Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Hindari Kemunafikan

عَنْ أَبِِ ىُرَيْػرَةَ أَفَّ رَسُوؿَ اللَّوِ صَلَّى اللَّوُ عَلَيْوِ وَسَلَّمَ قَاؿَ آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ
وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتَُِنَ خَافَ
Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah Saw. bersabda: “Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, yaitu; jika berbicara berdusta, jika berjanji mengingkari dan jika dipercaya berkhianat.” (HR. Bukhari).
Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Hindari Kemunafikan

Sifat munafik adalah sifat tercela yang hanya dimiliki oleh orang-orang yang tidak konsisten dalam pendirian. Seseorang yang munafik tidak memiliki jati diri, dan ia bisa sewaktu-waktu merubah kecenderungan pribadinya menyesuaikan siapa yang ia pergauli. Munafik biasa disebut dengan bermuka dua, yaitu orang-orang yang hati dan perbuatannya cenderung bertolak belakang. Allah Swt. menyebutkan tingkah laku orang-orang munafik dalam firman-Nya, “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (Qs. Al-Nisa‟ 4: Ayat 142).

Merekalah orang-orang yang akan mewarisi neraka sebagai tempat tinggal. Allah Swt. berfirman, “Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih,” (Qs. Al-Nisa‟ 4: Ayat 138). Sifat munafik dan bohong mampu menghancurkan kepercayaan yang telah terbangun kuat selama beberapa tahun lamanya hanya dalam waktu sekejap. Bagaikan air hujan sehari yang mampu menghapus kemarau selama bertahun-tahun. Warren Buffett mengatakan, “Memerlukan masa 20 tahun untuk membangun reputasi, tetapi hanya memerlukan 5 menit untuk menghancurkannya. Jika Anda sadar akan hal itu, Anda dapat melakukan segala sesuatu dengan cara yang berbeda.”

Munafik adalah sifat yang membuat orang akan gagal dalam berusaha di kehidupan sehar-hari, baik dalam hal bekerja maupun belajar. Kemunafikan akan mendatangkan rasa permusuhan dan ketidak senangan, baik dari anggota tim, rekan kerja atau rekan belajar. Munafik itu hampir mirip dengan sifat pembohong, dimana ia berusaha untuk menyembunyikan sesuatu dan menampilkan kebohongan sebagai sebuah kebenaran.

Munafik bisa membuat relasi tidak memiliki kepercayaan kepada orang yang munafik tersebut. Hal ini disebabkan karena seseorang yang munafik akan banyak berdusta dan berbohong akan segala janji yang ia ucapkan. Jika ia dipercaya maka kepercayaan tersebut akan ia khianati sendiri. Jika ia berbicara, maka yang dibicarakan ituu tidak lain adalah sebuah kebohongan.[]


Powered by Blogger.