Halloween party ideas 2015


Halo semuanya, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu. Budaya Turki yang unik membuat banyak orang penasaran, termasuk orang Indonesia. Budaya yang bisa dibilang campuran Eropa dan Asia ini membuat Turki memiliki budaya yang berbeda.
image source keyfisepet.com

Salah satu yang unik dari budaya Turki adalah ungkapan kata sayang, kata cinta dan kalimat romantis.

Kata ini bisa kalian gunakan untuk menyebutkan sayang, cinta, atau membuat kata romantis kepada kekasih atau orang yang disayangi.

Kata Sayang, cinta, dan kalimat romantis dalam bahasa Turki ini bisa dibilang terdengar unik, lucu namun romantis bagi yang belum tahu bahasa Turki. Bisa jadi pilihan bagus sebagai kata sayang, cinta dan kata romantis bagi pasangan.

Canım 

Dibaca Janem, dengan e dalam kata itu adalah suara e yang ada dalam kata genap, semangat, gemar, pelan. Huruf i tanpa titik dibaca e dengan suara di atas.

Kata ini berasal dari kata Can, yang bisa berarti hati, hidup atau nyawa. Artinya adalah nyawaku, hidupku, hatiku. Bisa juga diartikan dengan kekasih hatiku. Kalau anda melihat serial Turki maka bakalan sering mendengar kata ini. Kata yang satu ini bisa dipakai secara umum, dan tidak hanya ditujukan untuk sepasang kekasih saja. Kata ini bisa diucapkan kepada teman, sahabat, ayah dan ibu, anggota keluarga misalnya adik, juga saya bahkan sering mendengarkan guru memanggil murid dengan kata ini. Penggunaan kata Canım sangat umum meski lebih sering diungkapkan untuk pasangan kekasih.

Hayatım

Kata hayat berarti hidupku. Hayat asalnya adalah bahasa Arab, dimana dalam bahasa Indonesia pun ada. Hayat dikandung badan. Kata hayatım biasanya diucapkan pasangan suami istri. Juga biasa digunakan oleh seorang ibu yang menunjukan kasih sayang ke anaknya.

Aşkım

Kata aşk berarti cinta. Iya persis kata cinta dalam bahasa Indonesia dan love dalam bahasa Inggris. Kata ini khusus biasa dipakai dalam hubungan kekasih. Namun seringkali kalau saya mendengar kata ini, persepsinya lebih cenderung kepada pasangan baru dan biasanya dengan mimik lebay.

Kalimat romantis untuk kata ini biasanya menggunakan
Sana aşık olmak isterim/istiyorum : Aku ingin mencintaimu
Sana aşık oldum : Aku telah mencintaimu
Gerçekten sana aşık olmak oldum : Aku benar-benar mencintaimu

Herşeyim

Kata Sayang, Cinta dan Romantis dalam Bahasa Turki selanjutnya adalah herşeyim yang berarti segalanya milikku atau segalaku. Dalam bahasa Inggris disebut my everything. Kata ini biasa digunakan untuk menyebut kekasih.

Tatlım

Kata tat sebenarnya artinya adalah rasa. Tatlı artinya manis, dan tatlım dengan tambahan m berarti manisku. Biasanya kata ini digunakan oleh seorang ibu untuk memanggil nama anaknya.

Balım

Bal artinya madu, dan tambahan m berarti maduku. I tanpa titik berarti dibaca e dalam kata kenang, balsem dan tenang. Kata ini dalam bahasa Inggris berarti my honey.

Bitanem 

Kata bitanem hampir mirip dengan bir yang artinya sama, yaitu satu. Bitanem artinya satu-satunya milikku atau dalam bahasa Inggris the only one.

Meleğim

Dibaca mele'im, dimana g disana hampir tidak dibaca. Artinya adalah malaikatku berasal dari kata melek. Kata ini Biasanya diucapkan untuk perempuan

Şekerım

dibaca Syeker yang berarti gula. Ditambah m berarti gulaku  atau manisku. kata inidiguankan untuk menyebut orang tersayang seperti anak. Tidak melulu diucapkan kepada kekasih.

Yavrum

Kata ini sebenarnya berarti anak hewan. Bagi kita orang Indonesia mungkin terdengar agak aneh. Namun panggilan sayang yavrum ini sangat populer di Turki. S

aya lebih sering mendengar nenek mengatakan yavrum kepada anak muda meskipun tidak saling kenal.

Saya memahaminya bahwa yavru itu adalah kata sayang karena anak hewan bagi orang Turki adalah simbol manis. Sehingga mereka menggunakan kata itu kepada orang yang dianggap manis atau sayang sebagaimana anak hewan yang manis.

Kata ini jarang diucapkan kepada pasangan kekasih. Lebih cocok diucapkan kakek nenek kepada cucunya.


Powered by Blogger.