Halloween party ideas 2015


Mungkin pembaca ada yang bertanya-tanya tentang apa itu ilmu nahwu, maka kali ini kita akan membahas tentang pengertian ilmu nahwu.

Jika pembaca ingin mengetahui defisini ilmu nahwu secara sederhana, maka Ilmu nahwu adalah ilmu yang dibutuhkan dalam memahami bahasa Arab secara baik dan benar.

Jadi bagi para pembaca yang sedang ingin belajar bahasa Arab, mutlak hukumnya untuk belajar ilmu nahwu.

Ilmu nahwu ini secara sederhana juga bisa dijelaskan sebagai ilmu tentang aturan bahasa Arab yang berfokus pada perubahan akhir kalimat.
Apa Itu Ilmu Nahwu? Pengertian Ilmu Nahwu Menurut Para Ulama Dan Penjelasannya Lengkap

Misalnya saja, anda pasti pernah dengar kata Allah di al-Quran, kadang dibaca Allahu, Allaha, dan Allahi.

Ya setiap perubahan itu ada maknanya sendiri-sendiri, dan ada penyebabnya.

Juga ada aturan untuk kata-kata yang lain, misalnya muslimani bisa menjadi muslimaini.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mempelajari beberapa definisi ilmu nahwu yang dijelaskan oleh para ulama.

Namun bagi anda yang belum pernah belajar ilmu nahwu, mungkin akan kesulitan memahami maksud para ulama ini karena mereka menyajikan definisi dari beberapa aspek yang berbeda.

Tapi insyaAllah dengan mempelajari definisi ini kita akan bisa memahami ilmu nahwu secara lebih luas.

Definisi Ilmu Nahwu Menurut Para Ulama

Menurut beberapa ulama, penjelasan atau pengertian tentang definisi ilmu nahwu yang paling awal dan paling rajih adalah pengertian ilmu nahwu secara istilah yang didenifisikan ileh Ibnu Siraj. 

Definisi Ilmu Nahwu Menurut Ibnu Siraj

Adapun pengertian ilmu Nahwu oleh Ibnu Siraj ini adalah:

 وهو علمٌ استخرجه المتقدِّمون فيه مِن استقراء كلام العرب، حتى وقفوا منه على الغرض الذي قصده المبتدئون بهذه اللغة
Ilmu yang dikeluarkan oleh para pendahulu berupa pembacaan kalam arab, sehingga para pendahulu itu menempatkan ilmu itu pada tujuan dimana para pelajar menghendaki ilmu itu dalam bahasa (Arab) ini. 

Pengertian Ilmu Nahwu Menurut Ibnu Jinni

Ibnu Jinni menjelaskan ilmu ini sebagai:

هو انتحاءُ سَمْتِ كلام العرب في تصرُّفه؛ من إعراب وغيره؛ كالتثنية، والجمع، والتحقير، والتكسير، والإضافة، والنَّسب، والتركيب، وغير ذلك، ليلحق مَن ليس مِن أهل اللغة العربية بأهلها في الفصاحة، فينطق بها وإن لم يكن منهم، وإن شذَّ بعضهم عنها، رُد به إليها
Ilmu nahwu adalah mengarahkan pokok kalam arab dalam hal perubahannya, baik dari segi i'rab dan selainnya, seperti tasniyah, jama', bentuk kalimat tahqir, taksir, idhafah, nasab, tarkib, dan lain sebagainya, supaya orang yang tidak ahli dalam bahasa Arab bisa menjadi ahli dan fasih, sehingga orang itu bisa berbicara dengan bahasa Arab meskipun bukan orang arab, meskipun beberapa dari mereka akan kesulitan dengan bahasa Arab, dengan ilmu nahwu mereka bisa kembali kepada bahasa Arab.

Pengertian Ilmu Nahwu Menurut Ibnu Yaisy

النحْوُ قانونٌ يُتوصَّل به إلى كلام العرب
Ilmu nahwu adalah aturan yang dengannya bisa dicapai kalam Arab

Pengertian Lainnya Tentang Ilmu Nahwu

Berikut ini adalah beberapa pengertian ilmu nahwu serta definisinya yang lain:

هو علم يعرف به حال أواخر الكلم، وعلم النحو يبحث في أصول تكوين الجملة وقواعد الإعراب
Illmu Nahwu adalah Ilmu yang dengannya diketahui hal ihwal akhir kalimat. Ilmu nahwu membahas juga asal dari adanya jumlah serta kaidah-kaidah perubahan akhir kalimat.
 Dalam pengertian lain, ilmu nahwu juga didefinisikan sebagai:
وهو العلم الذي يضبط ويعرف به حالة أواخر الكلمة من حيث الإعراب والبناء، ولهذا يجب إدراك نوع الكلمة وعلاقتها بالكلمة التي قبلها، فأقسام الكلمة كما هو متعارف عليه هو اسم وفعل وحرف، فمثلاً هناك أحرف تنصب وتجزم، وأسماء منصوبة مثل التمييز والحال والمفعول به وغيرها، وأفعال مثل الماضي والمضارع والأمر.
Ilmu Nahwu adalah ilmu yang menjelaskan dan dengannya diketahui hal ihwal akhir kalimat dari segi i'rab dan bina'. Dengan demikian wajib hukumnya mengetahui macam-macam kalimat dan kaitannya dengan kalimat sebelumnya. Adapun pembagian kalimat itu sebagaimana telah diketahui adalah isim, fi'il dan huruf. Contoh dari ilmu nahwu ini adalah hufur-huruf yang dibaca nashab dan dibaca jazm. Isim-isim yang dibaca nashab seperti isim tamyiz, hal, maf'ul bih dan lain sebagainya. Juga fi'il-fi'il seperti fi'il madhi, mudhari' dan amr.
Itulah informasi tentang Apa Itu Ilmu Nahwu? Pengertian Ilmu Nahwu Dan Penjelasannya Lengkap. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang ilmu nahwu dan bahasa Arab. 


Powered by Blogger.