Halloween party ideas 2015


Sekilas Mengenai Kuliner Turki-Budaya kuliner sebuah wilayah atau negara dibentuk sesuai dengan karakteristik dan geografis, ekologi serta ekonomi yang lazim pada wilayah tersebut.

Juga proses sejarah pun memainkan peran penting dalam perkembangan kuliner setempat.
Makanan Turki / hurriyetaile.com

Tentang Makanan Turki atau Kuliner Turki

Ketika kita berbicara mengenai masakan Turki, istilah tersebut harus dipahami sebagai totalitas makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh orang-orang yang tinggal di Turki.

Istilah kuliner Turki pun juga berkaitan dengan cara-cara mempersiapkan dan melestarikan masakan Turki, teknik dan peralatan yang diperlukan untuk memasaknya.

Pola menyantapnya juga  semua praktik dan kepercayaan yang berkembang dalam tradisi kuliner Turki pun tak luput untuk dibicarakan jika kita berdiskusi  tentang makanan Turki.

Kekayaan cita rasa yang dimiliki oleh masakan Turki itu karena beberapa faktor.

Secara singkat, kekayaan cita rasa kuliner Turki ini dihalsilkan karena secara geografis Turki terletak di tanah Eropa dan Asia dimana wilayah mayoritas adalah wilayah Asia Minor atau Anatolia.

Di tanah ini dalam sejarahnya terjadi interaksi berbagai budaya selama proses sejarah yang panjang.

Selera makanan yang dikembangkan di dapur istana Seljuk dan kekaisaran Ottoman semuanya berperan dalam membentuk budaya kuliner baru yaitu karakter budaya kuliner Turki.

Kultur Eropa pun juga berpengaruh pada kuliner Turki.
meja penuh maenu sarapan ala Turki - todieforchic.com

Masakan Turki pada umumnya terdiri dari hidangan berbumbu yang disiapkan dengan roti gandum, aneka sayuran dan beberapa jenis daging.

Juga ada sup, hidangan dingin yang dimasak dengan minyak zaitun dan hidangan kue. Hidangan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan liar juga menghasilkan serangkaian makanan kesehatan seperti pekmez, yogurt, bulgur dll.

Kebiasaan makan yang mencerminkan selera penduduk setempat berubah dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Beberapa jenis kuliner Turki memiliki arti baru dan menjadi simbil sakral yang erat hubungannya dengan acara-acara khusus, perayaan dan upacara.

Ada beberapa masakan yang dibuat pada waktu-waktu tertentu, misalnya dugun pilavi atau nasi pernikahan.

Nasi ini dibuat dengan campuran daging dan terkadang diberi kismis atau anggur kering manis. Dugun pilavi menggantikan roti yang biasa menjadi makanan orang Turki saat di hari pernikahan.

Masakan Turki, meskipun kaya akan variasi dan memiliki beragam rasa, juga termasuk dalam jenis makanan yang sehat dan seimbang serta ada juga masakan untuk para vegetarian.

Beragam Jenis Variasi Makanan Turki

Untuk mendapatkan gambaran tentang varietas makanan Turki berikut ini adalah jenis-jenis daftar makanan Turki:

Çorbalar

Artinya adalah ragam sup. Sup, umumnya disajikan sebelum hidangan utama, terutama di musim dingin.

Mezeler:

Meze adalah sejenis saus atau tampilannya mirip sambal namun tidak berasa pedas dan rasanya tergantung bahan dan jenisnya. Meze ini dibuat dari sayuran yang digiling namun tidak sampai lembut atau masih ada tekstur kasarnya. Sebagian besar disajikan dingin, makanan pembuka berbasis minyak zaitun. Meze menjadi salah satu bagian penting dari Makanan Turki.

Dolma & Sarma:

Sayuran isi atau daun gulung dengan isian nasi atau daging.

Salatalar

Salad berbagai jenis dari berbagai daerah.

Zeytinyağlılar:

Hidangan sayur minyak zaitun yang biasanya disajikan dingin.

Pilavlar:

Berarti beragam atau bermacam beras. Ada banyak jenis beras yang dikonsumsi masyarakat Turki seperti beras biasa atau beras Bulgur.

Etliler:

Hidangan daging kebanyakan dimasak dengan sayuran.

Börekler:

Kue isi atau gulung dengan isian daging, keju atau sayuran.

Pideler:

Jenis roti pipih dengan isian keju, sayuran atau daging.

Kebaplar:

Kebab berkisar dari kebab yang dimasak dalam panggangan atau daging tusuk.

Balık ve Deniz Ürünleri:

yaitu ragam jenis kuliner Turki yang berasal dari laut misalnya Ikan dan makanan laut lainnya seperti udang dan cumi-cumi. Sebenarnya untuk makanan laut di Turki tidak terlalu beragam seperti di Indonesia karena bisa jadi disebabkan kultur yang tak terlalu familiar dengan ikan. 

Keyakinan agama pun juga turut berpengaruh, dimana orang Turki yang mayoritas bermazhab Hanafi tidak mengonsumsi ikan laut kecuali ikan yang biasa dikenal seperti salmon dan sejenisnya. Untuk kepiting dan udang mereka mayoritas tidak mengonsumsinya. 

Faktor wilayah pun juga berpengaruh dimana laut sekitar Turki tidak memproduksi hasil yang melimpah dan variatif sebagaimana laut di Indonesia.

Tatlılar:

Makanan penutup atau dessert yang berkisar dari rasa berbasis susu hingga baklava seperti kue kering. Bisa dibilang makanan manis Turki ini termasuk kuliner Turki yang rasanya mantap jiwa.

Untuk lebih lengkpanya mengenai manisan atau dessert makanan penutup Turki ini anda bisa membaca Makanan Penutup Turki Paling Lezat | Ragam Dessert Kuliner Turki

Minuman Turki

Minuman Turki juga memiliki variasi yang beraneka ragam dan biasanya mudah ditemukan dimana-mana di daerah Turki. Jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah teh dan kopi.

negara Turki adalah negara dengan konsumsi teh terbesar di dunia. Untuk lebih lengkapnya mengenai minuman Turki anda bisa membaca Ragam Minuman Khas Turki


Powered by Blogger.