Halloween party ideas 2015


Halo semuanya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini saya memposting tentang Contoh Pidato Tentang Keutamaan Mencari Ilmu. Contoh pidato ini bisa anda gunakan untuk berpidato pada acara di sekolah atau di pondok pesantren dan juga bisa ditambahi dengan materi kreasi sendiri.
img pixabay.com


Contoh Pidato Tentang Keutamaan Mencari Ilmu

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh,
الحمد لله الذي ارسل رسوله بالهدي و الدين الحق ليظهره علي الدين كله و لو كره المشركون. اشهد ان لا اله الا الله و اشهد ان سيدنا محمدا عبده و رسوله. اللهم صل علي سيدنا و حببنا و قرة اعيننا محمد صل الله عليه و سلم و علي اله و صحبه و من تبعه الي يوم الدين. اما بعد.
Segala Puja dan Puji Syukur Kehadirat Ilahi Rabbi yang telah menjadikan Nabi Adam dan anak turunnya sebagai penciptaan yang paling baik. Yang telah mengajarkan ilmu kepada manusia dengan perantara qalam.
Lautan shalawat dan samudera salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW., yang telah mengajarkan kita jalan yang lurus dan memberantas kebodohan sehingga jelaslah mana hal baik yang harus dilaksanakan dan mana hal buruk yang harus ditinggalkan.

Hadirin-hadirat rakhimakumullah.
Allah SWT., berfirman di dalam al-Quran,
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم.
Artinya: “dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”(Q.S. Al-Dzariyat: ayat 56).

Ayat diatas menerangkan bahwa manusia dan jin itu diciptakan tidak lain adalah hanya untuk menyembah kepada Allah SWT. Menyembah dengan melaksanakan segala perintah yang diwajibkan Allah SWT., dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya itu adalah wajib. Termasuk di dalamnya adalah cara untuk mengetahui apa saja yang dilarang dan apa saja yang diwajibkan adalah wajib pula. Disinilah manusia dituntut untuk mempunyai ilmu dan pengetahuan. Tujuannya adalah dalam rangka beribadah kepada Allah itu sendiri.

Islam adalah agama yang menuntut pemeluknya untuk memiliki ilmu pengetahuan. Di dalam al-Quran dan hadis, banyak term-term yang menyatakan tentang keutamaan ilmu itu sendiri. Ayat pertama yang turun yaitu iqra’merupakan perintah kepada Nabi untuk membaca. Membaca disini oleh para mufassir dimaknai sebagai membaca ayat Allah berupa al-Quran dan membaca segala apa saja yang dapat dibaca.
Mengapa membaca? Jendela ilmu pengetahuan adalah dengan membaca. Membaca buku membuat orang tahu akan ilmu pengetahuan. Membaca alam memunculkan ilmu-ilmu baru dan berbagai teori yang berkembang dalam dunia ilmu pengetahuan. Issac Newton mampu menemukan teori gravitasi karena membaca alam, yaitu peristiwa buah apel yang jatuh ketanah karena tarikan bumi. Perbedaan Negara maju dengan Negara terbelakang dapat ditandai dengan kualitas dan kuantitas kegiatan baca. Masyarakat maju mempunyai kapasitas membaca lebih tinggi daripada masyarakat terbelakang.

Hadirin-hadirat yang dimuliakan Allah SWT.
Oleh karenanya, penting bagi kita umat islam untuk selalu dan selalu menuntut segala ilmu. Menuntut ilmu tak pandang usia dan tak ada kata berhenti menuntut ilmu. Menuntut ilmu terus-menerus dikerjakan mulai saat berada pada buaian ibu sampai berada di liang lahad. Menuntut ilmu juga tak pandang jauh maupun dekat. Nabi menyatakan bahwa tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina. Dimanapun umat islam itu berada, ia tetap diharuskan untuk menuntut ilmu demi kebaikan diri sendiri dan islam.

Pada zaman sekarang ini banyak sekali orang pintar tetapi malah membuat kerusakan dengan melakukan korupsi dan lain sebagainya. Mereka orang pintar? Ya mereka pintar. Akan tetapi ada yang kurang dalam diri mereka yaitu akhlak. Jadi, kepandaian harus dibarengi dengan akhlak. Akhlak akan mengatur setiap gerak-gerik dan perilaku seseorang. Walaupun toh seseorang memiliki kepandaian setinggi langit, tetapi kalau tidak dibarengi dengan akhlak yang baik maka ia bukan malah dapat membawa negara kita kepada kehidupan lebih baik tetapi malahan membuat huru-hara disana-sini.

Hadirin-hadirat yang dimuliakan Allah SWT.
Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mari kita tingkatkan ghirah dan semangat kita dalam menuntut ilmu agar kita mampu menempuh dan mencapaik kehidupan yang sejahtera baik di dunia maupun diakhirat kelak amin yarabbal alamin.
Wabillahittaufiq wal hidayyah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah Contoh Pidato Tentang Keutamaan Mencari Ilmu. Semoga bermanfaat.


Powered by Blogger.