Halloween party ideas 2015


Dalam berbagai kesempatan, ketika bertemu dengan orang-orang Turki saat naik bus, di taman atau di tempat-tempat umum lainnya, seringkali mereka menyapa dan mengatakan, "Apa kamu orang korea?" Terkadang juga bertanya "Apa kamu orang Jepang" kadang dibilang Cina juga. Yang parah lagi teman saya yang wajahnya benar-benar Jawa ditanya, "Apa kamu orang Etiopia". 
Source: Sinyalciler on Youtube
Ya pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat kening berkerut. Saya sampai pada kesimpulan bahwa mayoritas orang Turki kemungkinan besar masih awam demografi. Mungkin tidak terlalu banyak mengetahui perbedaan dan ciri ras-ras Asia Timur. Namun ketika ketemu dengan orang tertentu seperti akademisi mereka bisa mengetahui wajah orang Indonesia. Saya pernah ditanya, kamu orang Indonesia ya. Aku jawab, kok tahu? Kan bisa jadi aku orang Filipina atau Thailand atau Malaysia? Dia bilang kalau dia tahu ada tanda-tanda bahwa kamu orang Indonesia. Katanya ia udah hafal dengan wajah-wajah orang Asia.
Kalau mereka bertanya asal kita dan kita menjawab Indonesia kebanyakan mereka akan bilang:
MasyaAllah-MasyaAllah
Terkadang juga bilang, "Kardesim" atau Saudaraku. Pernah juga dibilang, Saudaraku walaupun kita berjauhan. Sebagian bilang, Bagus. Aku suka Indonesia.
Disini orang Indonesia punya image yang bagus. Dikenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Bahkan ada acara cerdas cermat yang diadakan oleh sebuah organisasi disini, salah satu pertanyaannya adalah, Negara mana yang memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia? Jawabannya ya Indonesia. Begitulah kata orang Turki yang pernah aku temui.


Powered by Blogger.