Halloween party ideas 2015


Strategi kuliah tapi terkendala biaya / neatoday.org
Halo semuanya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini saya akan menulis tentang mau kuliah tapi tidak ada biaya atau tidak ada uang.

Kalau anda baca artikel ini dengan harapan bisa kuliah meskipun anda terkendala biaya, anda senasib dengan saya. Karena saya juga tidak ada biaya untuk kuliah dulu. Namun alhamdulillah tetap ada saja jalan kalau kita punya niat dan mau berusaha.

Waktu S1 saya dapat beasiswa, S2 meskipun tidak dapat beasiswa tapi alhamdulillah bisa selesai. Dan sekarang saya menempuh S3 juga dengan beasiswa.

Jadi saya mau sharing ide juga pengalaman bagaimana mensiasati mau kuliah namun terkendala biaya.

Mau kuliah Tapi Tidak Ada Biaya? Gimana Mengatasinya?

Ada beberapa cara meskipun tidak punya uang untuk bisa kuliah. Cara ini berdasarkan ide dan pengalaman yang saya dapatkan selama kuliah.

Bisa jadi ini anda terapkan untuk bisa kuliah tanpa biaya atau kuliah tapi tidak ada biaya. Berikut cara-caranya:

Mencari Beasiswa

Cara utama yang bisa kita usahakan agar bisa kuliah meskipun terkendala biaya adalah dengan mencari beasiswa.

Dengan beasiswa kita bisa mencari pemberi beasiswa yang mau memberikan beasiswa penuh hingga mendapatkan uang saku.

Juga ada beasiswa yang sifatnya uang semester saja. Cara ini menurut saya adalah cara utama yang bisa anda usahakan untuk bisa kuliah sekolah tanpa biaya.

Dari sini mungkin anda berpikir, kalau beasiswa itu menuntut nilai yang tinggi atau adanya prestasi. Pikiran anda ini benar, dan anda harus punya kriteria tersebut.

Kalau dari sini anda berpikir bahwa anda layak untuk mendapatkan beasiswa, maka bagus sekali.

Kemungkinan impian anda untuk mendapatkan kuliah gratis tanpa biaya sedang dalam proses. Kemungkinan besar akan anda dapatkan karena anda punya harapan.

Namun kalau anda berpikir, wah sepertinya nilai saya kurang, atau kayaknya saya sulit mendapatkan beasiswa, maka anda perlu mengobati rasa percaya diri tersebut. 

Kalau anda sekarang sedang berada di jenjang SMA sederajat yang hendak melanjutkan ke perguruan tinggi, dan anda tinggal di kelas tahun akhir, maka jelas tidak mungkin untuk merubah nilai yang sudah ditulis di rapor.

Saran saya bagi anda yang dalam keadaan semacam ini, tetap optimis, dan tetap lamar saja kalau ada beasiswa. Karena nasib itu tidak ada yang tahu, yang jelas kita berusaha.

Sambil berusaha untuk memperbaiki kualitas diri dengan terus belajar dan mempelajari bahasa Asing yang biasanya diperlukan, yaitu bahasa Inggris. Juga untuk jurusan tertentu ada juga bahasa Arab.

Kalau anda yang sedang membaca ini adalah siswa yang masih lama di jenjang SMA, maka perbaiki nilai setinggi mungkin. Dapatkan prestasi sebanyak-banyaknya.

Juga persiapkan semuanya secara matang. Seringkali siswa yang ada pada jenjang awal lebih banyak foya-foya tanpa memikirkan nasib ke depan.

Makanya jika anda termasuk yang kesulitan mengenai dana, harusnya anda sadar dan mulai memperbaiki diri jika ingin kuliah.

Kembali ke masalah beasiswa, sekarang ini banyak sekali beasiswa yang dapat anda lamar, misalnya beasiswa depag, beasiswa bidikmisi, beasiswa kampus, dan juga beasiswa dari perusahaan-perusahaan seperti Djarum, habibie fondation dan lain-lain.

Mau kuliah Tapi Tidak Punya Biaya? Bekerja Sambil Kuliah Adalah Pilihan

Strategi kuliah tanpa biaya selanjutnya adalah bekerja. Saya sering menemui teman yang bekerja sambil kuliah sewaktu kuliah di Yogyakarta.

