Halloween party ideas 2015


Halo semuanya, kali ini kita akan membahas tentang arti kata rembes dalam bahasa jawa. Rembes dengan dibaca rembes biasa, dengan bunyi e yang sama dengan huruf e pada kata resiko.
Gambar ilustrasi via pixabay.com
Arti rembes bahasa jawa adalah keadaan anak kecil yang ingusan atau beringus. Orang jawa biasanya menyebut anak kecil yang beringus sehingga ingusnya ada di hidung dan mengotori sekitar hidung dengan kata rembes.

Selain itu arti rembes dalam bahasa jawa juga diartikan sebagai keadaan orang yang belum mandi sehingga ada kotoran entah karena liur atau ada kotoran di mata yang disebut dengan blobok. Orang atau anak yang rembes biasanya adalah orang atau anak yang baru bangun pagi dan belum mandi sehingga penampilannya semrawut sehingga disebut rembes.

pengertian rembes dalam bahasa jawa juga menyangkut pada kebiasaan orang jawa memanggil anak atau orang dengan rembes karena orang itu belum mandi pada sore hari, dimana jika belum mandi maka wajah terlihat semrawut. Misalnya anak yang baru main di luar dan pulang ke rumah, sambil agak marah biasanya ibu bilang, ayo ndang adus, rembes ngunu. Ayo cepat mandi, wajahmu kotor.

Namun demikian, banyak juga orang Jawa yang terlalu berlebih-lebihan menggunakan kata rembes, misalnya untuk menyebut anak yang belum cuci muka atau mandi, meskipun tidak terlalu kotor wajahnya biasanya ibunya akan bilang, ayo ndang ados, rembes ngunu, ayo mandi, wajahmu kotor gitu. Padahal tidak terlalu kotor, karena kata rembes itu memang digunakan sebagai kata yang dilebih-lebihkan maknanya saja.

Rembes juga digunakan sebagai sebutan untuk mengejek pada anak yang terlihat kotor wajahnya karena tidak mandi atau tidak cuci muka. Hal ini biasanya dilakukan oleh anak sekolah tingkat SD SMP dimana mereka mengejek temannya yang malas menjaga kebersihan tubuh dan wajahnya dengan sebutan rembes.

Juga anak yang bermain di luar yang biasanya berdebu, dimana debu itu bertebaran di wajah disertai dengan keringat sehingga membuat wajah kotor ini bisa disebut dengan rembes.

Rembes dalam bahasa Jawa juga bisa berarti sebagai anak yang tidak terurus atau teratur kebersihannya. Ada anggapan bahwa anak rembes biasanya adalah anak yang tidak punya orang tua. Karena orang tua adalah orang-orang yang menjaga dan mengurus anaknya, dimana anak yang kehilangan atau tidak bersama dengan orang tuanya kebanyakan tidak terurus dan penampilannya agak kumuh tidak seperti anak yang diurus oleh orang tuanya.

Penggunaan dan makna kata rembes ini bisa bermacam-macam bagi orang jawa itu sendiri. Di tiap daerah meskipun sama-sama jawa, namun bahasa jawa bisa sangat berbeda. Contoh saja untuk pisau, orang jawa bisa menyebut dengan glati, ladeng, pangot dan peso.


Powered by Blogger.