Halloween party ideas 2015


Jika anda berkunjung ke Turki maka wajib hukumnya untuk mencicipi makanan khas Turki yang rasanya menggoda dan unik. Makanan khas Turki secara kultur dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia, sehingga makanan khas Turki pun unik.

Kali ini saya menyuguhkan informasi mengenai makanan khas Turki secara lengkap dengan beragam variannya, baik olahan dari sayur, daging, juga makanan-makanan yang diolah dengan teknik-teknik tertentu.

Selama hampir 3 tahun tinggal di Turki ini, penulis telah mencicipi beragam makanan khas Turki, juga beragam jenis-jenisnya. Dalam tulisan berikut ini penulis mencoba untuk mengulas ragam masakan khas Turki serta bagaimana lezatnya menurut lidah Indonesia pada beberapa makanan khas Turki.

Daftar Makanan Khas Turki Lengkap

Karena jenisnya sangat banyak, untuk daftar makanan khas Turki ini, akan saya kategorikan ke dalam makanan berat, ringan, dan manisan. Makanan berat didominasi oleh masakan daging, roti, nasi, dan sayur mayur yang diolah dengan teknik panggang, oven, goreng, bahkan mentah.

Makanan Khas Turki Kategori Menu Utama

Berikut ini adalah daftar makanan khas Turki lengkap yang lezat yang termasuk menu utama:

1. Adana Kebab Khas Turki

Kebab adalah makanan olahan daging yang dimasak dengan cara dipanggang pada bara api. Bara api bisa berasal dari arang atau bara dari kayu. Meskipun demikian, ada juga sistem masak kebab modern yang menggunakan alat listrik.
img / pexels.com

Konon ada sekitar 155 jenis kebab sebagai olahan khas Turki. Jangan salah ya, kalau di Indonesia yang berputar itu termasuk jenis kebab, namun disebut döner karena berputar. Namun kebab sebenarnya semua jenis olahan daging yang dipanggang. Jadi kebab tidak melulu daging yang dimasak dengan cara diputar.

Bagi lidah Indonesia, makanan ini sangat recommended karena bumbu yang khas bisa mencerminkan makanan gaya Turki.

2. Mercimek Çorbası

Çorba atau sup merupakan makanan yang wajib ada di setiap hidangan Turki. Salah satu yang populer adalah Mercimek Çorbası. Tidak semua sup Turki bisa langsung cocok dengan lidah Indonesia, namun sup Mercimek ini bisa dibilang rasanya cocok dan lezat bagi orang Indonesia.
img / cooklogs.com

Mercimek sendiri dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Lentil. Kacang ini mudah hancur jika direbus, sehingga tanpa susah-sudah menghancurkannya, kacang sudah hancur sendiri saat direbus menjadi sup yang lezat.

3. İmambayıldı

Makanan khas Turki ini dibuat dari terong ungu yang dimasak dengan dipanaskan dipanci. Lalu  dicampur dengan bumbu yang dimasak terpisah seperti bawang bombay, tomat, bawang putih, cabai, minyak zaitun dan lain sebagainya.
img / inandogru.com

Makanan ini terasa lembut terongnya, dan bisa dinikmati dengan roti atau dicampur salata berupa sayuran hijau segar.

4. Adana Kebabı

Sesuai namanya, kebab khas Turki ini berasal dari daerah Adana Turki. Dibuat dari daging yang dilembutkan kemudian diberi bumbu dan dilekatkan di tusuk yang biasanya terbuat dari besi panjang.
img / fepimgas.pw

Kebab Adana terkenal ada rasa pedas dan penuh dengan bumbu yang menyengat di lidah. Baunya harum, dan bau bumbu serta warna bumbu yang merah pasti menggoda siapa saja untuk menikmatinya.

