Halloween party ideas 2015


Halo semuanya gimana kabarnya semoga sehat selalu dan rejekinya lancar. Kali ini saya hendak berbagi mengenai cara tips dan trik agar mudah dan cepat menang kontes di 99designs. Tips ini kebanyakan adalah hasil riset saya sendiri saat aktif mendesain. Teringat dulu saat masih baru mulai, saya sampai ikut 40 an kontes tapi tidak dapat-dapat. Mencoba dan mencoba untuk belajar akhirnya nemu resep yang cocok dan bisa menang konsisten.
source: androidcentral.com

Mungkin agan juga perlu tahu kenapa sih kok susah mendapatkan kemenangan di 99designs? bisa biaca disini ganKenapa susah untuk menang lomba kontes logo di 99designs? Cara Menang Kontes 99Designs

Sekedar disclaimer, saya masih belajar, bukan master maupun ahli dalam desain. Banyak sekali master-master yang punya keahlian yang sudah süper. Saya masih belajar, dan dalam artikel ini kebanyakan adalah pengalaman saya pribadi atau teknik yang saya praktekkan dan ternyata berhasil. Berikut adalah cara tips dan trik agar mudah dan cepat menang kontes di 99designs.

1. Pilihlah Kontes Yang Cocok Dengan Perhitungan Kemenangan

Di 99designs banyak sekali kontes yang dibuka setiap harinya. Kita bisa bebas memilih kontes desain yang ada. Namun bisa jadi karena salah memilih inilah kita akan jauh dari kesempatan untuk menang karena dalam berkontes kita tidak bisa asal ikut kontes. Ada perhitungan-perhitungan tertentu yang patut kita lakukan. Salah satu perhitungan tersebut adalah:

a. Pilih kontes yang sesuai dengan kemampuan anda

Hal ini bisa anda simpulkan setelah melihat brief, contoh desain, dan syarat dari CH.

b. Pilih kontes yang sesuai dengan hasrat atau passion anda

Semakin anda menyukai kontes itu karena bidangnya sesuai kesukaan anda, atau jenis logo favorit anda semakin besar kesempatan untuk menang

c. Carilah kontes dengan pesaing yang masih minim

Kalau sudah bejibun desainnya mending ndak usah masuk
Lebih lengkapnya tentang bagaimana cara memilih kontes yang cocok ini bisa anda baca disiniCara Memilih Kontes Logo Online Yang Tepat Agar Bisa Menang Bagi Pemula

2. Coba Nilai performa Kontes yang digelar

Maksudnya apa? Sebelum memutuskan untuk memasuki kontes, lihatlah performa kontes tersebut. Apakah CH aktif memberikan respon, apakah desainer aktif mendesain, apakah CH merating dan memberi feedback, apakah CH aktif berpartisipasi di kontes. Sering ada kontes yang CH nya tidak aktif, para desainer sudah submit desain tapi tidak ada penilaian dan CH lama tidak online, kalau kontesnya non guaranteed kemungkinan lainnya bakalan hold alias kontes tidak diteruskan. Kalau tidak diteruskan ya uangnya ndak ada kan. Jadi carilah Kontes yang performanya bagus.

3. Buat Hubungan Baik dengan CH

Kunci berikutnya adalah berbaik-baiklah dengan CH. Buat hubungan yang baik. Menyapalah saat submit desain dengan memberikan keterangan makna logo. Beri saran pada CH, tanya inginnya gimana. Kalau ada respon dari CH yang butuh tindakan ya segera ditindak gan. Kebanyakan CH berbahasa Inggris jadi agan juga lebih baik untuk memperbaiki bahasa dengan belajar bahasa inggris kalau ada waktu.
Saya seringkali merasakan ada bau-bau kemenangan dari model berbicara dengan CH. Kalau CH aktif menghubungi kita itu berarti CH sudah menaruh harapan pada desain kita. Jadi saat submit desain jangan biarkan kosong mlompong deskripsinya. Isi dengan salam hangat, mohon direspon, dan deskripsi logo gan.
Buat hubunganmu dengan CH seakrab mungkin seperti gambar di atas ini gan hehehe

Ikuti kemauan CH selama tidak bertentangan dengan aturan. Misalnya CH menyuruh untuk memberi warna ini itu, laksanakan saja. Kalau CH menyuruh mengkopi konsep desainer lain yang bisa sampai melanggar aturan agan harus menasehati.

