Halloween party ideas 2015


Kuliah di luar negeri memang menjadi impian banyak pelajar dan mahasiswa, karena dengan sekolah ke luar negeri maka manfaat mendapatkan pengalaman global lebih terbuka.

Dengan studi atau kuliah di luar negeri, maka mahasiswa dan pelajar akan dapat kesempatan mempelajari pengalaman baru di negara asing tersebut.

Mereka juga bisa dapat kesempatan untuk mendapatkan pengalaman hidup dalam kultur yang berbeda. Berikut ini adalah 10 manfaat dan keuntungan kuliah atau studi di luar negeri.
Add caption

Manfaat dan Keuntungan Yang Bakalan Kamu Dapat Saat Kuliah Di Luar Negeri

1. Matamu Terbuka Melihat Dunia

Alasan terbesar mengapa  kamu harus mempertimbangkan untuk mengikuti program studi di luar negeri adalah kesempatan untuk melihat dunia lebih luas.

Dengan melanjutkan belajar di luar negeri, kamu bakalan merasakan asyiknya menjadi warga di negara baru. Tentunya kamu bakalan menemukan beragam pemandangan, kultur, dan aktivitas baru yang luar biasa.

Kamu jelas tidak akan meninggalkan kesempatan untuk melihat beragam pemandangan yang baru, keajaiban alam, museum, dan landmark negara tujuan.

Yang lebih mengasyikkan lagi adalah, selain bisa mengunjungi beragam tempat indah di luar negeri, kamu bisa melihat negara-negara tetangga.

Biasanya negar tetangga bisa dijangkau dengan mudah. Apalagi kalau belajarnya di Eropa misalnya Prancis, kamu akan memiliki banyak kesempatanuntuk melakukan perjalanan melalui berbagai bagian Eropa termasuk London, Italia, Spanyol, Jerman dll.

Biasanya akan ada perkumpulan pelajar yang melaksanakan perjalanan keliling negara tetangga. Mantap kan.

2. Pengalaman Pendidikan Yang Baru 

Alasan lain yang mungkin kamu pertimbangkan untuk belajar di luar negeri adalah kesempatan untuk mengalami model pendidikan yang berbeda.

Dengan mendaftar program studi di luar negeri, kamu bakalan bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat sisi jurusan atau bidang pendidikan yang diajarkan dengan metode berbeda.

Baca Juga: Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Sekolah Gratis Dalam dan Luar Negeri Bagi Mahasiswa Nilai Pas-pasan

3. Nikmati Budaya Baru

Tentu saja menjadi pelajar internasional akan menjadikan kamu mau tidak mau akan bergesekan dengan budaya lokal. Paling tidak adalah bahasa, makanan, dan kegiatan-kegiatan masyarakat lokal.
Makan Popeye di Ankara Turki
Banyak pelajar yang memilih untuk belajar di luar negeri karena penasaran dengan budaya baru negara tujuan. Kamu bakalan menyadari mengenai cara hidup yang sama sekali baru.

Namun bisa jadi budaya kamu bakalan membuat kamu kesulitan untuk beradaptasi. Sering dibutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan budaya baru, bahasa baru, orang baru, dan lingkungan baru.

4. Asah Kemampuan Bahasa Negara Tujuan

Jika kamu berencana untuk belajar di luar negeri, salah satu pengalaman menarik dalam hidupmu adalah kesempatan untuk belajar bahasa asing.

Belajar di luar negeri memberi kamu kesempatan untuk sepenuhnya fokus dalam bahasa baru.

Belajar dengan cara tersebut akan lebih efektif karena tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar selain praktek langsung dengan orang lokal.

5. Peluang Karir

Ketika kamu menyelesaikan program studi di luar negeri dan kembali ke rumah, kamu akan kembali dengan membawa perspektif baru tentang budaya, keterampilan bahasa, dan pengalaman pendidikan yang bagus.

Pengalaman ini jelas akan membuat kamu punya nilai lebih dan bagus untuk membuka peluang karir.

Baca: Tips dan Pengalaman Persiapan Kuliah di Luar Negeri

6. Menemukan Minat, Bakat atau Skill Baru

Jika kamu masih mempertanyakan mengapa belajar di luar negeri, kamu harus tahu bahwa belajar di negara lain menawarkan banyak kegiatan dan minat baru yang mungkin tidak akan pernah kamu temukan jika kamu tinggal di rumah.

Kamu mungkin menemukan dan menyadari bahwa ternyata kamu memiliki bakat yang belum ditemukan.

Dan kamu bisa jadi akan menemukan bakat dan skill baru saat mengikuti kegiatan di luar negeri.

Misalnya saja hiking, olahraga air, ski salju, atau beragam olahraga yang mungkin belum pernah kamu coba di rumah.

Baca Juga: Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Sekolah Gratis Dalam dan Luar Negeri Bagi Mahasiswa Nilai Pas-pasan

7. Bertemu Teman Internasional

Salah satu manfaat terbesar belajar di luar negeri adalah kesempatan untuk bertemu teman baru yang berasal dari berbagai latar belakang kultur yang berbeda.

Saat belajar di luar negeri, kamu akan bersekolah dan tinggal bersama siswa dari negara berbeda.

Ini bisa memberi kamu kesempatan untuk benar-benar mengenal dan menciptakan hubungan yang bagus dengan mahasiwa asing.

Setelah program belajar di luar negeri selesai, usahakan untuk tetap berhubungan dengan teman-teman internasionalmu.

Selain menjalin hubungan pribadi, teman-teman ini juga bisa menjadi relasi penting di kemudian hari.

8. Pengembangan Pribadi Mandiri

Kamu mungkin bakalan mendapati bahwa belajar di luar negeri akan benar-benar melatih kemandirianmu.

Mahasiswa yang belajar di luar negeri menjadi penjelajah negara baru dan benar-benar menemukan kegembiraan yang luar biasa.

Masalah atau kesulitan apapun yang datang akan membuat dirimu mengalami perkembangan pribadi yang mandiri secara baik karena kamu bakalan jauh dari orang tua maupun kerabat.

9. Pengalaman Hidup

Kenapa jauh-jauh kuliah di luar negeri? Bagi sebagian besar pelajar yang masih berumur muda, saat ini mungkin satu-satunya kesempatan mereka untuk bepergian ke luar negeri dalam jangka waktu yang lama.

Bagi pelajar muda, kuliah di luar negeri merupakan kesempatan bagus untuk mendapatkan pengalaman baru karena fisik yang masih bagus.

Dengan kuliah di luar negeri, kamu bisa menemukan pekerjaan dan karier yang lebih baik. Bisa jadi saat ini adalah kesempatan terakhir kamu untuk bisa belajar dan merasakan hidup di luar negeri.

Jika ada peluang belajar ke luar negeri, segera ambil kesempatan ini untuk berkeliling dan melihat dunia. Ayo belajar tentang budaya baru yang kaya. Belajar di luar negeri adalah pengalaman yang berbeda dari yang lain yang harus kamu usahakan.

Itulah beberapa Manfaat dan Keuntungan Yang Bakalan Kamu Dapat Saat Kuliah Di Luar Negeri. Pada kesempatan lain akan saya tambahkan lagi jika ada kesempatan.

Sudah punya niatan kuliah ke luar negeri dan sedang persiapan? Baca: Tips dan Pengalaman Persiapan Kuliah di Luar Negeri


Powered by Blogger.