Halloween party ideas 2015


Halo agan sekalian gimana kabarnya? Semoga sehat dan sukses selalu. Kali ini saya akan berbagi pengalaman, tips, cara atau apapun sebutannya mengenai cara kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah, terserah gimana agan menyebutnya. Sebagian mahasiswa juga menyebut kuliah reguler sambil kerja.

Saya sendiri pun sekarang sedang kuliah di luar negeri, tepatnya di Turki dan juga sambil bekerja. Saya bekerja di pabrik pembuatan mesin makanan. Menurut saya, kuliah sambil kerja bisa mendatangkan banyak manfaat.
Kuliah Sambil Kerja / beingwealthy.in


Yang namanya kuliah itu memang butuh biaya  yang banyak, dan ini menjadi masalah bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga biasa seperti saya. Mungkin agan yang membaca artikel ini juga bernasib sama dan mencari kemungkinan dan cara agar bisa kuliah dan bekerja. Atau agan ingin kuliah sambil bekerja karena alasan lain, misalnya ingin menabung untuk rencana hidup di masa depan.

Pertama yang hendak saya sampaikan pada agan sekalian, jika ada yang tanya mungkin tidak kuliah sambil bekerja atau bekerja untuk biaya kuliah? Jawabannya sangatlah mungkin. Saya menemui banyak mahasiswa yang bekerja untuk kuliah atau kuliah sambil bekerja. Kuncinya adalah pada agan sendiri, bagaimana cara agan mengatur waktu dan kesehatan agar bisa bekerja sekaligus kuliah.

Manfaat dan Pentingnya Kuliah Sambil Bekerja 

Bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil bekerja memiliki manfaat yang sangat besar bagi anda. Di antara manfaat-manfaat tersebut adalah:

Mendapatkan Biaya Kuliah

Jika agan tidak punya biaya kuliah, maka dengan bekerja agan bisa kuliah. Bisa jadi agan berasal dari keluarga biasa seperti saya, dan agan ingin bisa kuliah untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Maka salah satu pilihan yang bisa agan ambil ya bekerja untuk biaya kuliah. Saya menemui banyak mahasiswa yang bekerja karena tidak ada biaya kuliah. Agan bukan satu-satunya orang yang memiliki kesulitan biaya untuk kuliah. Mereka terbukti bisa memenuhi kebutuhan kuliah dengan bekerja, dan artinya agan pun juga bisa.

Menjadikan Diri Lebih Mandiri

Kalau agan sudah punya biaya, entah dari orang tua, tabungan atau beasiswa, maka bekerja akan menjadikan agan lebih mandiri, punya pengalaman dan tidak tergantung pada orang lain. Dengan memiliki penghasilan sendiri agan bisa membuktikan bahwa agan sudah dewasa dan saatnya untuk berdiri di atas kaki sendiri. Terutama kalau agan adalah cowok, maka jelas sudah menjadi kewajiban untuk bisa mandiri sedini mungkin.

Mengetahui Manis dan Pahitnya Kehidupan Nyata

Salah satu keuntungan lainnya adalah agan bakalan mengetahui manis pahitnya kehidupan, karena bekerja ada tantangan dan ada manis di balik keuntungan yang didapat. Agan akan merasakan bahwa hasil dari jerih payah sendiri itu sangatlah nikmat. Bayangkan agan bisa membeli laptop atau handphone impian dari jerih payah agan sendiri pasti akan membuat diri agan bangga.

Menghargai Jerih Payah Orang Tua

Ini juga penting gan. Dengan bekerja, agan bakalan mengenal rasa capek dan pedihnya dalam berusaha. Dan agan bakalan merasakan apa yang orang tua agan rasakan saat bekerja tersebut. Bahwa demi mencukupi kebutuhan keluarga, orang tua tak lelah bekerja siang maupun malam. Dan yang agan rasakan itu belum seberapa dibanding dengan apa yang dirasakan oleh orang tua agan.

Membanggakan Orang Tua

Saya yakin agan pembaca ini orang baik, hehe, jadi pasti satu pemahaman dengan saya yang tidak ingin memberatkan orang tua dan ingin membuat orang tua bangga. Ya, bekerja dan mendapatkan uang sendiri itu selain membuat orang tua terbantu juga menjadikan orang tua bangga. Betapa senangya orang tua kalau memiliki anak yang bisa mencari penghasilan sendiri bukan?