5. Karnıyarık

Makanan dengan bahan terong ungu memang menjadi salah satu ciri khas masakan Turki. Salah satunya yang menggoda selera adalah Karniyarik. Makanan ini terbuat dari terong ungu yang dibelah dan diisi dengan daging yang telah dimasak.
img / en.eyeni.ru

Terong yang diisi daging ini kemudian dioven hingga bumbu semakin bercampur dan masakan semakin gurih. Mula-mula daging dimasak terpisah dengan cara digoreng. Begitupula dengan terong, pertama digoreng hingga setengah matang. Lalu dibelah dan diisi dengan daging yang telah dimasak tadi.

6. İncik

Incik adalah makanan khas Turki yang terbuat dari bagian paha domba muda yang dipanggang dengan bumbu-bumbu.

Adapun beberapa bumbu yang digunakan adalah bawang bombay kering, bawang putih, air lemon, merica hitam, garam laut, minyak zaitun dan beragam bumbu lainnya.
img / nasreddinrestaurant.com

Dipanggang dalam oven sehingga daging bisa empuk dan lembut. Untul cara memasak tradisional, oven yang digunakan adalah oven besar dengan api yang berasal dari kayu.

7. Dalyan Köfte

Dalyan Köfte merupakan makanan yang terbuat dari daging giling yang dimasak dengan bumbu kemudian ditengahnya diberi telur dan beberapa macam sayuran.
img / truetloadxd.cf

Makanan ini termasuk hidangan daging giling yang telah dicampur dengan bahan-bahan lain dan dibentuk menjadi bentuk roti, kemudian dipanggang atau diasap. Makanan ini dibuat dengan membentuknya di atas wajan datar atau dibuat dengan memasaknya di wajan roti.

8. Alinazik

Disebut dengan Alinazik Kebab atau juga bisa disebut dengan Alinazik saja, merupakan makanan khas Turki dan termasuk jenis masakan rumah yang termasuk masakan spesial khas kota Gaziantep, sebuah provinsi di negara Turki.

Masakan ini dibuat dari terong ungu yang dibakar dan dibumbui dan dihaluskan. Kemudian diberi irisan daging kambing kotak yang telah ditumis dan dibumbui.

Biasanya dihidangkan dengan nasi, atau yogurt dengan bawang putih, sayur yang telah dibakar dan buttirt is usually served with rice pilaf or yogurt with garlic, grilled vegetables, and melted butter.

9. Döner Kebab Khas Turki

Inilah makanan khas Turki yang populer di Indonesia, namanya adalah doner kebab. Yaitu makanan khas Turki berupa daging, bisa ayam bisa kambing, yang dimasak dengan cara berputar. 

Meskipun di Indonesia sudah populer, tetapi percayalah rasa doner asli khas Turki sangat maknyus dan gurih.

10. Lahmacun

Sekilas makanan khas Turki satu ini mirip pizza. Namun Lahmacun lebih tipis dan bisa dibilang lebih gurih. Makanan ini termasuk mudah ditemui di beberapa sudut kota di Tuki, dan termasuk makanan siap saji.


Makanan khas Turki ini terdiri dari tepung dan atasnya ditaburi bumbu dan daging. Lebih lezat rasanya kalau dicampur dengan sayur segar.

11. İçli köfte

Makanan ini adalah masakan yang dibuat dari nasi Bulgur yang dikepal dan berisi daging. Bahan-bahannya adalah nasi bulgur, bawang, daging sapi dan kambing yang dicampur, beserta bumbu-bumbu khas Timur Tengah dan dibentuk menjadi kepalan lonjong.

Ada beberapa jenis makanan khas Turki ini dalam penyajian, yaitu disajikan dengan bentuk mentah atau dipanggang dalam oven.

12. Çiğ köfte

Tak disangka ternyata Turki juga memiliki makanan khas berupa makanan berjenis makanan daging mentah. Çiğ köfte sendiri secara bahasa berarti daging kepal mentah. Makanan ini diracik dari daging sapi giling yang dicampur dengan beragam bahan-bahan lainnya.


Dimasak dengan cara diaduk dan diremat-remat dengan tangan. Konon saat proses meremat ini, saking kuatnya meremat, dianggap telah terjadi proses memasak. Enak dimakan dengan sayur segar dan saus.

