Halloween party ideas 2015


Anak-anak adalah aset masa depan. Merekalah para pewaris dan penentu bagaimana nasib sebuah bangsa kelak. Oleh karenanya, masyarakat diberbagai belahan negara manapun akan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak karena merekalah penentu masa depan bangsa. Anak-anak dengan pendidikan berkualitas akan menjadi pemuda yang gagah dan cerdas sehingga mampu memajukan bangsa. Presiden Soekarno mengatakan, “Beri Aku sepuluh pemuda maka aku akan menggemparkan dunia.”

Oleh karenanya, pendidikan anak sejak dini sangat penting untuk diperhatikan. Pepatah mengatakan, “Belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu. Belajar sesudah dewasa laksana mengukir di atas air. Walaupun sulit dan harus penuh kesabaran, mendidik anak adalah cara yang paling ampuh untuk menanamkan akhlak mulia dan kebiasaan-kebiasaan positif karena hal ini akan membekas hingga dewasa. Marilyn Jager Adams mengatakan, “Membacakan buku untuk anak merupakan satu aktivitas terpenting untuk membangun pengetahuan dan keterampilan yang mereka perlukan untuk belajar membaca.”
img pixabay.com
Mengajari anak untuk suka membaca sangat efektif jika dilakukan pada usia dini. Semakin dini semakin baik. Orang tualah yang memiliki peran penting dalam hal ini. Emilie Buchwald mengatakan, “Anak-anak disulap menjadi pembaca di pangkuan orang tua mereka.” Hal ini tidak lain adalah demi masa depan mereka dan masa depan bangsa. Jacqueline Kennedy mengatakan, “Ada banyak cara kecil untuk meluaskan dunia anak-anak. Cinta buku adalah yang terbaik dari segalanya.”

Buku dan bacaan bermanfaat bagi anak lebih penting dari apapun karena itu menyangkut masa depan anak. Bekal yang paling baik untuk anak adalah pengetahuan karenanya dengan ilmu itu segalanya bisa dicapai, daripada hanya sekedar harta yang bisa habis jika tidak dikelola dengan ilmu pengetahuan yang memadahi. Mirip ungkapan pepatah, “Beri aku ikan, maka aku akan hidup sehari. Beri aku pancing maka aku akan hidup selamanya.” Esther Meynell mengatakan, “Buku, bagi seorang anak yang membaca, lebih dari sekadar buku. Tetapi, ia merupakan impian sekaligus pengetahuan dan masa depan sekaligus masa silam.”

Dalam hal ini, kunci terpenting untuk menumbuhkan kegemaran membaca sejak dini ada pada orang tua. Merekalah yang memiliki tanggungjawab untuk mengarahkan, menanamkan kebiasaan positif dan membentuk anak menjadi pribadi pilihan. Setiap anak dilahirkan seperti kertas putih, dan orangtua-lah yang akan memutuskan apa yang akan ditulis di atas kertas tersebut. Sehingga tidak ada anak yang lebih berbahagia daripada anak yang selalu didampingi oleh ibunya dalam belajar. Strickland Gillilan mengatakan, “Kau mungkin punya harta tak berhingga tumpukan emas dan permata. Aku takkan pernah lebih kaya daripadamu tapi, aku punya ibu yang membacakan buku untukku.”

Lalu bagaimana metode untuk menanamkan konsep cinta membaca pada diri anak-anak? Dr. Laura Markham, seorang praktisi dunia anak memberikan beberapa tips kreatif agar anak gemar dalam membaca. Diantaranya adalah:

1) Bacakan bacaan untuk anak Anda sejak usia dini
2) Mulailah mengunjungi perpustakaan secara rutin
3) Bacakan sebuah bacaan untuk anak Anda sesering mungkin
4) Jangan berhenti membacakan bacaan kepadanya, bahkan setelah ia belajar membaca
5) Buatlah jam-jam membaca di rumah
6) Selalu dampingi dia hingga pada tingkat-tingkat kesulitan membaca untuk buku-buku tertentu
7) Batasi mainan yang mengganggu, seperti handphone, televisi, dan lain sebagainya.

Peter Corey, seorang pemerhati dunia dan pendidikan anak juga memberikan tips agar anak hobi membaca, yaitu:

1) Kegiatan membaca bersama lebih efektif bila dilakukan 10-15 menit setiap harinya.
2) Membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan, jadi hindari memaksakan anak untuk membaca saat si kecil lelah dikarenakan banyak kegiatan.
3) Setelah kegiatan membaca selesai, sebaiknya gunakan waktu untuk si kecil memberikan pendapat, kesan, ide tentang cerita tersebut.
4) Gunakanlah fasilitas yang mendukung cerita, seperti nikmati setiap gambar pada buku cerita tersebut.
5) Selalu memilih cerita yang sederhana, lucu dan menarik untuk anak.
6) Sederhanakanlah penggunaan kata-kata yang Anda ucapkan.
7) Jangan khawatir jika anak Anda ingin membaca buku yang sama setiap saat.
8) Berikanlah pujian kepada anak Anda yang telah berusaha untuk membaca.
9) Terakhir yang amat penting agar anak suka membaca ialah orangtua juga harus rajin membaca.

Kunci terpenting adalah bagaimana agar orang tua mampu menjadi teladan dalam membaca. Anak sangat mudah meniru. Jadi metode paling efektif dalam menanamkan kebiasaan membaca untuk anak adalah dengan memberikan teladan membaca kepada anak. Selalu iringi kegiatan anak setiap harinya dengan buku dan membaca, maka anak akan mencintai membaca dengan sendirinya. “Ada banyak cara kecil untuk meluaskan dunia anak-anak. Cinta buku adalah yang terbaik dari segalanya.” ˜Jacqueline Kennedy˜


Powered by Blogger.