Halloween party ideas 2015


Bagaimana cara menjadi seorang Siswa atau Murid yang berprestasi di sekolah?
Setiap murid dan siswa pasti mendambakan bisa menjadi seorang siswa yang berprestasi dan dapat nilai yang bagus di sekolah. Jika kamu termasuk murid yang seperti itu, berarti masa muda kamu terselamatkan. Karena kamu bakalan bersyukur mau berusaha untuk menjadi siswa yang berprestasi demi masa depan yang lebih cerah.

cara agar menjadi murid berprestasi di sekolah / focusonthefamily.ca

Mempersiapkan diri untuk sukses bukanlah hal yang mudah. Siapapun kamu, entah anak orang biasa atau orang kaya, kamu tetap harus berusaha belajar karena masa depan tiada yang tahu. Ada banyak hal yang dapat menghalangimu dalam menggapai kesuksesan.

Jadi, apa yang dapat kamu lakukan untuk mencapai tingkat kesuksesan yang kamu impikan? Jawabannya sangat sangat sederhana. Kamu harus berprestasi. Mengapa harus berprestasi? Ada banyak manfaat bagi siswa yang berprestasi di sekolah.

Beberapa manfaat Menjadi Murid Berprestasi:

1. Siswa Berprestasi Gampang Mendapatkan Karir Lebih Baik

Dengan menjadi siswa berprestasi kamu bakalan punya kesempatan yang lebih baik untuk dapat memperoleh karir. Prestasi kamu bakalan menjadi pertimbangan bagi perusahaan atau instansi tempat kamu hendak melamar kerja.

2. Murid Berprestasi Mudah Mendapatkan Beasiswa

Pernah dengar beasiswa siswa miskin prestasi? Semua beasiswa pasti menjaring siswa atau murid berprestasi. Alasannya sederhana, prestasi adalah bukti siswa punya skill dan punya kelebihan untuk bisa menyelesaikan pendidikan.

3. Murid Penuh Prestasi Pasti Membanggakan Orang Tua

Sudah saatnya kamu harus membanggakan orang tua dengan prestasimu. Orang tua tidak minta apa-apa darimu kecuali kesuksesan dan prestasi yang membanggakan.

Memulai Cara Menjadi Murid Berprestasi di Sekolah

Murid dan siswa yang berprestasi tinggi melihat sesuatu secara berbeda dari kebanyakan orang. Mereka lebih optimis dan cenderung bekerja dengan baik, bahkan di lingkungan yang penuh tekanan.
Masalah apapun bisa menjadi lebih mudah di atasi bagi siswa atau murid berprestasi karena mereka punya kreativitas dan daya lebih baik.

Menjadi murid atau siswa yang berprestasi tinggi bisa dijangkau jika kamu benar-benar punya niat untuk melakukan sesuatu yang hebat dalam hidupmu. Ingat hidup hanya sekali saja, kalau kita tidak bisa berbuat yang terbaik lalu apa manfaat hidup kan? Yang kamu butuhkan hanyalah sedikit panduan untuk memulai. Jika kamu melakukannya dengan tekun dan serius kamu akan segera menemui kehidupan yang bahagia dan memuaskan.

Kali ini kita akan membahas cara-cara, kiat maupun langkah-langkah menjadi siswa berprestasi.

1. Memulai Dengan Mencari Kesadaran

Salah satu hal yang bisa merubah diri seseorang adalah saat dia menemukan kesadaran. Kesadaran akan makna pada hidup yang ia jalani. Ketika seseorang mendapatkan makna dalam hidup, ia akan secara mudah untuk berusaha meraihnya. 
Temukan kesadaran dalam dirimu sendiri mengenai makna hidup. Merenunglah bahwa hidup itu sekali, kenapa tidak menjadi yang terbaik? Apakah kamu tidak punya cita-cita untuk menjadi orang yang berhasil kelak? Apakah ada jaminan hidup baik di masa mendatang? Studi menyebutkan bahwa orang gagal itu disebabka karena tidak punya makna hidup dan tidak punya kesadaran akan arti hidup.

