Halloween party ideas 2015


Siapapun yang pernah mondok atau nyantri di pesantren pasti tidak asing dengan nama Imrithi. Nama ini disebutkan untuk nama kitab Nadham yang biasa juga disebut dengan Nadham Imrithi.

Juga bisa disebut dengan  Nadzham Jurumiyah karena berisi ilmu atau keterangan dari Nadham Jurumiyah.

Nadham Imrithi sendiri adalah kitab syair yang berisi penjelasan tentang Ilmu Nahwu atau ilmu tatabahasa Arab.

Nama dan Biografi Pengarang Kitab Nadham Imrithi Syeikh Syarafuddin Yahya Al-Imrithi
Kali ini kita akan membahas tentang biografi Syekh Syarafuddin Yahya al-Imrithi atau pengarang nadham Imrithi.

Biografi Syeikh Yahya Imrithi

Nama lengkapnya adalah Yahya bin Nuruddin bin Musa bin Ramadhan bin Umaiarah Syarafuddin al-Imrithi.

Beliau dikenal sebagai seseorang yang fakih (mendalam ilmu fikihnya), Ushuli (pakar ilmu ushul), nadhim (pengarang nadham), Syafii (bermazhab syafii).

Beliau adalah ulama yang berasal dari desa Imrithi, sebuah tempat yang terletak di timur Mesir.

Kata Imrithi, dalam penyebutannya juga disebut dengan Amrithi dengan fathah di huruf ain sebagaimana yang masyhur dikenal, atau dengan kasroh Imrithi sebagaimana ditetapkan oleh al-Zubaidi dalam Tajul Arus min Jawahiril Qamus, merupakan wilayahnya Syeikh Zakariya al-Anshari Ra.

Beliau juga mendapatkan julukan Guru Besar, Yang Sangat Berilmu, Memiliki Keutamaan, sosok yang shalih, yang mendalam ketakwaannya dan sikap wirainya, juga memiliki pemahaman yang mendalam, serta sosok yang memberi nasehat.

Karya Syeikh Yahya Imrithi

Sarafuddin Yahya Imrithi selain dikenal dengan karya masyhurnya, Nadham Imrithi, juga dikenal sebagai ulama yang produktif.

Beberapa karya lainnya adalah: Tashilutturuqat fi Nadzmil Waraqat li Imam al-Haramain fi al-Ushul, Durratul Bahiyyah, Nadham Tahrir fi al-Fiqh, Nihayatuttadbir fi Nadhmi Gayatuttaqrib li Abi Syuja.

Beliau wafat pada tahun 890 H atau 1485 M. Namun pendapat lain mengatakan bahwa beliau wafat pada tahun 998 H atau 1580 M.


Powered by Blogger.