Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara dan Langkah Mengikuti Kontes di 99Designs

Mencari Uang Dolar di 99Designs.com

Halo semuanya bagaimana kabarnya. Semoga baik semuanya ya. Kali ini saya hendak berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara dan langkah mengikuti kontes di 99designs.

Sebagaimana kita tahu bahwa 99designs adalah website tempat berkumpulnya para desainer, baik logo, icon, website, maupun desain lainnya dimana mereka dibayar ketika desain mereka diambil sebagai pemenang oleh CH atau contest holder alias pihak yang mengadakan kontes.

Banyak yang sudah membuktikan bahwa 99designs bisa menjadi tempat meraup dolar dan bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan.

Bahkan ada juga yang sudah membuatnya sebagai pekerjaan utama. Bagi agan yang membaca ini mungkin agan baru merintis usaha di bidang desain ini hendak mencoba masuk menjadi desainer di 99designs, saya hendak share pengalaman mengenai bagaimana Cara dan Langkah Mengikuti Kontes di 99Designs.
Add caption

Saya akan menjelaskannya dengan poin-poin langkah-langkah sebagaimana berikut:

Langkah Mengikuti Kontes di 99Designs

1. Punya akun 99designs.com

Kalau mau ikut jadi desainer maka harus mendaftar untuk mendapatkan akun. Mungkin ada yang bertanya, apakah saya bisa ikut dalam kontes atau siapa saja yang boleh ikut? Jawabannya semua bisa ikut. Namun saya sarankan agan sebelum ikut kontes untuk terus belajar dan berlatih dulu.

Hal ini karena 99designs menerapkan aturan bahwa desain harus memenuhi kualitas standar. Standarnya gimana? Ya yang bagus. Bagus itu gimana? Bisa agan lihat di portofolio para desainer top level atau mid level.

Kenapa mereka saya bilang sesuai standar? Karena level mereka membuktikan bahwa mereka dipilih oleh staf 99designs sebagai desainer yang layak dengan level mereka. Apakah level entry tidak bagus? Jawabannya ya sama-sama bagus.

Tapi standar kualitas dari mid level dan top level sudah terbukti. Buktinya mereka diangkat derajatnya oleh staf 99designs yang terdiri dari para desain professional juga.

Bagaimana cara bisa dapat akun? Bagaimana cara mendaftar 99designs? Bisa agan baca disiniTips Dan Cara Jitu Agar Mudah Diterima Saat Daftar Akun 99designs Tips Mudah Daftar 99designs

2. Ketahui Cara Kerja dan Aturan 99designs

Ini penting sebelum memutuskan masuk ke 99designs karena mereka menerapkan aturan yang cukup ketat. Tidak sembarangan mendesain langsung submit.

Kalau kita melanggar aturan mereka, maka siap-siap dapat surat cerai dari  mereka. Bagi yang belum tahu kode etik dan aturan mereka bisa dibaca disiniMemahami Kode Etik atau Aturan Dalam Mengikuti Kontes di 99Designs
Harus tahu aturan dan tata tertib ya gan. Nanti biar ndk ada kekeliruan dan salah paham hingga membuat kita tepok jidat berjamaah

Secara sederhana cara kerjanya adalah, kita melihat kontes, mencari yang sesuai, kita melihat membaca brief yang berisi keinginan pihak yang menyelenggarakan kontes atau CH.

Setelah kita pahami desain apa yang mereka inginkan, kita lalu mendesain. Setelah selesai lalu kita upload. Kita desain terus. Kalo CH atau penyelenggara kontes minta dibuatkan gini gitu rubah ini itu maka kita rubah.

Ada 3 tahap dalam kontes. Tahap pertama adalah upload desain. Tahap pertama selesai, CH akan memilih desain untuk masuk final.

Kalau kita masuk final kita desain lagi. Setelah itu akan masuk tahap pemilihan pemenang. Kalau desain agan terpilih, agan akan menjadi pemenang.

Bakal ada email masuk pemberitahuan setiap ada informasi baru dari kontes kita. Setelah menang kita masuk ke bagian handover atau serah terima desain. Kita revisi kalau CH minta revisi.

Kita upload semua file. Kita konfirmasi form bahwa desain itu milik kita. Kalau sudah lengkap, CH bakal konfirmasi, dan uang masuk ke akun kita. Lalu uang bisa kita Tarik atau cairkan.

3. Harus punya Kemampuan Mendesain

Agan tidak akan diterima untuk menjadi guru Bahasa inggris kalau agan tidak bisa Bahasa inggris kan? Dimana pun tempat bekerja, pekerjanya ya harus memiliki kemampuan dibidangnya. Begitu pula 99designs ini.

Namanya kontes desain, ya harus punya kemampuan mendesain. Kalau belum punya? Ya belajar dulu, mantapkan dulu. Kalau sudah siap baru ikut kontes. Kalau belum jangan dipaksakan. Dari pada mendaftar lalu dapat surat cerai karena desain  agan kurang memenuhi standar kualitas.

Mungkin agan juga perlu membaca tentang bagaimana tips mudah dan cepat menang di 99designs bisa baca disiniCara Tips dan Trik Agar Mudah dan Cepat Menang Kontes di 99Designs.

4. Memulai mengikuti Kontes

Kalau agan sudah punya akun dan hendak ikut kontes, tinggal masuk ke 99desings, browse contest atau cari kontes. Pilih kontes yang sesuai.

Jangan terlalu ikut banyak kontes, fokuskan saja pada satu kontes dulu, dimana kita telah yakin memilih kontes yang benar. Memilih kontes yang benar bisa mempengaruhi kemenangan agan.

Kalau agan belum tahu bagaimana cara memilih kontes yang benar, silahkan baca tulisan disiniCara Memilih Kontes Logo Online Yang Tepat Agar Bisa Menang Bagi Pemula.

Begitulah langkah sederhana untuk mengikuti kontes di 99designs. Kalau ada pertanyaan silahkan layangkan di komentar bawah gan. Semoga berhasil. Ada pengalaman bagi-bagi di komentar. Semoga bermanfaat.