Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Selalu Positif Thinking

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ اَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلَاتَجَسَّسُوْا وَلَاتَنَافَسُوْا وَلَاتَحَاسَدُوْا وَلَاتَبَاغَضُوْا وَلَاتَدَابَرُوْا وَكُوْنُوْا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا
Dari Abu Hurairah, ia berkata: “Rasulullah Saw. bersabda, ‘Jauhilah oleh kalian sangkaan, karena sangkaan adalah perkataan yang paling dusta. Janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain, janganlah kalian menyelidiki kesalahan orang lain, janganlah kalian bersaing ketat (dengan cara negatif), janganlah kalian iri hati, janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling bermusuh-musuhan, dan hendaklah kalian menjadi hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Bukhari).
Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Selalu Positif Thinking / img pexels.com
Jauhilah prasangka yang buruk, karena banyaknya prasangka adalah termasuk dari dosa. Allah Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Hujarat 49: Ayat 12).

Orang yang banyak memiliki prasangka buruk selalu dihantui masalah yang sebenarnya masalah itu tidak ada. Masalah yang ada dipikiran dan benaknya itu tidak lain muncul karena pikirannya sendiri. Ia menciptakan masalah yang sebenarnya tidak ia temukan di dunia nyata. Dirinya pun merasa terancam. Hilanglah rasa percaya diri dan harapan untuk meraih target yang telah dirancang. Ketenteraman batinnya pun terganggu sehingga dalam kehidupan ia tidak bisa memfokuskan diri dalam setiap kegiatan.

Perilaku manusia sangat dipengaruhi oleh cara ia berpikir. Oleh karenanya para pakar menganjurkan agar setiap manusia yang ingin mendapatkan kesuksesan selalul berpikir sukses. Zig Ziglar mengatakan, “Berpikir positif akan membuatmu melakukan segalanya dengan lebih baik daripada dengan cara berpikir negatif.” Kata bijak mengatakan, “Jangan mengeluh, menyalahkan atau mengkritik siapapun atau apapun, sebab itu tidak akan mengubah apapun. Jadilah positif, sebab itu akan mengubah Anda.”[]


Powered by Blogger.