Apalagi kalau kita dari keluarga kurang mampu, maka segera kita harus cepat sadar dan mendapatkan makna dari hidup. Apakah kamu tidak punya cita-cita sekolah setinggi langit? Sekolah di luar negeri? Pasti punya kan? Renungkan, sadarkan dirimu dan mulai melangkah.

2. Bangun Lebih Awal

Salah satu hal paling penting yang dapat kamu lakukan untuk diri sendiri agar menjadi siswa yang berprestasi adalah bangun lebih awal setiap pagi. Alasannya sederhana. Dengan bangun lebih pagi kamu bakalan bisa menemukan waktu yang tepat untuk belajar sebelum sekolah. Banyak siswa berprestasi bangun lebih pagi dan membuka pelajaran untuk melihat kembali pelajaran yang sudah dilalui dan mempersiapkan pelajaran yang akan dipelajari di sekolah.

Studi mengatakan bahwa siswa yang membaca materi pelajaran sebelum diajarkan punya pemahaman yang lebih baik. Bagaikan pondasi yang dibangun di rumah, lalu di sekolah dibuat bangunan kuat. Jadi mempelajari materi pelajaran sebelum diajarkan bisa membuat pemahaman lebih bagus.

Orang yang sangat sukses tidak banyak tidur. Mereka lebih suka menghabiskan waktunya untuk bekerja keras dalam rangka mencapai tujuan mereka. Bangun lebih awal memungkinkan kamu membuat waktu untuk diri sendiri agar bisa merenung dan bisa meningkatkan strategi untuk mencapai tujuanmu.

2, Sabar dan Tetap Gigih

Tahukah kamu bahwa ternyata sabar itu adalah kata dari bahasa Arab yang berarti tahan uji? Iya, sabar bukan berarti pasrah menerima keadaan apa adanya. Sabar itu artinya tahan terhadap segala kesulitan yang ada. Misalnya orang yang berpuasa disuruh sabar, berarti ia sabar dalam menahan godaan untuk makan minum dan segala hal yang bisa membatalkan puasa.

Begitu pula dalam hal berusaha agar menjadi murid berprestasi di sekolah. Kita bakalan perlu bersabar dalam mengerjakan tugas guru, mematuhi peraturan dan segala hal yang menjadi kebijakan sekolah.

Ingatlah bahwa kamu tidak akan meraih kesuksesan besar dalam waktu semalam. Kamu akan melihat hasilnya jika kamu bisa gigih dalam berjuang mendapatkan prestasi itu.

Kamu harus tahu bahwa memiliki kesabaran adalah hal yang bisa membantu mewujudkan kesuksesan dan prestasi. Kamu juga perlu memahami bahwa kadang-kadang membutuhkan waktu lama untuk melihat hasil kesuksesan secara nyata. 

3. Ketekunan Pasti Membuahkan Hasil

Kisah nyata. Seorang siswa sekolah menengah pertama memiliki nilai yang baik di semua mata pelajaran. Bahkan dirinya menjadi yang terbaik di sekolahnya. Beberapa kompetisi yang ia ikuti pun berhasil menghasilkan juara. Ketika di tanya mengenai prestasi-prestasi tersebut, dia menjelaskan.

Setiap bangun subuh dia menyempatkan untuk mempelajari materi pelajaran yang ia dapatkan di sekolah. Selain itu ia juga membaca materi yang akan dipelajari di sekolah. Setelah pulang sekolah ia pun mulai lagi untuk belajar sampai sore dan beristirahat. Lalu malam hari ia belajar lagi hingga jam tidur. 

Ia mengurangi waktu bermain untuk bisa meraih keberhasilan menadi murid berprestasi. Dan hasil ketekunan yang ia dapatkan pun tak sia-sia. Kalau ada yang tanya apakah tidak ada waktu bermain? Jawabannya ya, dikelas itu kan sama saja bermain karena bertemu dengan banyak teman. Bagi sebagian siswa, belajar bersama-sama itu sudah bisa menjadi hiburan.

