Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Gapai Nikmat Allah Dengan Sedekah

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ اللَّهُ أَنْفِقْ يَا ابْنَ آدَمَ أُنْفِقْ عَلَيْكَ
Dari Abu Hurairah Ra. Rasulullah Saw. bersabda bahwa Allah berfirman, “Hai manusia berinfaklah! Niscaya Aku akan berinfak kepadamu.” (HR. Bukhari).
img pixabay.com
Secara konkrit dan matematis, harta yang disedekahkan pasti akan berkurang. Tetapi ini tidak berlaku bagi matematika Allah Swt. karena sebagian harta yang disedekahkan tidaklah berkurang, sebaliknya, harta itu malah bertambah berkali-kali lipatnya. Inilah ujian bagi manusia untuk meyakini ajaran Allah tentang sedekah ini. Hanya hati yang ikhlas dan tidak dikuasai oleh hartalah yang mampu melaksanakannya. Sebaliknya, hati yang dikuasai oleh harta pasti akan ingkar terhadap konsep sedekah.

Yakinlah bahwa sedekah yang kita keluarkan tidaklah kemana-mana. Allah pasti akan mengganti dengan berkali lipat. Allah Swt. berfirman, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.” (Qs. Al-Baqarah 2: Ayat 261). Banyak sekali pengalaman orang yang sukses karena menggunakan kunci sedekah. Ibu Sumarti, pengusaha sukses di bidang mebel Banjarnegara ini memiliki pengalaman meniti kesuksesan dengan berusaha maksimal dibarengi doa dan sedekah terus-menerus. Akhirnya kesuksesan pun dicapainya. Bapak Supriyanto yang sukses menjalankan bisnis omset sekitar 70 juta perbulan ini juga mengakui bahwa kunci suksesnya adalah sedekah. Penulis sendiri juga seringkali merasakan keajaiban sedekah. Bukankah suatu yang mengejutkan, dimana saat sore hari penulis memberi uang seorang anak tanpa ibu sebesar Rp. 2000 ternyata esok pagi dalam rekening ada uang masuk sebesar Rp. 2.500.000.

Orang yang ikhlas bersedekah akan merasakan dada yang lapang dan hati yang bahagia. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari). Inilah salah satu kunci kesuksesan. Tingal bagaimana kita mampu melaksanakannya.

Banyak orang telah membuktikan mengenai sedekah yang bisa mendatangkan nikmat luarbiasa yang seakan tanpa jalan yang diduga-duga. Hal ini memang berkaitan dengan matematika Allah yang memang tidak masuk akal manusia. Oleh karenanya, yang terpenting bagi kita adalah tetap percaya kepada ketentuan Allah dan menjalankannya dengan mengharap hikmah yang besar dibaliknya.[]


Powered by Blogger.