Orang tua bakalan merasa perjuangannya berhasil karena bisa mengantarkan anaknya menjadi pribadi yang mandiri. Orang tua bakalan terangkat derajatnya dan memiliki kewibawaan di mata para tetangga karena telah berhasil mendidik anak menjadi pribadi yang sukses dan mandiri. Kalau agan cinta orang tua, salah satu cara membanggakannya adalah dengan menjadi pribadi mandiri yang sukses,, iya kan gan? 

Mengetahui Resiko Kuliah Sambil Kerja

Selain positif dan bermanfaat, bisa jadi kuliah sambil bekerja punya resiko tersendiri. Jadi agan juga perlu mempertimbangkan adanya resiko yang muncul saat kuliah sambil bekerja. Salah satu resiko kuliah sambil kerja adalah:

Gagal Alokasi atau Manjemen Waktu

Bisa jadi pekerjaan yang kita dapatkan ternyata menuntut kita untuk bekerja keras dan memakan waktu. Alih-alih kita ingin kuliah, namun ternyata kuliah jadi keteteran atau teledor karena pekerjaan. Jadi penting sekali untuk memperhitungkan waktu untuk bekerja atau kuliah.

Alokasi Pikiran dan Tenaga

Bekerja sambil kuliah tidak hanya waktu saja yang diperhitungkan, namun kita perlu juga memperhitungkan aloksi pikiran dan tenaga. Jangan sampai karena pekerjaan membutuhkan pikiran yang berat atau tenaga yang berat menjadikan kita malah gagal dalam kuliah.

Cara Memulai Kuliah Sambil Kerja

Biasanya bagi yang baru mulai memiliki niat untuk bekerja sambil kuliah, kadang muncul pikiran bisa tidak ya saya bekerja nanti? Ada tidak ya yang mau menerima saya bekerja? Nanti aku kerja apa? Semua pertanyaan ini wajar gan. Lewati saja proses ini, mantapkan jiwa dan tekad. Yakin saja kalau ada niatan pasti ada jalan. Di kota besar apapun pekerjaannya pasti kebanyakan untung gan. Sebab dengan penduduk yang banyak, kebutuhan akan jasa atau produk pasti meningkat. Tinggal pintar cari prospek yang pas saja.

Oke saya mulai dari langkah pertama. Jika agan sedang berniat untuk bekerja dan mencari kerja di lingkungan kuliah, maka agan bisa merenungkan beberapa hal berikut:

Pilih Pekerjaan Sesuai Bidang atau Hobi Agan

Ini bisa jadi opsional, tapi menurut saya penting. Sebelum memutuskan bekerja cari saja pekerjaan yang cocok dengan bidang juga hobi. Alasannya sederhana, dengan bekerja sesuai bidang, agan bisa mengerjakan tugas dengan baik. Dan mengerjakan tugas yang sesuai hobi, rasanya tidak seperti bekerja, karena yang namanya hobi tidak akan membuat kita bosan.

Misalnya agan punya basic di bidang bahasa Inggris, maka agan bisa membuka les privat bahasa Inggris. Caranya dengan mendatangi rumah-rumah dan menawarkan jasanya secara langsung. Terutama bagi agan yang jurusannya bahasa Inggris. Bisa bekerja sambil belajar. Belajar dan dapat uang.

Contoh kasus berikutnya, saya punya kawan yang hobi qiraat atau seni membaca al-Quran dengan lagu. Bagi yang belum tahu, biasanya membaca al-Quran saat pembukaan acara dengan lagu yang membuat hadirin hening. Teman saya ini pun aktif dalam beragam acara. Ia mengikuti komunitas di kampus hingga komunitas di luar kampus. Dengan hobi dan bakat yang ia miliki serta keaktifannya dalam berkomunitas ia pun lama-lama dikenal banyak pihak. Dan akhirnya ia pun banjir undangan untuk mengisi bacaan Qiraat di berbagai acara.

Mengetahui Mana Yang Prioritas

Agan kudu pinter mengetahui mana yang prioritas, studi atau bekerja. Cari pekerjaan yang benar-benar cocok dengan jam kuliah agan. Jangan sampai gara-gara terlalu fokus pada salah satu hingga menjadikan tujuan lainnya gagal dicapai.

Cara Mencari Pekerjaan Sambil Kuliah

Berikut ini saya menuliskan sebagian contoh kecil dalam mencari pekerjaan sambil kuliah.

