehat di puskesmas. Yang penting dapat surat sehat.

Membuat Surat Keterangan Sehat (Health Report) Dalam Bahasa Inggris / img:pixabay.com
Tapi masalahnya di puskesmas hanya mengeluarkan surat keterangan sehat dalam bahasa inggris. Walhasil ada sedikit kendala dalam hal ini. Akan tetapi aku punya cara dengan melobi petugas puskesmas untuk menerbitkan surat keterangan sehat dalam bahasa Indonesia, lalu saya terjemahkan dalam bahasa Inggris dan nantinya di tandatangani kembali. Mereka mengiyakan lalu saya buat versi bahasa Inggrisnya.

Biayanya sangat terjangkau, yaitu sebesar 5.000 rupiah saja. Daripada membuat di rumah sakit atau dokter biasanya mencapai puluhan hingga ratusan ribu karena mereka biasanya mengeluarkan surat setelah melalui cek laborat.

Namun sayangnya pas nerjemahkan sendiri ada kata yang salah dalam terjemahan, dan waktu itu sudah hari Sabtu jadi puskesmas tutup. Terpaksa sorenya ke klinik untuk terjemah. biayanya 50 ribu. dengan cara yang sama yaitu minta surat asli, terjemahkan, lalu minta stempel tandatangan. Jadi saumpama masih ada waktu untuk membenahi pasti biayanya sangat terjangkau yaitu 5.000 saja karena ya menerjemahkan sendiri.

Kalau ada saudara-saudari sekalian ada yang ingin menerjemahkan suratnya saya membuka jasa terjemahan dengan biaya 10 ribu jika berkenan. Silahkan hubungi saya di bagian kontak saya di blog ini. Namun sebelumnya saya sarankan untuk berbicara dahulu dengan pihak puskesmas atau pun klinik  yang dimintai surat keterangannya.

Berikut terjemahan yang saya mintakan legalisirnya berikut contohnya:

KLINIK PRATAMA RAWAT INAP PELAYANAN MEDIS DASAR
Katika
Jin Raya Minggiran Kec. Papar - Kab. Kedim Telp 082 833 251 45 - (0354) 4520867 - 081359697676
CERTIFICATE OF HEALTH REPORT
NO 010874/2016
The undersigned below explained truthfully that
Name Didik Andriawan
Age 25 Years old
Occupation Teacher
Address Dsn Combong RT. 14 RW. 05. Ds. Wanengpaten Kec. Gampengrejo, Kab Kediri
Jawa Timur
Upon Request Study to Turkey and apply for student Visa In our current examination shows that the person concerned is in a GOOD CONDITION / HEALTH This certificate is made to be used properly.
Note Weight - 70 kg
Height 160 Cm
Blood Pressure 130/80 mmHg
Minggiran 10 September 2016
Doctor Name

*UPDATE: Anda bisa melihat format surat keterangan sehat lainnya di halaman berikut: Contoh Surat Keterangan Sehat Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Lengkap

Itulah informasi mengenai Membuat Surat Keterangan Sehat (Health Report) Dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.