13. Lahana Dolması

Makanan khas Turki yang satu ini secara bahasa berart kubis isi. Makanan ini dimasak dari daging giling, nasi beserta bumbu-bumbu seperti bawang bombay, garam, pasta tomat, merica dan lain-lain.
Rasanya tentu saja daging yang gurih dipadu dengan kriu-kriuk gubis dan beragam paduan rasa dari bumbu-bumbu.


14. Patlıcan Kebabı

Arti patlican kebabi sendiri secara bahasa adalah kebab terong. Ya masakan khas Turki ini terbuat dari bahan dasar terong dengan isi daging yang kemudian dipanggang. Daging yang digunakan adalah daging sapi giling.

Adapun bumbu-bumbunya adalah bawang bombay, bawang putih, garam, lada hitam, kayumanis, dan beberapa bumbu lainnya. Dimasak dalam oven hingga matang dan bumbu-bumbunya meresap ke dalam bagian kebab ini.

15. Yaprak sarma

Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar daun anggur yang diisi dengan nasi bercampur bumbu. Termasuk makanan khas Turki yang banyak diminati masyarakat.


Karena terdapat kandungan minyak zaitun, makanan ini juga menjadi makanan khas yang memiliki manfaat untuk kesehatan.

16. Nohut

Kacang Nohut atau dalam bahasa Inggris disebut Chickpea merupakan makanan khas Turki yang disajikan sebagai sumber kalori.

Nohut biasa dimasak dengan bumbu saus tomat, minyak, beberapa bumbu lainnya dan direbus dengan air hingga empuk. Bisa juga diberi daging kambing sebagai pelengkapnya.

17. İskender Kebab

Makanan khas Turki satu ini termasuk mewah dan rasanya cukup lezat. Kebab ini terbuat dari daging kambing muda dan sapi, yang dipadu dengan bumbu-bumbu yang menjadikannya gurih lumer.


Dalam satu piring juga diberi potongan roti serta yoghurt putih. Harga makanan ini termasuk mahal, karena terbuat dari daging sapi dan kambing serta biasanya porsinya cukup besar.

18. Perde Pilavı

Secara bahasa, Perde Pilavi berarti nasi berkorden. Hal ini karena nasinya ditutupi dengan adonan yang menjadi roti mirip korden di rumah. Secara teknik, nasi yang telah jadi kemudian dibungkus dengan adonan sehingga mirip kue yang berisi nasi.


Ohya ,,, jangan keliru membacanya, Perde Pilawe ya,,, bukan pilavi. Karena v dalam bahasa Turki dibaca v dan i tanpa titik dibaca e.

19. Düğün Pilavı

Makanan khas Turki dengan menu nasi ini memiliki rasa yang sangat pas di lidah orang Indonesia. Makanan ini termasuk makanan sajian saat hari pernikahan.

Dibuat dari beras yang dimasak dengan minyak, serta diolah dengan campuran daging. Rasa dagingnya sangat gurih, meskipun konon hanya dimasak dengan garam.

Selain pada hari pernikahan, makanan khas Turki yang gurih ini juga disajikan pada saat buka puasa.

20. Mantı

Manti adalah hidangan lokal khas Turki yang dibuat dengan memotong adonan tepung menjadi kotak-kotak kecil dan di dalamnya diberi isian daging yang telah dimasak dan dibentuk hingga menjadi bentuk khusus yang khas. 
Setelah itu, manti diberi kuah yang berasal dari yogurt. Yoghurt dicampur bawang putih dan saus lada merah dimasak lalu dituangkan di manti tersebut. Juga bisa diberi minyak berbumbu di atasnya.


21. Hünkar Beğendi

Hünkâr beğendi, atau juga sekadar disebut beğendi, adalah hidangan masakan Ottoman. Namanya termasuk unik, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Raja Telah Suka.
Makanan khas Turki ini terbuat dari terong asap dibumbui, yang dipanggang, kemudian dihaluskan, dan diaduk dengan susu, mentega cair dan tepung panggang. Kemudian campuran atasnya adalah dengan daging domba dipotong bentuk kubus yang ditumis.

