Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahasa Turki Selamat Pagi

Bahasa Turki selamat pagi. Bagi anda yang mencari informasi mengenai bahasa Turkinya selamat pagi, maka anda akan menemukan dalam tulisan berikut.
Bahasa Turki Selamat Pagi / img pixabay.com
Ungkapan selamat pagi dalam bahasa Turki ini termasuk ungkapan umum yang sering diucapkan oleh orang Turki. Orang Turki memiliki kebiasaan mengucapkan salam kepada siapapun, baik kepada teman, keluarga atau orang yang baru dikenal.

Ada beberapa kata yang digunakan untuk menyebutkan ungkapan selamat pagi. Di antaranya adalah:

Günaydın

Kata ini dibaca dengan gunayden dengan huruf e seperti pada kata lemah, kelas, emas. Kata bahasa Turki ini terjemahan literalnya adalah "hari yang cerah" - Gün: hari, aydın: cerah. Kata ini adalah kata yang sering diucapkan oleh orang Turki untuk memberi salam selamat pagi.

Hayırlı sabahlar

Kata ini dibaca dengan hayerle sabahlar. Huruf e dalam kata tersebut dibaca sama dengan huruf e dalam kata lemah, kelas, emas. Artinya adalah Sabah: Pagi Hayırlı: Menguntungkan, bagus.

İyi sabahlar

Kata ini juga bisa dipakai untuk mengungkapkan selamat pagi dalam bahasa Turki. artinya adalah İyi: Bagus dan Sabah: pagi. Kata benda "sabahlar" dalam kata ini adalah dalam bentuk jamak dengan tambahan lar.

(Bentuk jamak digunakan dalam ungkapan doa, ungkapan selamat atau keinginan (wish) dalam bahasa Turki, karena keinginan kita tidak hanya untuk hal spesifik yang kita bicarakan, tetapi juga, secara lebih umum, untuk semua hal yang semisalnya di masa depan.

İyi Günler!

Kata ini dibaca iyi gunler, dimana biasa digunakan untuk menyebutkan kata selamat pagi dalam bahasa Turki. Iyi gunler sebenarnya bisa diucapkan pada pagi hari, siang atau sore. Kata ini berarti selamat hari atau dalam bahasa Inggris disebut good day.

Sebenarnya kata ini cocok diucapkan untuk jam-jam 09: 00-17: 00 sepanjang hari, dari siapa pun  kepada siapapun. Anda bisa mendengar kata ini diucapkan oleh penjaga pintu, petugas keamanan, petugas resmi, petugas toko, maupun suara di lift.

Itulah informasi mengenai bahasa Turki selamat pagi. Semoga bermanfaat dan membuat anda mudah untuk mempelajari bahasa Turki.