Ada yang jualan membawa makanan ke kampus, mirip di sinetron atau di tv-tv. Ada juga yang menjual koran di jalan lampu merah, mirip juga di tv-tv. 

Ada yang menjadi sopir pribadi, sopir ojek online, jualan makanan, bekerja di fotokopi, bekerja menjaga toko, membuka les privat, dan banyak lagi.

Intinya kalau mau kuliah tapi tidak ada biaya bukan berarti tidak bisa kuliah. Kita bisa bekerja untuk mendapatkan biaya kuliah. 

Mungkin dari sini anda berpikir aku mau kerja apa? Gimana cara mencarinya? dan lain-lain. Saya hanya bisa meyakinkan, kalau anda punya niat dan tekad anda pasti akan mendapatkannya.

Jika anda mengeluh nanti kesusahan, ingat anda sudah susah sekarang hehe.

Jika anda berpikir nanti kerja bisa dapat uang tidak? Saya hanya bisa menjawab, tergantung pada kerja dan tempatnya.

Kalau anda bekerja di kota besar kemungkinan lancarnya lebih besar karena penduduknya besar.

Saya sendiri dulu punya pengalaman bekerja saat kuliah dengan berdagang batik, aksesoris, dan juga mendesain.

Semua saya lakukan. Dan sampai kapan kita punya niat sampai sanalah kita akan mendapatkan apa yang kita kehendaki.

Intinya kita harus sadar kalau kita mau kuliah namun tidak punya uang ya kita harus menempuh segala cara halal, salah satunya adalah dengan bekerja atau berjualan.

Kuliah Butuh Dana? Apply Saja Student Loans

Mau kuliah Tapi Tidak Terbentur Biaya? Ada jalan lagi untuk mengatasinya, yaitu mendaftar student loans.

Student loans ini adalah memohon bantuan dari sebuah lembaga agar memberikan uang studi kepada kita. Namun bentuk dari student loans ini adalah pinjaman.

Ada beberapa lembaga student loans yang bisa anda cari informasinya melalui internet.

Cari Sponsor Atau Donatur untuk Biaya Kuliah

Mau kuliah Tapi gak  punya Biaya? butuh bantuan biaya kuliah? Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mencari sponsor untuk biaya kuliah.

Darimana kita mencari sponsor? Kita bisa mengajukan pada lembaga-lembaga pendidikan atau lembaga kuliah yang hendak kita tuju.

Coba saja mengirimkan surat atau proposal bahwa anda sedang ingin kuliah namun tidak punya biaya. Bisa memberikan surat kepada kantor atau individu misalnya dosen.

Siapa tahu eh siapa tahu kan ada dosen yang tertarik untuk menjadi sponsor dan membantu uang untuk kuliah.

Saya pernah mendengar kalau ada dosen yang juga memiliki mahasiswa yang tinggal di lingkungan rumah dosen sebagai anak didik atau santri.

Mahasiswa ini bisa mendapatkan dana bantuan dari dosen itu, namun mahasiswa ini juga harus tahu bagaimana ia menempatkan diri.

Mahasiswa ini juga membantu segala keperluan dari sang dosen. Dengan kata lain, mahasiswa bisa menjadi tenaga pembantu, namun bukan secara langsung disebut pembantu. Mungkin anda sudah paham dengan maksud saya.

Secara sederhana, mahasiswa menemui dosen untuk memohon bantuan beasiswa, dan mahasiswa ini sekaligus tinggal di lingkungan rumah dosen sebagai anak didik, juga membantu keperluan dosen.

Kalau dalam istilah pesantren ada namanya santri ndalem atau santri yang ikut kyai dan membantu segala keperluan kyai.

Misalnya kalau dosen punya anak, maka mahasiswa bisa menemani anaknya dan mengajar anaknya.

Cara Berikutnya Adalah menabung uang untuk kuliah

Menabung itu baik, dan bisa juga untuk kuliah. Kalau anda sekarang bekerja full lalu uangnya untuk menabung, maka ini cukup bagus.

Mungkin anda sekarang tinggal di tempat yang jauh dan bekerja penuh untuk biaya kuliah, maka ini juga bisa jadi pilihan.

Dan setelah masuk kuliah nanti bisa juga melamar beasiswa juga. Bisa jadi pilihan yang bijak.


Powered by Blogger.