4, Keluarlah dari Zona Nyaman, Jangan Jadi Yang Biasa-biasa

Jadilah sosok siswa yang baru yang telah melakukan perubahan dalam diri sendiri. Lakukan hal-hal yang memungkinkan kamu bisa memperluas wawasan seperti aktif dalam kegiata atau minat bakat lainnya. Semakin banyak kamu tahu tentang hal-hal yang tidak kamu ketahui sebelumnya, kamu akan menemui peningkatan prestasi yang signifikan..

Siapkan dirimu untuk berubah menjadi lebih baik secara konsisten.  Hidup bermakna adalah hidup dengan perubahan menjadi lebih baik. Siswa yang berprestasi juga melalui proses dimana dirinya mampu memperbaiki diri.

Dengan memperbanyak pergaulan serta ikut kegiatan tertentu, bisa jadi kamu menemukan minat bakatmu yang bisa membuat kamu berprestasi di bidang itu. Ingat, prestasi tidak melulu seluruh bidang. Satu bidang saja kamu tekuni dan kamu bisa berpresasi di dalamnya, itu sudah cukup bisa mengantarkanmu kepada keberhasilan yang bagus.

5. Buat Target untuk Bisa Menjadi Murid Berprestasi

Agar berhasil dalam hidup belajar dan menjadi siswa berprestasi, kamu perlu menetapkan tujuan yang nyata sebagai panduan untuk meraih keberhasilan. Kamu bisa menulis target berupa target harian, mingguan, bahkan tahunan yang nantinya akan kamu usahakan. kamu harus selalu menuliskan target dan tujuan kamu di suatu tempat di mana kamu akan selalu melihatnya. Setiap melihat kalimat itu kamu akan teringat dan selalu berusaha untuk meraihnya.

Kisah nyata dari saya sendiri, dulu ingin sekali meneruskan pendidikan di luar negeri. Mencari beasiswa adalah pilihan tepat karena tidak punya biaya mandiri. Lalu beberapa target saya tulis untuk kemudian diingat-ingat sebagai tujuan. Dan ternyata dengan berusaha maksimal, target itu pun dapat diraih dan sekarang bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri.

6. Menjadi Murid Berprestasi adalah Dengan Memperbaiki Kekurangan

Cara menjadi murid berprestasi di sekolah sangatlah mudah. Cukup tuliskan saja kelemahan atau kekuranganmu lalu coba perbaiki satu persatu. Misalnya kamu kurang lancar dalam materi berbahasa Inggris, temukan masalahnya dan perbaiki. 
Dengan memperbaiki semua kekurangan itu kamu akan menjadi siswa berprestasi karena otomatis kamu akan menjadi siswa yang baik.

7. Membuat Target yang Spesifik

Untuk menjadi siswa berprestasi, penting sekali untuk membuat target secara jelas dan singkat. Tujuannya adalah agar target tersebut selalu dapat diusahakan untuk berhasil secara nyata. Target yang keliru adalah dengan menulis, saya harus bisa lebih produktif minggu ini, atau saya akan rajin minggu ini.

Target yang spesifik dan jelas itu misalnya, hari ini saya harus paham rumus ini. Atau hari ini saya harus hafal mata pelajaran ini. Bisa juga hari ini saya harus bisa berpidato secara baik sebagaimana saran dari guru A, misalnya.

8. Buat Target yang Kemungkinan Bisa diraih

Berusah amenjadi murid berprestasi juga harus dengan performa semampunya dan meraih kemungkinan yang wajar saja. Tidak masalah kalau kamu memiliki tantangan, tetapi jangan pernah membuat target yang begitu banyak atau sulit sehingga tidak dapat dikerjakan semua. Misalnya ingin target semua mata pelajaran bisa dikuasai dalam waktu seminggu sehingga harus membaca 10 buku misalnya.

Ingat, kamu bisa menuliskan target yang prioritas di atas catatan. Misalnya bisa dimulai dari materi pelajaran yang penting namun dirimu masih lemah dalam bidang itu. Maka kamu bisa mencatat bab-babnya. Dari bab-bab itu kamu tulis poin yang harus kamu kuasai. Buat mindmap atau buat catatan seperti peta dalam satu halaman agar bab-bab yang banyak itu seakan kecil karena terlihat dalam satu halaman.


Powered by Blogger.