22. İzmir Köfte

İzmir köfte adalah hidangan khas Yunani dan Turki yang terbuat dari köfte atau daging yang dikepal dengan bumbu pedas yang dicampur dengan jintan, kayu manis, dan bawang putih yang disajikan dalam saus tomat. 

İzmir Köfte umumnya disajikan dengan pilaf (nasi) atau kentang tumbuk. Hidangan ini dibawa ke Yunani oleh para pengungsi dari Asia Kecil (Asia Minor).

23. Kavurma

Secara bahasa, kavurma berarti Tumis, yang artinya makanan yang dimasak dengan cara menumis. Tumis adalah metode memasak yang menggunakan sedikit minyak atau lemak dalam wajan dangkal dengan panas yang relatif tinggi. Berbagai metode tumis ada beberapa macam, dan panci tumis adalah jenis panci khusus yang dirancang untuk menumis.
Jika disebut masakan kavurma, maka yang umumnya dikenal dalam kuliner Turki adalah tumis daging. Adapun daging yang ditumis adalah daging merah sedikit lemak yang dipotong dengan bentuk kubus-kubus kecil. Kavurma dimasak dengan sedikit minyak zaitun.


24. Domates Dolması

Secara bahasa berarti Tomat Isi, yaitu makanan khas Turki yang terbuat dari tomat yang diisi daging. Bahan-bahannya adalah daging giling, nasi, bawang merah, peterseli, minyak zaitun, mint, lada hitam, dan garam.
Panduan sederhana untuk memasaknya adalah, rendam nasi dalam air garam hangat. Potong bagian atas tomat sebagai penutup. Bagian bawahnya, ukir dan kosongkan inti atau isinya dengan sendok teh. 

Untuk isiannya, tumis bawang merah muda dalam minyak. Masukkan dan aduk daging cincang, nasi, pasta tomat, merica, dan garam ke dalam bawang dan masak hingga matang. Isi tomat dengan sendok dan masukkan ke dalam panci. Masukkan air secukupnya hingga setengah ukuran tomat. Taburkan gula seduckupnya. Rebus selama 5 menit lalu kurangi api dan masak selama 30 menit. Setelah itu masakan khas Turki telah siap disajikan.

25. Kağıt Kebabı

Kağıt kebabı adalah jenis kebab Turki yang khas di provinsi Hatay dan ibukota administratifnya Antakya. Kağıt dalam bahasa Turki berarti kertas, hal ini karena kebabnyadimasak dengan menggunakan kertas. Kebabı Kağıt terbuat dari tomat, paprika, daging cincang, dan rempah-rempah. Kebab ini dibuat menggunakan kertas roti dalam oven untuk menjebak jus dan rasa di dalamnya.
Daerah Antakya atau Antioch merupakan daerah yang berada di perbatasan dengan daerah Suriyah, sehingga makanan di daerah sana khas dengan bumbu-bumbu yang kaya seperti masakan Asia pada umumnya. Jadi kebab ini tentunya terasa lezat dengan bumbu yang nendang.


26. Etli Sebzeli Güveç

Etli Sebzeli Güveç secara bahasa berarti sayur berdaging dengan wadah tempat masak tanah liat. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah, Daging Sapi Potong Dadu, Kacang Hijau, Kentang (Ukuran Sedang), Terong (Ukuran Sedang), Buah Labu, Tomat (Ukuran Sedang), Bawang (Ukuran Sedang), bawang putih, minyak sayur, pasta tomat, Garam, Paprika, lada hitam dan air.

27. Kuzu Tandır

Makanan khas Turki satu ini terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan cara dioven. Daging kambing menjadi lembut dan mudah untuk diurai untuk dimakan.

Biasanya disajikan dengan nasi atau roti. Rasa daging kambing yang gurih sangat nendang, bahkan asin gurihnya sangat melekat di lidah. Biasanya disajikan di restoran-restoran Turki.

