Halloween party ideas 2015


Nama lengkapnya adalah  أبو بكر محمد بن عبد الله بن إبراهيم بن عبدوَيْه البغدادي الشافعي البزَّاز Abu Bakar Muhammad b. Abdillah b. Ibrahim b. Abdawaih al-Baghdadi al-Shafi'i  al-Bazzaz  (wafat 354/965). Beliau dilahirkan pada tahun 260 (873) di kota Jabbül dekat Tigris. Dikabarkan bahwa beliau menerima julukan Bazzâz  karena bekerja sebagai pedagang pakaian. 
Gambar Ilustrasi / rojname.com

Belajar Hadis Sejak Kecil

Pada usia enam belas Abu Bakar mulai belajar hadis. Mengunjungi pusat-pusat ilmu pengetahuan seperti Mesir, Damaskus, Jazirah, dan belajar kepada para guru terkenal seperti Abu Kilâba ar-Rakāşî, Muhammad b. Maslama, Haris b. Abu Ussa, Ibn Abu al-Dunya, Abu Muslim al-Kajji, Abdullah b. Ahmed b. Hanbal dll. Dia mengambil pelajaran dari guru-guru yang terkemuka tersebut.

Tinggal di Baghdad dan Mengajar Hadis

Abu Bakar al-Syafii kemudian menetap di Baghdad dan mulai mengajar hadis. Ketika para kelompok Buwaih melarang para ulama untuk berbicara tentang para sahabat, Abu Bakar al-Shafi seakan mengabaikan terhadap larangan ini dan tetap memberikan pelajaran kepada murid-muridnya di masjid.

Selama hidupnya selama bertahun-tahun, Abu Bakar al-Syafii berkumpul bersama murid-muridnya yang penuh sesak. Dârukutnî menyatakan bahwa tidak ada seorang pun yang lebih dapat diandalkan di antara muhaddis di zamannya selain dia. Sementara Zehebi menyatakan bahwa ia memiliki hujjah yang kuat dalam hadits.

Abu Bakar al-Shafi'i meninggal di Baghdad pada tahun 354 (Desember 965). Selama hidupnya ia telah pergi ke berbagai kota untuk kepentingan perdagangan juga studi ilmiahnya. Dia dimakamkan di dekat makam Imam Hanbal.

Karya Abu Bakar al-Syafii

Karya-karya Abu Bakar al-Syafi'i yang bisa dinikmati dan dipelajari hingga saat ini adalah sebagai berikut: Al-Fawâwid. Berisi hadis-hadis yang diriwayatkan dari gurunya dan terdiri dari sebelas juz.


Powered by Blogger.