Halloween party ideas 2015


Banyak guru bertanya tentang bagaimana menjadi guru profesional itu? Bagaimana tips dan trik agar bisa menjadi guru profesional itu? Berusaha menjadi seorang guru yang profesional serta guru yang efektif dalam mengajar memang Tidak mudah. Anda akan menemui beragam tantangan yang akan menguji kesabaran. Cara ampuh untuk mengatasi hambatan ini tidak lain adalah harus dengan fikiran sabar dan istikomah.

Menjadi guru profesional idola murid / dobienews.scuc.txed.net

Ada beberapa cara agar bisa menjadi Guru Profesional di antaranya adalah sebagaimana berikut:

Kunci Guru Profesional, Bisa Dekat Dengan Siswa

Kunci menjadi guru profesional yang termasuk penting adalah dekat dengan siswa. Ketika guru dekat dengan siswa maka guru akan dapat menemukan kesulitan dan masalah dalam belajar siswa. Bisa jadi ketidakefektifan guru dalam mengajar adalah akibat guru tidak tahu latarbelakang siswa secara mendalam.

Namun perlu guru ketahui pula bahwa dekat dengan siswa tidak kemudian menjadi teman baik hingga menghilangkan kewibawaan seorang guru. Anda harus tahu batas menjadi guru yang berperan sebagai orang tua yang bisa menyelesaikan masalah murid.

Prinsip Menjadi Guru Profesional

Menjadi guru profesional harus tahu beberapa prinsip pokok berikut:

1. Memposisikan Diri Sebagai Mentor

Mentor itu punya tugas mengawal kegiatan murid dan mengatasi masalah murid. Jika murid tidak bisa memecahkan masalah, dan tidak tahu cara pemecahannya, maka lama-lama murid akan bosan dan membenci materi pelajaran. Akhirnya perjalanan kegiatan belajar mengajar menjadi tidak efektif. Oleh karenanya, menjadi guru profesional harus bisa menjadi mentor yang baik.

2. Bersikap Ramah dan Terbuka

Sikap ramah anda sangat mempengaruhi interaksi dengan murid. Kunci menjadi guru profesional adalah bisa memecahkan masalah murid. Salah satu caranya adalah dengan berusaha ramah kepada murid. Jadilah ramah dan terbuka dalam interaksi dengan siswa, tapi bisa jadi anda harus menghindari sikap akrab. Terlalu akrab juga kurang baik bagi guru dan murid.

3. Fokuskan pada Pembelajaran Yang Efektif

Ada tipe guru yang disukai siswa menjadi favorit siswa tapi tidak efektif saat mengajar karena mungkin sering bercanda dan terlalu akrab. Alih-alih belajar jadi efektif, yang ada malahan murid-murid bercanda keterlaluan.

Memang disukai siswa itu penting, tapi juga harus melalui cara yang benar. Jadilah guru profesional yang disukai siswa karena keberhasilan dalam mengajar.

Salah satu Kunci Menjadi Guru Profesional adalah Tidak Membosankan Saat Mengajar

Sebagai guru profesional kita harus tahu bahwa bisa jadi beberapa materi pelajaran menjadi hal yang sangat membosankan bagi siswa. Oleh karenanya, fokus terpenting sebagai guru profesional sebenarnya adalah dengan mencari cara, metode baru dalam mengajar sehingga pembelajaran menjadi efektif. 

Kriteria Guru Profesional Itu Seperti Apa?

Jika anda bertanya tentang guru profesional itu seperti apa? Maka kita bisa melihat kriteria atau ciri-ciri guru profesional. Untuk menjadi guru profesional, maka kita bisa berusaha memposisikan diri agar memiliki kriteria guru profesional. Kriteria itu apa saja? Simak poin-poin berikut:

Adil

Guru yang profeional memiliki kriteria jiwa yang adil. Adil dalam hal ini bisa dicontohkan dengan tidak berpihak pada salah satu siswa tertentu secara berlebihan. Misalnya menyukai siswa yang pintar dan tidak terlalu perhatian pada siswa yang kemampuannya kurang.

Bijaksana

Bijaksana dalam mengambil keputusan adalah salah satu ciri-ciri dan kriteria guru profesional. Terkadang ada guru yang tidak bisa bijak dalam mengatasi masalah murid sehingga mengambil keputusan yang kurang tepat.


Teladan

Guru profesional sebenarnya adalah guru yang bisa menjadi teladan. Apa yang diucapkan  juga sama dengan apa yang dilakukan. Jika guru menyuruh siswa disiplin maka hendaknya guru menjadi teladan dalam kedisiplinan itu. 


Memahami Proses

Seringkali kita menemui kasus guru yang gagal mendidik karena guru tersebut tidak memahami proses. Memahami proses disini harus didasari pada kesadaran bahwa tidak semua murid punya kemampuan yang sama. Jika guru tidak memahami ini, seringkali guru akan menganggap murid yang tidak berhasil dalam belajar sebagai murid yang malas.


Itulah beberapa cara, tips dan trik menjadi guru profesional. Semoga bermanfaat. Silahkan share sebagai bentuk kepedulian kita.


Powered by Blogger.