28. Mercimek Pilavı

Makanan ini adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar nasi dan kacang adas atau lentil. Adapun nasi yang digunakan bisa nasi biasa atau nasi bulgur khas Turki yang berwarna kuning. Bahan-bahannya antara lain beras bulgur, lentil hijau rebus, bawang bombai, bawang putih, pasta tomat (campuran tomat-lada), kaldu panas dan minyak zaitun.
img / lezzet.com

Lentil memang memiliki rasa lembut yang gurih. Biasanya juga dimasak sebagai sup, baik yang berwarna kuning atau hijau. Saya sendiri punya pengalaman kalau memasak nasi dicampur lentil rasanya seperti nasi yang dicampur dengan jagung atau nasi jagung.


29. Karadeniz Pidesi

Pide adalah jenis makann khas Turki yang terdiri dari roti di bagian bawah yang atasnya diberi topping. Biasanya toppingnya berupa olahan daging. Sesuai namanya pide ini merupakan makanan khas daerah Karadeniz atau laut hitam.
img / gaziantepaltineller.com

Bahan untuk membuatnya antara lain, daging sapi giling, pasta lada, bawang bombai, tomat parut,  minyak sayur, lada hitam, jintan, dan garam. Untuk adonan roti, bahannya adalah, tepung gandum, minyak zaitun, garam, yogurt, dan ragi kering.

30. Hamsili Pilav

Sesuai namanya, hamsili pilav adalah nasi dengan ikan hamsi. Uniknya, nasi yang telah jadi dan dihidangkan, tertutup dengan ikan hamsi yang gurih dan sedap. Adapun barang-barangnya antara lain, ikan hamsi, bawang, kacang pinus, kismis, beras, allspice, lada hitam, garam, peterseli, air, mentega dan Minyak.
Cara memasaknya adalah, nasi dimasak biasa dengan bumbu-bumbu. Lalu disebuah wadah, ikan hamsi ditata sedemikian rupa hingga menutupi semua bagian wadah. Setelah nasi matang, lalu dituangkan ke dalam wadah yang telah diberi ikan hamsi tadi. Lalu dioven selama 25 menit pada suhu 180 derajat.


31. İnegöl Köfte

İnegöl köfte, adalah daging kepal bakar yang menjadi makanan khas daerah İnegöl, provinsi Bursa Turki. Makanan ini konon diciptakan oleh orang-orang Balkan. Konon ada imigran Turki yang datang dari Balkan ke İnegöl pada akhir abad ke-19 dan membuat makanan dari daging giling yang dikepal.

Adonan daging dikepal dalam bentuk bulat dan dimasak di atas panggangan. Ketenaran akan kelezatan daging kepal İnegöl telah menyebar ke seluruh Turki

32. Etli Ekmek

Makanan satu ini termasuk makanan khas Turki yang penulis sering cicipi. Makanan ini berasal dari Konya Turki, dan tentunya banyak ditemukan di kota Konya. Etli Ekmek berarti roti berdaging.


Makanan khas Turki ini disajikan dalam bentuk memanjang. Bisa dimakan dengan lalapan atau langsung dimakan saja juga terasa enak. Biasanya lemak daging yang bercampur bumbu akan melumer di mulut.

33. Su Böreği

Börek adalah makanan jenis kue-kue berisi roti yang terbuat dari adonan tipis yang berasal dari daerah Anatolia dan juga ditemukan dalam masakan Balkan, Kaukas, Levant, Mediterania, dan negara-negara lain di Eropa Timur dan Asia Barat.

Su böreği 'water börek' adalah salah satu jenis yang paling umum dari Borek. Lembar adonan direbus sebentar dalam panci besar, kemudian dicampur dengan keju feta dan daun peterseli (atau dalam resep alternatif daging cincang, bawang, saus tomat) dan minyak diratakan di antara lapisan. Semuanya balut dengan mentega dan diletakkan dalam oven batu untuk dimasak.

34. Etli Bamya

Bamya juga termasuk makanan khas Turki mewah dan favorit yang bisa dibilang aneh bagi lidah Indonesia. Bamya adalah sejenis bunga, yang perkilonya bisa mengalahkan harga daging. Rasanya biasanya agak asam jika sudah dimasak menjadi masakan mirip sup.

