Halloween party ideas 2015


Halo semuanya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai bagaimana tips dan cara belajar bahasa Turki dengan cepat. Belajar bahasa memang cukup sulit, apalagi bahasa asing yang tidak pernah kita dengar sebelumnya. Namun jika kita menggunakan metode yang pas, kita pasti bisa belajar bahasa dengan cepat, termasuk bahasa Turki.

Cara dan Teknik Belajar Bahasa Turki dengan Cepat

Berikut ini adalah bagaimana tips dan teknik serta cara belajar bahasa Turki dengan cepat sesuai dengan pengalaman saya. Saya akan membaginya menjadi dua, yaitu cara belajar bahasa Turki dengan cepat dari sisi motivasi, dan kedua dari sisi teknis.

Belajar Bahasa Turki dengan Cepat Sisi Motivasi

Cepat tidaknya hasil sebuah usaha itu sebenarnya banyak dipengaruhi dari motivasi diri kita. Sama dengan belajar bahasa Turki. Cepat tidaknya itu tergantung dari kesiapan motivasi diri sendiri. Oleh karenanya matangkan semangat dalam diri dulu, baru belajar atau bisa dibarengi dengan mematangkan semangat sambil belajar.
Salju musim dingin di Turki tahun 2019 di Anatolia, Konya Turki / photo: dokumen pribadi

Misalnya saya dahulu punya motivasi untuk bisa melanjutkan studi di Turki, sehingga saya punya tekad untuk cepat belajar bahasa Turki. Dari tekad itulah muncul strategi, dan strategi itu akan efektif jika dibarengi dengan tekad yang kuat.

Oleh karenanya, tugas anda yang ingin belajar bahasa Turki adalah, cari motivasi atau tekad kenapa anda belajar bahasa Turki. Semakin besar tekad itu semakin cepat anda belajar. Karena dengan tekad akan muncul kecintaan terhadap bahasa Turki. 

Jika anda belajar sesuatu karena suka dan cinta, maka belajar akan menyenangkan dan membuat anda cepat paham.

Misalnya anda ingin bekerja di Turki, melanjutkan sekolah, atau sekedar jalan-jalan. Silahkan cari tekad tersebut lalu jadikan motivasi yang kuat.

Belajar Bahasa Turki dengan Cepat

1. Belajar Kata Sederhana Umum

Pelajari kata-kata yang mudah namun umum diucapkan. Biasakan dengan kata-kata umum tersebut. Hal ini karena bahasa adalah kebiasaan, dimana jika kita belum biasa mendengar atau membaca bahasa asing tersebut maka belajar akan sulit sehingga bisa lambat.

Maka pilihlah materi belajar dengan ucapan atau ungkapan yang umum dan sering digunakan. Misalnya ungkapan-ungkapan perkenalan, ucapan selamat, kata-kata sehari-hari dan lain sebagainya. 

2. Hafalkan Kosakata Umum

Pilihlah kosakata yang sering digunakan atau common vocabularies. Dengan demikian kata-kata ini akan sering dipakai karena umum dipakai. Dulu saya menghafalkan 1000 kata umum bahasa Turki, dan ternyata sangat membantu dalam mempercepat bahasa Turki.

Sebenarnya dengan menghafal sekitar 2000 kosakata bahasa Turki yang umum, itu bisa membuat kita sudah bisa berbicara dan menggunakan bahasa Turki. Hal ini karena kata-kata umum itu terbatas dan pasti diulang-ulang.

3. Cari Teman Native Turki

Praktek dalam belajar bahasa itu mutlak, karena inti dari berbahasa adalah menggunakan bahasa tersebut. Tanpa praktek, maka belajar akan sia-sia dan lambat. Cara praktek paling efektif untuk belajar bahasa Turki dengan cepat adalah mencari teman yang berbahasa Turki.

Semua teman berbahasa Turki bisa anda cari. Namun paling tepat adalah mencari teman native Turki atau teman yang bahasa ibunya adalah bahasa Turki. 

4. Cara Tercepat Belajar Bahasa Turki Paling Efektif

Ini pengalaman saya dan sesuai apa yang saya perhatikan. Cara tercepat belajar bahasa Turki hingga mahir dalam waktu cepat adalah belajar di kursus bahasa di Turki. Namanya Tomer, atau kursus bahasa Turki. 

Program ini berlaku selama 8 bulan. Namun sayang biayanya mahal. Satu paket selama 8 bulan, mulai nol hingga mahir biayanya kisaran 4000 TL hingga 5000 TL. Silahkan kurs sendiri di internet.

Namun meskipun mahal efektifitasnya luar biasa. Para teman yang sebelumnya tidak mengetahui bahasa turki sama sekali akan bisa berbahasa Turki secara lancar. Bahkan dalam 2 bulanan pun bisa berbahasa Turki dalam konteks kosakata sehari-hari.

Program bahasa Turki ini tersebar hampir di seluruh kamus Turki dan diperuntukan untuk para pelajar asing.


Powered by Blogger.