Melamar Kerja di Pabrik atau Perusahaan

Bisa jadi karena jurusan agan cocok dengan lowongan kerja yang ada di pabrik atau perusahaan maka agan bisa melamar pekerjaan tersebut. Agan bisa menjelaskan posisi agan yang sedang menempuh pendidikan sehingga atasan bisa mengerti dan tahu bagaimana mempekerjakan agan. Masalah waktu bisa dibicarakan, karena bisa jadi agan bekerja part malam.

Kerja di Toko atau Warung

Menjadi penjaga toko juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa melamar misalnya di alfamart, toko individu atau toko manapun. Yang penting agan menjelaskan posisi agan, sehingga bisa menyesuaikan waktu bekerja.

Menurut survey tipis yang saya lakukan, bekerja di warung kopi sangat menjanjikan karena omzet warung kopi biasanya sangat besar. Mengingat tempatnya banyak menjadi tongkrongan para mahasiswa setempat. Survey ini saya lakukan di Yogyakarta.


Kerja di Warnet atau Fotokopi

Biasanya pekerjaan favorit mahasiswa adalah bekerja di fotokopi atau warnet. Selain bisa bekerja juga bisa belajar, terutama di warnet. 


Kerja di Momen Tertentu

Ada momen-momen tertentu untuk mencari uang dalam jumlah besar. Misalnya di Yogyakarta agan bisa ikut jualan di pasar akhir pekan seperti di UGM. Meskipun seminggu sekali namun kalau jualan agan cocok bisa mendatangkan uang cukup.

Kerja Wirausaha Mandiri

Bisa menjadi dropshiper barang online, menjadi desainer online, menjual barang dagangan sendiri, atau apapun. Saya punya pengalaman sendiri juga, saat kuliah jualan batik. Ada juga teman yang jualan makanan di kampus. Apapun kerjanya yang penting halal dan bisa buat kita kuliah.

Cara Membagi Waktu Kuliah Sambil Kerja

Cara strategi jitu dalam membagi waktu kuliah sambil kerja adalah dengan langkah-langkah berikut:
1. Ketahui jadwal kuliah selama satu pekan
2.Ketahui jadwal kerja yang harus dipenuhi

Jika kedua jadwal di atas sudah diketahui, maka anda bisa mencari cara untuk membagi waktu kuliah sambil kerja.

Kuliah Sambil Kerja Di Dalam Negeri

Berikut ini adalah beberapa contoh bekerja di dalam negeri yang bisa menjadi inspirasi agan. 

Kuliah Sambil Kerja Jakarta

Silahkan cari informasi mengenai Ita Rahmawati yang berjuang kuliah sambil bekerja sebagai buruh pabrik di Jakarta. Konon dirinya merasa siang bagaikan malam dan malam bagaikan siang. Dan akhirnya dirinya pun berhasil membuktikan bahwa dengan usaha keras, kuliah dan kerja pun bisa selaras.

Kuliah Sambil Kerja di Surabaya

Saya pernah mendengar cerita seorang Nimas Oktavianti, mahasiswa Semester VI Prodi D3 Usaha Perjalanan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Surabaya yang kuliah sambil bekerja di Hotel Ibis Budget Surabaya. Dirinya memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, dan meskipun harus bisa mengatur waktu dengan baik, dirinya pun bisa menjalankan keduanya.

Kuliah sambil kerja Yogyakarta

Kalau di Yogyakarta saya bisa mencontohkan diri saya sendiri yang pernah bekerja berjualan batik. Batik saya ambil dari kulon progo dan saya jual di pusat kota. Teman saya juga bekerja sebagai supir pribadi, yang mengantarkan anak juragannya setiap pagi dan menjemputnya setiap sore. Kawan saya juga ada yang bekerja di bisnis online sebagai desainer. Saya juga menemui mahasiswa yang bekerja menjual koran di lampu merah dan membawa makanan jualan saat kuliah, mirip di tv tv.

Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri 

Anda bisa bekerja sambil kuliah di luar negeri, namun perhatikan juga peratuan yang berlaku di negara tujuan. Bisa jadi anda wajib mengurus dokumen bekerja untuk bekerja disana.

Kuliah sambil kerja di Turki

Ada beberapa teman saya yang memiliki pengalaman bekerja di luar negeri yaitu Turki. Mereka bekerja di sektor pabrik, misalnya sebagai operator atau tenaga kerja membungkus barang.

Kuliah sambil kerja di Mesir

Kalau di mesir saya punya kenalan yang pernah bekerja sebagai tukang masak. Kalau ada kesempatan akan saya sambung artikel ini.


Powered by Blogger.