Namun jika anda penasaran, anda perlu untuk mencobanya. Bamya sendiri memang harganya sangat mahal di Turki. Di supermarket biasanya dijual secara kering. Jika ingin mendapatkan Bamya yang segar bisa mendatangi pasar tradisional, dimana Bamya segar didatangkan dari petani.

35. Menemen

Makanan khas Turki ini terbuat dari bahan dasar telur yang digoreng namun ada bagian yang masih mentah. Dimasak dengan campuran bumbu-bumbu serta rasa tomat yang dominan.

Biasa dinikmati saat sarapan pagi, dimakan dengan roti. Biasanya orang Turki akan menambahkan blackpepper sebagai penguat rasa.

36. Pazı Kavurma

Pazi Kavurma termasuk hidangan berjenis sayuran. Selain digunakan untuk santapan makan malam, seseorang juga bisa mengonsumsi makanan lezat ini di siang hari. Makanan ini termasuk mudah untuk memasaknya karena terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat.

Bahan-bahannya adalah sawi, telur, mentega, minyak zaitun, dan beberapa bumbu lainnya.

37. Kuyu Kebabı

Kuyu kebab adalah sebutan untuk kebab yang dimasak dengan teknik dapur berbentuk sumur. Konon masakan ini termasuk masakan khas Turki yang disajikan bagi para tamu khusus saja.

Daging kambing yang hendak dimasak, pada hari sebelumnya dibalut dengan bumbu hingga meresap. Lalu dimasak dalam dapur berbentuk sumur dengan cara digantung. Konon rasanya sangat lezat dan dagingnya sangat lembut.

38. Tas Kapama

Makanan khas Turki yang disebut Tas Kapama ini berasal dari wilayah Balıkesir. Satu suapan dari makanan ini akan membuat anda merasakan daging yang lembut di mulut. Nasi yang dibuat dengan saus dan bentuk masakannya yang terlihat lezat menawarkan rasa yang luar biasa.

Makanan ini juga akan semakin lezat jika dimakan dengan sayur lalapan serta daun-daun yang menambah harum masakan.


39. Hamsi Tava

Hamsi sebagai makanan laut paling populer masyarakat Turki secara umum diolah dengan cara digoreng renyah dan disajikan dalam piring secara melingkar. Rasa dari masakan khas Turki ini sangat gurih dan renyah.

Yang lebih membuat makanan ini menjadi favorit adalah, ikan Hamsi memiliki tulang yang lunak, sehingga bisa dimakan langsung. Rasanya mirip ikan pindang namun bisa dibilang lebih lembut dan lebih gurih.

40. Şiş Kebabı

Kebab jenis şiş berarti kebab dimasak dengan cara ditusuk. Setelah daging diberi bumbu biasanya dibiarkan agar bumbu meresap. Lalu dimasak dalam bara api dari arang.

Baunya yang sedap pasti menggoda selera siapa saja. Biasa disajikan dengan dibalut roti dan ditaburi bawang India. Makanan khas Turki ini sekilas mirip sate. Namun rasa bumbunya sangat berbeda dan punya sensasi lezat tersendiri di lidah.

41. Tantuni

Sekilas mirip dengan kebab doner, namun makanan ini dibuat dari daging sapi yang termasuk bagian daging yang bisa dijadikan steak, atau bagian Entrikot. Tantumi dimasak dengan cara digoreng dengan wajan.

Roti yang digunakan adalah roti lawas, yaitu roti tipis yang menjadi ciri khas roti negara Suriyah.

42. İşkembe Çorbası

Makanan khas Turki berbentuk sup ini dibuat dari bahan dasar babat. Diracik dengan bumbu-bumbu khas Turki yang unik dengan tampilan biasanya berwarna putih.

Bisa jadi sup ini agak ada sensasi amis khas kambing, namun bagi anda pecinta makanan olahan kambing pastinya akan menyukai sup ini.

43. Etli Bezelye

Etli Bezelye termasuk menu hidangan yang cocok untuk makan malam. Makan malam dengan olahan daging dan kacang adalah salah satu hidangan favorit beberapa masyarakat Turki. Konon jika Anda memotong kentang dan wortel seukuran kacang polong dan menambahkannya ke dalam makanan, maka tambahan itu akan merubah Etli Bezelye menjadi makanan yang tambah lezat.


