Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Hindari Permusuhan

عَنِ الزُّبَيْرِ أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: دَبَّ إِلَيْكُمْ دَاءُ الأُمَمِ قَبْلَكُمْ: الْحَسَدُ وَالْبَغْضَاءُ، هِيَ الْحَالِقَةُ، لا أَقُولُ تَحْلِقُ الشَّعْرَ، وَلَكِنْ تَحْلِقُ الدِّينَ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلا تَؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَلا أُنَبِّئُكُمْ بِمَا يُثْبِتُ ذَلِكُمْ: أَفْشُوا السَّلامَ بَيْنَكُمْ.
Disabdakan oleh Rasulullah Sallallahu’alaihi wa Sallam: “Penyakit umat sebelum kamu telah menular kepada kamu; yaitu hasad dengki dan permusuhan. Permusuhan tersebut ialah pengikis atau pencukur, Saya tidak maksudkan ia mencukur rambut, tetapi (yang saya maksudkan) ialah ia mengikis agama.” (HR. Baihaqi).
Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Hindari Permusuhan / pixabay.com
Permusuhan hanya akan menimbulkan perpecahan kesatuan umat. Jika umat sudah terpecah belah, maka ia akan lemah dalam menghadapi persaingan dengan bangsa lain. Rasulullah Saw. telah berpesan, “Janganlah kalian saling membenci, saling dengki, dan saling membelakangi (memusuhi)! Tetapi, jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim tidak boleh memutuskan hubungan dengan saudaranya sesama muslim lebih dari tiga hari.” (HR. Muslim). Martin Luther King mengatakan, “Kita mesti hidup bersama sebagai saudara atau punah bersama sebagai orang-orang bodoh.”

Hindarilah permusuhan, karena permusuhan itu menimbulkan banyak kerugian dan menghalangi keberhasilan. Syetan berusaha dengan beragam cara agar manusia saling bermusuhan dan terpecah belah, sebagaimana yang mereka lakukan melalui media khamr. Allah Swt. berfirman, “Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” (Qs. Al-Maidah 5: Ayat 91).[]



Powered by Blogger.