Halloween party ideas 2015


Kopi Turki

Kalau berbicara tentang kopi, bagi pecinta kopi pasti bikin cenut-cenut. Pasalnya kopi adalah kopi ternikmat yang pernah ditemukan oleh manusia. Siapa yang menyangkal ini coba?

Dari sekian banyak jenis kopi, salah satu yang terkenal sebagai kopi yang sangat lezat dan nikmat adalah kopi Turki. Anda yang mengaku pecinta kopi pasti pernah mendengar kelezatan kopi ini.

Kalau anda belum pernah dengar, atau baru dengar pertamakali ini berarti ngopimu kurang jauh, hehehe.

Legenda kopi Turki dalam sejarahnya sudah tak asing lagi bagi masyarakat pecinta kopi dari belahan dunia manapun.

Ketika diucapkan kata kopi Turki, para pecinta kopi pasti bisa membayangkan secangkir kopi yang dibuat dengan wadah tembaga yang bagian bawahnya melebar dengan gagang panjang ini.
Add caption
Kelezatan kopi ini pun melegenda. Konon kopi ini menjadi jamuan para bangsawan Eropa yang mengunjungi kerajaan Turki.

Cara Membuat Kopi Turki

Berikut ini adalah cara untuk membuat kopi Turki:

Siapkan air putih, kopi Turki, cezve (pot lebar bawah khusus, biasanya terbuat dari tembaga), cangkir kopi Turki, dan gula.

Untuk membuat kopi khas Turki, orang Turki biasanya menggunakan air dingin yang disaring. Untuk mengukur jumlah air untuk setiap cangkir, gunakan cangkir kopi yang akan Anda gunakan untuk menakar.

Aturan praktis untuk takran kopi biasanya 1 ½ gelas air per cangkir kopi.

Kopi Turki jauh lebih halus daripada kopi biasa. Saat ini, Anda dapat menemukan Kopi Turki di sebagian besar supermarket Timur Tengah atau toko Mediterania. Kurukahveci Mehmet Efendi adalah salah satu merek kopi Turki terpopuler.

Untuk setiap cangkir kopi, bisa dimasukkan satu sendok kopi bubuk. Jika tamu yang datang lebih suka kopi mereka dengan gula, tambahkan gula di awal, aduk campuran sampai digabungkan.
Perlahan didihkan dengan api sedang.

Proses memasak kopi Turki akan memakan waktu sekitar 3-4 menit, jadi awasi terus. Saat kopi panas, Anda akan melihat busa gelap menumpuk. Busa gelap ini sangat penting. Merupakan kebiasaan bagi kultur turki untuk menyajikan kopi Turki dengan busa di atasnya.

Saat kopi mendidih, tuangkan ke dalam cangkir kopi lalu sajikan.

Cara menyajikan kopi Turki:

Kopi Turki selalu disajikan dengan air putih yang disediakan dalam gelas kecil. Hal ini karena seteguk air putih akan memungkinkan orang untuk membersihkan mulutnya sebelum minum kopi untuk mendapatkan rasa terbaik.

Selain air, kebanyakan orang suka menyajikannya dengan suguhan manis\n kecil seperti Turkish Delight, cokelat, permen, dll.

Ketika menyajikan kopi Turki, penting diingat untuk memulai dengan tamu yang paling tua dahulu. Hal ini merupakan tanda penghormatan untuk mengakui usia mereka dan dianggap tidak sopan kalau tidak mendahulukan yang tua dahulu.

Karena kopi Turki jauh lebih padat daripada kopi yang disaring, biasanya tidak lazim kalau minum lebih dari satu cangkir.

Beberapa orang juga menambahkan susu atau krim ke Kopi Turki mereka, tetapi jujur ​​saja, saya belum pernah melihat orang di Turki menambahkan susu atau krim ke kopi Turki mereka.


Powered by Blogger.