4. Yang Paling Penting Adalah Utamakan Kualitas

Sebaik apapun usaha kita, komunikasi kita dengan CH, tak ada yang mengalahkan keutamaan dari kualitas. CH rela membuang uang di 99designs karena apa? Karena 99designs dikenal dengan ajang kompetisi desain dimana di dalamnya ada banyak desainer profesional yang bisa mewujudkan impian CH. Artinya dalam kompetisi itu CH bukan pengen rayuan, bukan pengen kata-kata manis, tetapi yang dipengeni adalah desain yang berkualitas sesuai keinginan CH.

Untuk bisa mendesain dengan desain yang berkualitas bagaimana? Baca brief pahami secara seksama dan perbaiki kualitas desain  dengan melihat inspirasi dari desain hasil para master.

5. Fokus pada Kualitas bukan Kuantitas

Menyambung poin sebelumnya, utamakan kualitas bukan kuantitas. Kita bisa memasuki beberapa kontes sekaligus, dan dalam kontes kita bisa mensubmit beberapa desain sekaligus. Namun yang terpenting adalah kualitas, bukan kuantitas. Menurut pengalaman pribadi, masuk satu kontes dan serius dalam kontes tersebut lebih baik daripada ikut beberapa kontes namun konsentrasi menjadi terpecah. Ingat, satu kontes dengan kontes yang telah kita perkirakan kemenangannya itu lebih baik daripada sembarangan masuk kontes dengan harapan keuntungan dari kontes tesrebut. Ini menurut pengalaman pribadi saya.

6. Submit Konsep Sebanyak Mungkin

Poin sebelumnya saya mengatakan, utamakan kualitas, bukan kuantitas. Ini berlaku untuk jumlah kontes dan jumlah desain. Jumlah desain yang saya maksud ini pun kalau sudah masuk final. Kalau masih tahap submit konsep, yaitu di awal-awal kontes dimulai, maka upload desain dengan konsep dan ide sebanyak mungkin.

Saya perjelas lagi. Kontes awal dimulai selama 4 harian. Di awal inilah kalau sudah memutuskan masuk kontes, maka upload konsep yang berisi ide sebanyak-banyaknya. Jangan terlalu memikirkan warna, gradent, atau sentuhan-sentuhan yang lembut. Lupakan saja dulu ini. Jelaskan saja di deskripsi bahwa agan akan mengirimkan konsep sebanyak mungkin dengan beragam jenis ide yang mungkin CH bisa cocok. Hal ini bisa memberikan banyak keuntungan. Di antaranya:

a. Agan Bisa Mendahului Konsep

Agan mendahului konsep, dimana kalau sudah agan submit suatu konsep atau ide maka desainer lain tidak boleh meniru. Konsep disini bisa masuk kategori keunikan agan dimana desainer lain tidak boleh menirunya. Misalnya kontes yang agan masuki adalah jual beli rumah. Biasanya ide yang muncul adalah ikon rumah. Lalu agan membaca brief dan membaca secara maksimal mengenai perusahaannya si CH, juga agan berkomunikasi dengan CH, agan tahu lebih lanjut kalau jual beli rumah ini lokasi perusahannya ada di daerah pegunungan. Tiba-tiba muncul ide untuk mengkombinasikan rumah dan gunung dengan bentuk yang bagus. Dan ternyata CH suka, maka konsep ini original milik agan. Desainer lain tidak boleh mengcopy konsep yang mirip dengan konsep agan ini.

Namun dari sini masalah tidak berhenti gan. Desainer lain bisa jadi mengcopy konsep agan dengan menggabungkan desain rumah dan gunung dengan cara lain. Bisa jadi CH jadi suka dengan desainnya. Nah disinilah pentingnya membuat konsep sebanyak mungkin berupa bentuk-bentuk paduan ikon rumah dan gunung hingga kemungkinan tidak ada konsep lain yang bisa dibuat oleh desainer lain. Sebenarnya kalau agan menemukan penemuan konsep original semacam ini, desainer lain yang mencoba meniru bisa agan laporkan. Bukannya suka laporan gan, hal ini memang peraturan dan demi menghormati jerih payah kreativitas desainer. Kita pun tidak berhak untuk mencoba mengcopy konsep semacam ini gan.