44. Enginar

Enginar adalah makanan yang dimasak dari bahan dasar Artichokes, yaitu sayur mirip bunga yang dengan kelopak yang tebal berwarna hijau. Artichokes dibersihkan hingga berbentuk mirip piring tebal. Setelah itu, bumbu-bumbu sebagai toppingnya dimasak dengan minyak zaitun.

Adapun bumbu-bumbunya adalah bawang bombay, garam, bawang, wortel, kacang polong, air lemon, dan gula. Setelah bumbu-bumbu dimasak, lalu ditaruh di atas Artichokes dan kemudian dimasak dengan air lemon. Enginar biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

45. Mengen Pilavı

Mengen pilavi merupakan makanan khas Turki berupa nasi yang dicampur dengan daging. Adapun daging yang digunakan adalah daging domba muda yang dicincang menjadi kotak-kotak kecil.
Adapun nasi yang digunakan adalah nasi baldo yang bisa ditemukan di pasar-pasar Turki. Beras baldo sendiri mirip dengan beras Indonesia tapi agak lebih terurai dan agak keras.

46. Kurufasulye

Makanan ini termasuk unik bagi lidah Indonesia. Termasuk makanan mewah, dijual dengan harga yang bisa dibilang termasuk agak mahal. Kurufasulye dibuat dari kacang mirip kedelai tapi agak besar. Menjadi makanan favorit bagi mayoritas masyarakat Turki.

Jujur saja makanan khas Turki yang satu ini termasuk biasa saja, bahkan rasanya bisa dibilang tidak cocok untuk lidah Indonesia. Bahkan hampir 3 tahun ini, saya pribadi masih bertanya-tanya sebenarnya enaknya dimana kok bisa menjadi makanan favorit? Soalnya rasanya mirip kedelai namun agak kurang gurih, ditambah dengan kuah yang lebih ke rasa asam.

Makanan Khas Turki Kategori Hidangan Penutup

Hidangan penutup biasanya adalah hidangan berasa manis. Ya Hidangan penutup khas Turki pun demikian. Rasanya manis gurih dengan kuliner khas beragam jenis. Adapun yang termasuk masakan penutup khas Turki adalah:

1. Baklava

Baklava, adalah makanan penutup Turki yang paling masyhur dan paling terkenal. Namun perlu diketahui bahwa baklava bukan hanya ada satu jenis. Baklava khas Turki memiliki berbagai jenis, dan kabar baiknya semua jenis baklava rasanya sangat lezat. Saya sarankan kepada anda untuk mencicipi semua jenis baklava.

Baklava bisa dideskripsikan sebagai manisan yang dibuat dari kacang cincang yang disebar di antara lapisan filum (yufka), diubalut dengan mentega, dipanggang dan disiram dengan sirup atau madu.

2. Tavuk Göğsü

Puding tebal ini dibuat dari bahan irisan dada ayam yang sangat tipis dan sering disajikan dengan maraş ice cream dan kayu manis. Jika anda tak terlalu menykai ayam, dapat mencoba kazandibi , yang sama-sama merupakan puding tebal namun bagian atas atau toppingnya diberi karamel yang dibakar.

3. Muhallebi

Makanan penutup dari bahan dasar susu yang paling populer di Turki adalah muhallebi. Muhallebi adalah puding yang dibuat dari damar wangi dan sering kali dilapisi dengan kacang pistachio parut. Biasanya puding Muhallebi ini disajikan dengan didampingi es Krim khas Turki yaitu eskrim Maras.

4. Helva

Helva adalah hidangan penutup favorit yang banyak ditemukan di daerah Timur Tengah dan salah satu yang menjadi favorit adalah helva panggang yang bisa Anda dapatkan di banyak restoran di Turki. Terbuat dari tepung semolina, helva meleleh dengan sempurna saat dipanggang.

