Halloween party ideas 2015


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana biaya hidup di Turki. Bagi pembaca sekalian mungkin butuh informasi tentang bagaimana hidup di Turki terutama soal biaya, sekiranya berapa biaya untuk perbulan saat hidup di Turki.

Sebagaimana di kota-kota lain di negara manapun, pasti satu kota dengan kota lainnya bisa berbeda biaya hidupnya. Misalnya saja hidup di Jakarta dan di Semarang pasti beda biaya hidupnya. Saya akan berbagi informasi tentang biaya hidup di Turki di kota Konya. Biaya hidup yang saya rincikan ini adalah biaya hidup standar bulanan.

Sedikit catatan, saya tinggal bersama istri dan anak, jadi biaya menjadi beban satu keluarga. Anda bisa menyewa bersama teman-teman dalam satu rumah agar biaya bisa lebih murah. Namun jika yang tinggal ada banyak pun biasanya harus mencari rumah yang lebih besar, jadi biayanya pun bisa lebih dari yang saya jelaskan berikut ini.
Berapa Biaya Hidup Di Turki

Sewa Rumah: 800 try. Saya menyewa rumah dengan tiga ruangan dan satu ruang tamu dengan satu ruangan dapur, kamar mandi plus toilet dan toilet sendiri dengan keran air. Sebenarnya untuk rumah kita bisa memilih yang lebih murah. Namun rumah yang murah biasanya terletak jauh dari pusat kota.

Biaya Gas, listrik dan air: kisaran 150 try. Saya buat anggaran rata-rata saja. gas dan listrik bisa lebih murah pada saat musim panas karena pengeluaran gas dan listrik bisa diminimalisir. Tapi pas waktu musim dingin penggunaan gas akan meningkat bisa 3 kali lipat.

Internet: 56 try. Saya berlangganan internet unlimited bulanan pada salah satu provider internet. Ada paket yang lebih murah sebenarnya tapi sayangnya dulu tidak bisa dipasang di rumah karena masalah kawasan yang mungkin tidak terjangkau.

Makan: 200-300 try. Soal makan ini relatif sebenarnya. Tergantung makannya apa dan belinya dimana. Ada pasar murah yang menyediakan barang-barang murah seperti sayur dan buah yang terletak di beberapa tempat. Kalau belinya di market bisa lebih mahal.

Transportasi: gratis. Karena saya adalah pelajar, maka biaya transportasi dengan angkutan umum seperti bus dan tramway adalah gratis. Bisa naik kemanapun dan kapanpun gratis tanpa biaya.

Kalau semua digenapkan maka biaya perbulan ksiaran 1200 try an atau kalau dirupiahkan menjadi kisaran 3 juta rupiah. Tapi itu adalah perhitungan kasar saja. Apakah biaya hidup di turki seperti rincian di atas bisa diminimalisir lagi? Bisa, dengan memotong anggaran sewa rumah dengan memilih rumah yang lebih murah. Atau anda berlangganan internet dengan patungan bersama tetangga.

Oh ya! biaya hidup di Turki ini juga sebenarnya ditambah dengan biaya lain yang sebenarnya juga pokok. Misalnya biaya ijin tinggal di Turki atau disebut dengan ikamet. Ada biaya yang dikeluarkan tergantung dari jenis ijin tinggal. Kalau pelajar, satu tahun pertama sekitar 90 try, dan pertahun berikutnya tergantung dari lama masa belajar biayanya sama 90 try. Jadi kalau saya dapat jatah 3 tahun misalnya di tahun kedua, ya selama 3 tahun itu biayanya hanya 90 try.

Beda lagi dengan ijin tinggal sebagai turis, yang biayanya sekitar 580 try pertahun. Juga biaya asuransi yang memang wajib ada untuk syarat membuat ijin tinggal. Asuransi bisa mencari yang murah dengan harga kisaran 50 try pertahun.

Itulah informasi tentang biaya hidup di Turki. Semoga bermanfaat dan bisa memberi wawasan yang mungkin anda butuhkan.


Powered by Blogger.