b. Agan Mendominasi Kontes

Kalau agan bisa mensubmit desain sebanyak mungkin, bisa jadi desainer lain kehabisan ide untuk ikut dalam kompetisi tersebut. Akhirnya desainer lainnya pun bisa jadi berusaha mencari konsep lain yang tidak terlalu disukai CH atau pilih mundur teratur. Mantul kan gan. Jadi usahakan upload konsep sebanyak mungkin. Seringkali mungkin kita lihat desain yang dipilih CH bukanlah desain yang warna-warni dengan gradien bikin heboh. Tapi malahan yang menurut kita warnanya biasa saja. Ingat, CH juga memilih desain berdasarkan ide konsep yang menggambarkan logo bermakna kuat. Jadi untuk kontes sebelum final, masukkan ide konsep sebanyak mungkin. Baru pas final fokuskan ke tampilan logonya.

7. Agar Menang Kontes designs, Buatlah Desain Yang Berbeda

Seringkali muncul desainer yang kalau meminjam bahasa ulasan di 99designs adalah para desainer copycat. Yaitu desainer yang mendesain logonya mirip dengan logo yang sudah di submit. Contohnya adalah seperti gambar ini.
source: 99designs.com

Desain yang tengah adalah modifikasi dari desain kanan. Kalau ada banyak desain semacam ini, maka bisa jadi kesempatan buat agan untuk membuat desain yang berbeda yang kemungkinan besar bisa membuat CH tertarik. Saya pernah menemui kontes dimana logo yang berbeda dengan logo lainnya dipilih CH. Setelah saya perhatikan, sepertinya karena logonya berbeda dengan logo-logo yang sudah ada.

8. Lupakan Uang, Tapi diingat juga tak ada salahnya

Mungkin agan pernah denganr, jangan mendesain karena demi mendapatkan uang. Hal ini ada benarnya gan. Jangan sampai uang mempengaruhi niat baik kita untuk berkompetisi. Bisa jadi karena mengejar uang, kita melupakan kualitas dari desain kita, lebih buruk lagi kita mengcopy desain lain secara langsung hanya karena uang. Kalau desain kita terlihat kurang kualitasnya dan bahkan desainnya hasil copy, bukannya untung tapi malah dapat surat cerai dari 99designs.

Namun gan, uang bisa jadi motivasi kita untuk mengarah kepada sesuatu yang baik. Misalnya dengan mengingat hadiahnya, kita termotivasi untuk menang dengan cara yang sesuai aturan. Ini baik gan. Demi sesuap naşi kita bekerja dengan cara yang halal dan baik. Tentu motivasi ini sangat bagus gan. Ingat uang untuk bekerja sesuai aturan.

9. Perbanyak doa Perbaiki Niat Biar Mudah Menang Kontes

Bagi saya doa dan niat yang baik adalah penting karena bagaimana pun usaha kita, hanya Allah lah yang bisa mengabulkannya. Perbanyak doa dan niatan yang baik agar rejeki kita lancar dalam mengerjakan segala usaha.

10. Cara Gampang Menang 99Designs Kuncinya Dengan Upgrade Laptop Komputer

Salah satu cara yang paling berpengaruh dalam mendapatkan kemenangan saat ngontes di 99designs adalah dengan mengupgrade laptop atau komputer. Maksudnya gimana? Ya maksudnya, cari komputer atau laptop dengan spek mumpuni yang bisa mempermudah agan dalam mendesain. Hal ini sesuai pengalaman pribadi saya yang dulu ngontes pakai laptop yang speknya rendah. Saat membuka software desain yang lumayan berat, membuat desain pun jadi lama. 

Laptop lama itu sering lag atau berhenti sendiri. Kadang not responding. Kalau mau ngesave aja butuh waktu lama. Akhirnya saya memutuskan untuk beli laptop dengan spek lebih bagus. Dan saat beli inilah kemenangan demi kemenangan akhirnya tercapai. Jadi kalau pakai laptop dengan spek rendah biasanya kita bakalan pusing sendiri dan idenya kadang jadi lupa. Usahakan agan upgrade laptopnya dengan kualitas yang bagus agar bisa menang desain.

Mungkin cukup sekian untuk info kali ini, semoga bermanfaat. Lain kali akan saya sambung dengan artikel berikutnya. 


Powered by Blogger.