Halloween party ideas 2015


Alhamdulillah, Yang dinantikan pun Muncul. Saat buka grup Whatsapp, banyak yang posting kalau sudah email pemberitahuan diterima beasiswa sudah dikirim. Banyak yang unggah foto screenshoot.

Tapi tak perhatikan kenapa saya belum dapat email. Jangan-jangan saya tertolak. Dengan hati yang berdebar-debar dan waktu itu bakda isya.

Isteri sudah kelelahan karena seharian mengajar dan “momong” dek Afqa, cuma saya yang masih deg-degan penuh penasaran ingin memastikan hasil pengumuman. Saya lihat melalui aplikasi Gmail android, belum ada pengumuman. Wah.....
Suasana Musim dingin di Konya

Tapi saya baru nyadar dan cari alternatif dengan merefreshnya. Ternyata muncul email dengan subjek Noreplay blablabla.... dengan jantung berdegup kenceng (selama ini tidak pernah jantung berdetak sekencang itu) lalu kubaca emailnya dan .... tara.... Offer Scholarship!

Alhamdulillah diterima untuk study S3 dipilihan pertama, tepat pada apa yang aku harapkan selama ini.

Entah seperti mimpi, saya mendapatkan capaian terbesar dalam hidup saya, yaitu melanjutkan S3 di Turki, di kampus Necmettin Erbakan University dengan jurusan Tafsir.

Sang isteri yang hampir tertidur saya beri kabar dan eskpresinya, “Mosok bah?” “Alhamdulillah”.

Saya langsung menuju Mushalla untuk melaksanakan nazar saya yaitu membaca al-Qur’an secara langsung setelah mendapatkan kabar pengumuman diterima sebanyak 1 juz.

Saya pun masih punya tanggungan nazar dengan mendatangi 3 madrasah aliyah untuk berbagi pengalaman terkait beasiswa.

Email Pemberitahuan Hasil Beasiswa
Selanjutnya aku membuka aplikasi dan disana memang statusku berubah offer of scholarship yang artinya aku positif mendapat tawaran beasiswa.

Lalu disana ada prosedur selanutnya, yaitu mengklik tombol accept sebagai untuk konfirmasi bahwa aku mengambil beasiswa tersebut, lalu mendownload Kabul Mektubu atau LOA (letter of accpentance) yang juga dilampirkan dalam email pemberitahuan.

Selain itu ada juga surat Sign Agreement (kontrak beasiswa) yang harus saya tandatangani dan diapprove ke kedutaan Turki di Jakarta. Setelah diapprove di Jakarta, surat agreement itu discan dan diupload ulang diaplikasi website.

Berikut penampakan LOA dan SA:


Adapun persiapan sebelum ke Jakarta untuk approve sign agreement adalah ngeprint LOA dan SA serta aku mengisi kolom yang perlu diisi lalu tandatangan.

Lanjut mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk dilegalisir seperti diploma atau ijazah beserta transkrip, paspor, dan health report.

Selain tandatangan kontrak beasiswa, disana nanti aku dan kawan-kawan sesama penerima beasiswa akan membuat visa sekaligus. Otomatis paspor harus ada.

Bagi kalian yang mau tahu panduan membuat paspor silahkan baca tulisan berikut: Cara Membuat Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas III Kediri Pengalaman Membuat Paspor dan tulisan ini: Bagaimana Cara dan Persyaratan Membuat Paspor

Aku belum punya paspor hingga pengumuman ini sehingga saya secepatnya membuat paspor. 


Powered by Blogger.