Helva ini terbuat dari wijen yang digiling lembut dan dicampur dengan gula yang telah diolah menjadi semacam adonan krim. Keduanya dicampur aduk hingga menjadi masakan manis yang gurih dan khas.

5. Şekerpare

Rasanya manis sekali, kue-kue kecil ini dibuat dengan adonan berbahan dasar almond dan kemudian direndam dengan sirup gula panas. Pada saat kue-kue itu dingin, bentuknya menjadi agak keras dan rapuh tetapi meleleh di mulut Anda dengan disertai rasa sirup manis.

6. Künefe

Konon makanan manis ini merupakan makanan khas dari wilayah Antakya, künefe terdiri dari dua lapisan crad kadayıf (abon pastry) dengan lapisan tebal keju leleh di antaranya dan direndam dengan sirup gula. Keju yang dilelehkan dan sirup manis cocok satu sama lain dengan sempurna. Biasanya masakan ini juga diberi topping kacang pistachio.

7. Pişmaniye

Pişmaniye yang oleh orang Indonesia disebut rambut nenek, dibuat dengan memadukan gula yang telah dimasak menjadi adonan dengan tepung yang dipanggang dalam mentega, yang kemudian ditarik menjadi helai halus. Di beberapa daerah, Anda bisa mendapatkan pişmaniye yang dilapisi cokelat susu, yang sangat manis dan lezat.

Pismaniye yang telah dihancurkan dan kemudian dipres menjadi bentuk kotak atau bulat disebut dengan helva sarayi atau manisan istana. Rasanya tak kalah lezat karena memang bahannya sama. Namun ketika digigit, manisan ini menjadi pecah di mulut, dan lebih lezat lagi kalau ada lapisan cokelat di luarnya.

8. Ayva Tatlısı

Favorit musim dingin, ayva tatlısı dibuat dengan merebus quince dengan cengkeh dan sirup manis dan kemudian mengisinya dengan kaymak (krim bergumpal) dan kacang kenari. Makanan penutup yang sama juga dibuat dengan labu dan sama seperti surgawi.

9. Aşure

Satu-satunya makanan penutup Turki tanpa produk hewani, aşure adalah jenis puding yang dibuat dari biji-bijian, buah-buahan, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Anda akan melihat orang Turki menikmati makanan penutup ini dalam jumlah besar selama Muharram, bulan pertama kalender Islam.

10. Revani

Juga dikenal sebagai Basbousa di Mesir, makanan penutup Turki revani terbuat dari kue semolina yang direndam dalam sirup sederhana. Beberapa resep revani juga menambahkan sentuhan ekstra, seperti air mawar, ke sirup untuk membuat makanan penutup semakin harum.

11. Cevizli Sucuk

Sucuk biasanya dikenal sebagai sosis fermentasi Turki dengan banyak bumbu, namun, cevizli sucuk adalah ciptaan yang sama sekali berbeda. Dibuat dengan mencelupkan seutas kacang kenari ke dalam campuran molase anggur, sucuk manis kemudian digantung untuk dikeringkan dan dipotong-potong dan dinikmati sebagai makanan penutup seperti permen karet.

12. Kestane Şekeri

Spesialisasi Bursa, chestnut dari Uludağ direbus dan kemudian dicelupkan ke dalam sirup panas dan kemudian didinginkan. Dijual oleh kotak-kotak, makanan ini sangat membuat ketagihan dan kadang-kadang bahkan ditutupi dengan cokelat.

13. Tulumba Tatlısı

Makanan penutup yang sangat manis ini dibuat dengan menggoreng bola adonan tidak beragi dan merendamnya dalam sirup saat masih panas. Tulumba selalu renyah di luar dan lembut dan sangat manis di dalam dan kadang-kadang bahkan disajikan dengan saus cokelat.

Itulah informasi mengenai 50 Lebih Daftar Kuliner Makanan Khas Turki Lengkap Yang Patut Anda Coba Saat Berkunjung Ke Turki. Jika anda datang ke Turki jangan lupa untuk mencicipnya agar menjadi pengalaman hebat dalam hidup anda.


Powered by Blogger.